sign up SIGN UP

Seperti Baru, Begini Kiat Menjaga Baju Batik Agar Tak Mudah Pudar

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 08:15 WIB
Seperti Baru, Begini Kiat Menjaga Baju Batik Agar Tak Mudah Pudar
caption

Beauties, kamu pasti punya beberapa baju batik. Apalagi, batik kini hadir dengan motif dan cutting yang beragam. Tak hanya untuk acara formal, model baju batik semi formal hingga kasual juga mudah ditemukan. Kamu bisa memilih batik dengan warna-warna yang cukup cerah agar look yang ditampilkan tetap fresh dan cocok untuk anak muda.

Nah, agar baju batik andalan kamu tetap awet dan cerah, kamu juga perlu melakukan perawatan khusus. Beberapa kiat merawat baju batik berikut bisa diterapkan di rumah.

1. Cuci Secara Manual

Kiat merawat batik
Kiat merawat batik/Freepik.com/Pressphoto

Ada beberapa jenis kain yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci, salah satunya adalah batik. Penggunaan mesin cuci bisa membuat serat kain mudah rusak sehingga bisa membuat motif batik terkesan pudar. Yups, lebih baik cuci baju batik kesayanganmu dengan tangan atau manual.

2. Hindari Menggunakan Detergen

Kiat merawat batik
Kiat merawat batik/Freepik.com/Pressphoto

Umumnya, deterjen menggunakan zat kimia yang cukup kuat sehingga bisa merusak dan membuat warna batik cepat memudar. Dibanding mencuci atau merendam batik dengan deterjen, lebih baik gunakan sampo karena kandungan kimianya lebih ringan dan membuat kain batik terasa lebih lembut.

3. Hindari Memeras dan Menjemur Di bawah Terik Matahari

Kiat merawat batik
Kiat merawat batik/Freepik.com/Pressphoto

Setelah selesai dicuci, sebaiknya kamu juga tidak memeras batik secara berlebihan karena bisa membuatnya mudah kusut dan melar. Cukup kibaskan saja, lalu jemur di tempat yang teduh. Hindari menjemur batik di bawah terik secara langsung karena bisa membuat batik terlihat kusam.

4. Hindari Menyetrika Batik Secara Langsung

Kiat merawat batik
Kiat merawat batik/Freepik.com/Pressphoto

Setelah selesai dicuci dan mulai kering, tentu agar tampak rapi, kamu perlu menyetrika baju batik favoritmu. Namun kamu juga harus berhati-hati. Hindari menyetrikanya secara langsung untuk menjaga motif batik tetap cerah. Sebaiknya tutupi dengan kain lembut terlebih dahulu baru kamu bisa menyetrikanya.

5. Simpan di Dalam Plastik

Kiat merawat batik
Kiat merawat batik/Freepik.com/Wayhomestudii

Selain perlu tahapan khusus saat mencucinya, kamu juga perlu menyimpannya dengan benar. Tidak seperti baju pada umumnya yang bisa kamu simpan pada lemari secara langsung, sebaiknya simpan baju batik di dalam plastik untuk melindunginya dari binatang ngengat.

Itulah beberapa kiat untuk membuat baju batik favoritmu menjadi awet dan tetap cerah. Semoga membantu.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id