Parfum kerap menjadi bagian dari yang melengkapi penampilan. Memberikan impresi empat dimensi yang berbeda, parfum membawa kesan tidak terlupakan bagi mereka yang menghirupnya. Setiap notes dalam parfum juga membawa kita pada memori lama dari sang pembuat. Termasuk parfum legendaris dunia yang hingga saat ini masih ada eksistensinya, Chanel No.5.
Parfum Chanel No.5 dari rumah mode Chanel berhasil menobatkan dirinya sebagai parfum yang tak lekang waktu. Sejak pertama diluncurkan, parfum ini sudah menjadi kesukaan banyak orang, salah satunya aktris old Hollywood, Marilyn Monroe. Dengan botol kotak bening dengan label No.5 yang klasik dan elegan, Chanel No.5 memberikan keharuman kompleks kombinasi aldehydes dan floral, dilapisi aroma hangat dari vetiver, sandalwood, vanilla, amber, dan patchouli. Simak beberapa fakta lainnya berikut ini, Beauties!
1. Berusia 100 tahun Sejak Dirilis Coco Chanel
Chanel No.5 berusia 100 tahun/Foto: pinterest.com/Catwa Deals |
Asal mula parfum legendaris Chanel dimulai sejak 100 tahun yang lalu lho, Beauties! Setelah sukses dengan bisnis mode dengan butik di Paris, Deauville, dan Biarritz, Coco Chanel berambisi untuk membawa suatu yang berbeda dalam bisnisnya tersebut. Tepat pada tahun 1921, ia pun mulai menjajal ranah parfum dan berhasil menciptakan Chanel No.5. Parfum tersebut pun menjadi parfum pertama yang dikeluarkan rumah mode Chanel. Memiliki aroma khas dan berbeda dari biasanya, Chanel No.5 berhasil menuai banyak atensi hingga sekarang.
2. Berawal dari Kecintaannya pada Kebersihan dan Kesegaran
Inspirasi dari kebersihan dan kesegaran/ Foto: pinterest.com/Ginger Hill |
Suatu keunikan dari parfum klasik Chanel ini ialah inspirasi Coco Chanel yang didapat dari kesukaanya pada kebersihan. Ia tahu ia ingin menciptakan aroma seperti sabun dan kulit yang baru saja di-scrub. Beranjak dari sifatnya yang menyukai hal-hal bersih tersebut, ia pun ingin menghasilkan parfum dengan tema kesegaran.
3. Bekerjasama dengan Perfumer Perancis, Ernest Beaux
Ernest Beaux/ Foto: pinterest.com/boisdejasmin.com |
Saat liburan musim panas tahun 1920 bersama pasangannya Grand Duke Dimtri Pavlovich di Cote d’Azur, Chanel bertemu dengan Ernest Beaux, seorang pembuat parfum profesional. Tertarik dengan selera Coco yang tidak biasa, Beaux menerima tawaran kerjasama bersama Chanel dan berusaha memenuhi ‘tantangan’ membuat parfum beraroma segar yang tahan lama tersebut.
4. Sampel No.5 Hasil Ketidaksengajaan
Sample No.5 hasil ketidaksengajaan/ Foto: pinterest.com/ELLE Magazine (US) |
Beberapa bulan sejak pertemuan mereka, Beaux mempresentasikan 10 aroma berbeda yang ditandai dengan nomor 1-5 dan 20-24. Chanel memilih No.5 yang merupakan hasil ketidaksengajaan asisten Beaux dalam mencampurkan aldehyde dalam ramuan dengan kuantitas yang belum pernah dicoba sebelumnya. Aldehyde sendiri merupakan komponen yang dapat menyerupai aroma segar citrus dan bergamot dan lebih tahan lama. Salah satu jenis aldehyde mempunyai keharuman layaknya sabun, tepat seperti yang disukai Coco Chanel. “Itu yang saya tunggu-tunggu––sebuah parfum berbeda dari yang lain. Parfum seorang perempuan, dengan aroma seorang perempuan,” tutur Chanel seperti yang dikutip dari BBC.
5. Angka 5 Adalah ‘Lucky Number’ Coco Chanel
Angka 5 adalah angka keberuntungan Coco Chanel/ Foto: pinterest.com/Viola Petri |
Bukan hanya karena hasil eksperimen No.5, Coco Chanel sebelumnya sudah sering menganggap angka 5 sangat terasosiasi akan hidupnya. Mulai dari masanya di panti asuhan, hingga ia berhasil mengeluarkan koleksi pakaiannya. Bahkan ia sempat mengatakan pada Ernest Beaux, “Aku mempresentasikan koleksi pakaianku pada tanggal 5 Mei, yakni bulan kelima. Jadi kita akan tetap menggunakan nama sample parfum no.5 yang sudah ada ini. Ia akan membawa keberuntungan” seperti yang tertulis dalam buku The Secret of Chanel No. 5.
Dilansir dari berbagai sumber, mana fakta yang paling menarik dari Chanel No.5 menurutmu?
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!