sign up SIGN UP

Biar Makin Pintar dan Fashionable, Ini Arti Berbagai Istilah Fashion! Dari Pret-a-Porter Sampai Avant-Garde

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 18:30 WIB
Biar Makin Pintar dan Fashionable, Ini Arti Berbagai Istilah Fashion! Dari Pret-a-Porter Sampai Avant-Garde
caption

Mempelajari fashion seperti mempelajari bahasa baru. Terdapat banyak istilah dengan arti berbeda dari umumnya, diambil dari Bahasa Prancis dan Bahasa Inggris. Walaupun beberapa diantaranya tidak lazim digunakan sehari-hari, banyak kosakata digunakan untuk mendeskripsikan pakaian dan gaya tertentu yang akan bermanfaat untuk kamu ketahui. Berikut 10 kosakata dalam fashion paling dasar dan sering digunakan tersebut.

 

Istilah Fashion Paling Sering Disebutkan dan Artinya


1. Haute Couture

Dior Haute Couture Autumn/Winter 2022/
Dior Haute Couture Autumn/Winter 2022/ Foto: instagram.com/dior

Haute couture adalah adibusana, yakni pakaian yang seluruh pengerjaannya mencapai ratusan jam dengan tangan dan keterampilan tinggi, dibuat khusus untuk pemesan. Pakaian haute couture diproduksi terbatas dengan harga jauh lebih mahal dari busana ready-to-wear.

2. Ready-to-Wear atau Prêt-à-Porter

Pakaian ready-to-wear (RTW) atau dalam Bahasa Prancis, Prêt-à-Porter, dibuat menggunakan standar ukuran baju dan produk akhirnya bisa langsung dipakai konsumen.

3. Avant-garde

Rancangan Rei Kawakubo untuk CDG yang avant-garde/
Rancangan Rei Kawakubo untuk CDG yang avant-garde/ Foto: instagram.com/commedesgarcons

Avant-garde merupakan Bahasa Prancis yang diartikan dalam Bahasa Inggris sebagai “advance guard” atau “vanguard”, yakni pelopor sesuatu. Dalam fashion, pakaian avant-garde mendeskripsikan karya pakaian tidak biasa, radikal, atau eksperimental yang mempelopori tren, teknik, dan gaya.

4. Atelier

Sebuah studio tempat desainer mengerjakan pakaian atau koleksi rancangannya.

5. Catwalk atau Runway

Platform tempat di mana model berjalan untuk mempresentasikan pakaian karya desainer dalam sebuah peragaan busana.

6. Look Book

Kumpulan foto koleksi pakaian kreasi desainer. Biasanya ditampilkan di situs resmi rumah mode untuk menunjukkan hasil karyanya disertai nomor setiap tampilan. 

7. Mix-and-Match

Kata kerja yang mendeskripsikan aktivitas memadupadankan pakaian, seperti atasan dengan bawahan, aksesori, dan lain-lain menjadi kesatuan tampilan yang selaras.

8. Embellishment

Embellishment pada pakaian/
Embellishment pada pakaian/ Foto: pexels.com/maadhurig

Dekorasi yang menghias permukaan bahan pakaian. Misalnya bordir, manik-manik, mutiara, payet, sequin, dan ornamen lainnya.

9. Hemline

Hemline mendeskripsikan ujung bawah sebuah pakaian. Potongan hemline bisa jatuh tepat di lutut, di atas lutut, di mata kaki atau menyentuh lantai.

10. Neckline

Gaun V neckline/
Gaun V neckline/ Foto: instagram.com/prada

Ujung bagian atas sebuah baju atau gaun, mengelilingi leher. Potongan mengitari leher ini bisa dibuat menjadi berbagai bentuk, seperti turtleneck, V neckline, sweetheart neckline, square neckline, halter neck, off-the-shoulder, one-shoulder dan lainnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id