sign up SIGN UP

Biar Nggak Salah Pilih, Simak Cara Menentukan Jenis Kalung Sesuai dengan Bentuk Leher

Krisyanti Asri | Beautynesia
Sabtu, 11 Jun 2022 18:00 WIB
Biar Nggak Salah Pilih, Simak Cara Menentukan Jenis Kalung Sesuai dengan Bentuk Leher
caption

Kalung telah menjadi aksesori leher yang dikenakan sejak 25,000 tahun yang lalu. Pertama kali orang mengenakan kalung yang terbuat dari bahan tulang ikan. Seiring perkembangan jaman, kalung mengalami perubahan dan perkembangan dari segi bahan serta modelnya. Ada 6 jenis kalung yang umum dipilih oleh para perempuan sebagai aksesori :

  1. Collar, melingkar ketat di leher
  2. Choker, melingkar ketat di dasar leher
  3. Princess, melingkar di dekat tulang belikat
  4. Matinee, melingkar melewati tulang belikat
  5. Opera, melingkar mendekati garis dada
  6. Rope, menjuntai sampai ke garis perut
Jenis kalung berdasarkan panjangnya
Ragam Jenis Kalung/Foto : thepearlsource.com

Menentukan jenis kalung sangat bergantung dari bentuk leher kita. Salah pilih model kalung bisa jadi malah tidak cocok untuk dikenakan sebagai pelengkap penampilan. Supaya pilihanmu tepat, simak yuk tips menentukan model kalung mengikuti bentuk leher berikut ini!

Leher Pendek 

Kalung jenis Matinee cocok dikenakan untuk yang punya leher pendek karena bisa memberi kesan jenjang
Kalung Jenis Matinee/Foto : net-a-porter.com

Bagi kamu yang mempunyai leher pendek, hindari penggunaan jenis kalung Choker dan Collar karena hanya akan membuat lehermu terlihat lebih pendek. Hindari juga material kalung yang berukuran besar karena bisa menenggelamkan garis leher. Pilihlah jenis kalung Matinee atau Opera dengan material rantai yang serta hiasan yang lebih kecil supaya bisa memberi ilusi jenjang pada lehermu. 

Leher Berisi

Kalung jenis Matinee juga cocok untuk leher berisi
Kalung Jenis Matinee/Foto : everypixel.com/rubanok.i.ua

Sama seperti leher pendek, kamu perlu menghindari jenis kalung yang dekat dengan leher seperti Choker dan Collar. Jenis kalung Matinee dan Opera merupakan pilihan yang tepat karena bisa memberi kesan langsing pada leher yang berisi. Hindari rantai kalung dan hiasan yang berukuran besar karena hanya akan menambah volume pada garis leher.  

Leher Kurus

Kalung jenis Princess cocok dikenakan untuk yang berleher kurus supaya terlihat proporsional
Kalung Jenis Princess/Foto : antonjewellery.com

Bentuk leher seperti ini juga sangat tidak disarankan mengenakan kalung jenis Choker dan Collar. Meski tidak akan memberi kesan berisi, tapi justru malah membuat lebih kurus lehernya. Silakan pilih kalung jenis Princess atau Matinee dengan panjang lewat dari tulang belikat supaya membuat garis leher terlihat proporsional. Kamu boleh memilih rantai kalung dan hiasan yang lebih besar. 

Leher Jenjang

Perempuan dengan leher jenjang bebas menentukan jenis kalung apa saja termasuk jenis Opera
Kalung jenis Opera/Foto : purepearls.com

Bagi kamu yang punya leher jenjang, adalah sebuah keberuntungan karena hampir semua jenis kalung cocok untuk kamu kenakan. Tidak ada batasan untuk memilih jenis kalung serta material pembuatnya. Namun sebaiknya hindari mengenakan kalung model Rope yang panjangnya melewati garis dada karena hanya akan membuat garis leher tidak proporsional. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id