sign up SIGN UP

Deretan BrandLokal yang Terapkan Fashion Berkelanjutan, Ada Favoritmu?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 05 Jun 2022 14:30 WIB
Deretan BrandLokal yang Terapkan Fashion Berkelanjutan, Ada Favoritmu?
caption

Sustainability menjadi hal yang diperhitungkan sebuah brand dalam menjalani bisnisnya saat ini. Konsumen semakin sadar akan dampak kerusakan lingkungan, mereka turut serta menjaga bumi dengan menerapkan sikap mindful akan apa yang dibeli. Bukan asal pilih brand, melainkan toko baju slow fashion ramah lingkungan dan etis dalam proses pembuatan menjadi nilai plus bagi konsumen untuk berbelanja.

Dari sekian banyak brand fashion yang ada di pasaran, kita cukup mudah menemukan merek lokal yang mengusung konsep berkelanjutan. Berikut beberapa pilihan diantaranya, Beauties.


Imaji Studio

Imaji Studio/
Imaji Studio/ Foto: instagram.com/imaji.studio

Imaji Studio memastikan memberdayakan para pengrajin lokal ketika menjodohkan kultur, seni, dan alam dalam sebuah pakaian. Memanfaatkan sumber daya alami dari Indonesia, mereka menuturkan tiap proses yang dilalui untuk membuat produk handmade dalam website resminya.

Proses desain yang dilakukan di Jakarta hasilkan rancangan siap direalisasikan secara ramah lingkungan di Bali dan Jawa. Pewarna diambil dari tanaman dengan cara dimasak daunnya terlebih dahulu, sebelum dicuci, dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Karena proses yang cukup tradisional ini, cuaca akan memengaruhi hasil warna yang bisa terlihat sedikit berbeda pada tiap produk.

Lanivatti

Lanivatti/
Lanivatti/ Foto: instagram.com/lanivatti_official

Brand Lanivatti terkenal akan desainnya yang versatile, fungsional, mencakup warna basic mudah dipadupadankan. Namun selain dari rancangan tak lekang waktu, mereka juga memerhatikan lingkungan dan kesejahteraan pekerja tanpa kompromi kualitas.

Dalam transparansi yang bisa diakses di situs resminya, mereka bekerja sama dengan Lenzing yang memproduksi tekstil serat alam, seperti cellulose fibers yang menjadi material utama pakaian. Brand slow fashion ini juga meminimalisir limbah dengan menyimpan sisa bahan untuk pembuatan sampel dan produk selanjutnya.

Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang/
Sejauh Mata Memandang/ Foto: instagram.com/sejauh_mata_memandang

Sejauh Mata Memandang mempekerjakan pengrajin lokal secara etis, mempergunakan material dengan tanggung jawab dan ramah lingkungan selama proses pembuatannya. Misalnya, mengolah kembali tekstil bekas menjadi material baru serta tidak menggunakan kulit dan bulu hewan. Kain yang digunakan untuk membuat rangkaian koleksinya yaitu katun, linen, dan Tencel yang eco-friendly. Selain dari proses pembuatan, brand ini melakukan program daur ulang pakaian, Beauties.

Sisa Benang

Sisa Benang/
Sisa Benang/ Foto: instagram.com/sisabenang

Brand lokal Sisa Benang adalah label berikutnya yang mengusung konsep sustainable fashion. Mereka menggunakan sisa bahan dari pabrik yang diolah kembali menjadi pakaian versatile berharga terjangkau. Karena berbahan baku kain sisa, maka jumlah pakaian yang diproduksi terbatas dan tidak diproduksi ulang.  Selain itu, mereka juga berdedikasi untuk menanam 1 pohon mangrove dari setiap 1 pakaian yang terjual.

Tulisan

Tulisan/
Brand lokal Tulisan/ Foto: instagram.com/mytulisan

Selain pakaian, terdapat toko aksesori tas yang menyediakan produk ramah lingkungan, Beauties. Brand Tulisan menyediakan deretan tas handmade unik nan artistik. Dalam pembuatan tasnya, mereka sangat memerhatikan lingkungan, seperti mengolah botol PET daur ulang dan material bekas pakai dan pewarna water-based tanpa bahan kimia.

Proses pembuatan tersebut sudah tersertifikasi BlueSign® system di mana pengambilan bahan baku yang bertanggung jawab, kebersihan selama proses pengerjaan, manajemen limbah air, sirkulasi udara, prosedur yang aman untuk pekerja, serta hasil produk yang aman untuk konsumen dinilai secara ketat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id