sign up SIGN UP

Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Warna Tetap Pekat dan Terlihat Baru

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 10:30 WIB
Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Warna Tetap Pekat dan Terlihat Baru
caption

Pakaian berwarna hitam memang timeless, mudah dipadupadankan dan membuat tampilan terlihat elegan. Namun terkadang pakaian berwarna hitam cepat pudar dan kumal, terutama ketika kamu tidak memahami cara mencuci pakaian dengan benar.

Pakaian berwarna hitam akan tampak lebih menarik ketika memiliki warna yang pekat. So, untuk mempertahankan warna tersebut, pastikan kamu mengikuti beberapa kiat mencuci pakaian berwarna hitam berikut.

1. Cuci Pakaian Hitam Sesuai Kebutuhan

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Garetvisuals

Terlalu sering mencuci pakaian membuatnya mudah rusak, terutama pakaian berwarna hitam karena membuat warnanya terlihat tidak pekat seperti sebelumnya. So, hindari mencuci pakaian hitam terlalu sering dan cucilah ketika perlu.

Misalnya saat kamu memakai sweater atau celana, kamu bisa memakainya empat hingga lima kali tergantung aktivitas. Sehingga tidak perlu terlalu sering dicuci, terkecuali jika pakaian berwarna hitam adalah pakaian dalam atau kaus setelah kamu melewati hari yang penuh keringat.

2. Pisahkan Pakaian Warna Hitam dengan Warna Lainnya

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Strawpixel

Sama halnya ketika kamu mencuci pakaian berwarna putih, pakaian hitam juga membutuhkan perlakuan serupa. Pisahkan pakaian warna hitam dengan warna-warna lainnya agar tidak ada warna lain yang terserap pada pakaian hitam. Pisahkan pula berdasarkan berat dan bahan pakaian untuk mempermudah mencucinya.

3. Balik Pakaian Hitam Saat Mencuci dan Menjemur

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Strawpixel

Jangan lupa pula, saat mencuci pakaian hitam, kamu perlu membaliknya terlebih dahulu karena hal ini akan berguna untuk mengurangi pengikisan pada permukaan luar pakaian. Pada akhirnya serat luar pakaian tidak mudah rusak karena gesekan.

Begitu pula saat menjemurnya, karena sinar matahari bisa membuat pakaian hitam mudah pudar. Nah, ketika kamu membaliknya terlebih dahulu, warna pada bagian luar pakaian akan lebih aman.

4. Cuci dengan Air Dingin dan Detergen Khusus

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Pvcollection

Mencuci pakaian hitam sebaiknya menggunakan air dingin demi menjaga warna pakaian tetap terlihat baru. Hindari mencuci menggunakan air hangat kecuali dalam kondisi tertentu karena air hangat bisa melunturkan warna pada pakaian bahkan membuatnya menyusut.

Begitu pula dengan pemilihan detergen. Ada banyak detergen yang ramah untuk pakaian berwarna gelap jadi kamu hanya perlu menemukan detergen yang tepat untuk pakaian berwarna hitam.

5. Tambahkan Cuka Pada Proses Pembilasan

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Garetvisuals

Jika dibutuhkan, kamu bisa mencuci pakaian dengan menambahkan segelas cuka pada proses pembilasan. Cuka mampu menjaga warna pakaian dengan menghilangkan sisa sabun serta detergen yang seringkali membuat pakaian hitam terlihat mudah kusam setelah dicuci. Bahkan cuka juga bisa membuat pakaian terhindar dari jamur dan bau tidak sedap.

6. Hindari Menjemur Pakaian Hitam di Bawah Terik Matahari Langsung

Kiat Mencuci pakaian hitam
Kiat Mencuci pakaian hitam/Foto: Freepik.com/Pvcollection

Tak hanya perlu membalik pakaian pada saat menjemurnya, kamu harus menghindari pakaian hitam terkena sinar matahari secara langsung karena sinar matahari merupakan musuh terbesar pakaian berwarna gelap. Warna akan mudah pudar dan terlihat kusam ketika kamu menjemurnya secara langsung.

Itulah beberapa kiat yang perlu diterapkan ketika hendak mencuci pakaian berwarna hitam atau warna-warna gelap lainnya agar tetap pekat seperti baru. Selamat mencoba!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id