sign up SIGN UP

Fakta Desainer S.S Daley, Jadi Favorit Harry Styles dan Berhasil Dapatkan Rp4 Miliar dari Kompetisi LVMH Prize

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 11:30 WIB
Fakta Desainer S.S Daley, Jadi Favorit Harry Styles dan Berhasil Dapatkan Rp4 Miliar dari Kompetisi LVMH Prize
caption

Steven Stokey-Daley, perancang busana asal Inggris berhasil memenangkan kompetisi fashion designer muda bergengsi LVMH Prize 2022 pada Kamis (2/6) lalu. Koleksinya yang kaya karakter langsung menarik perhatian juri LVMH Prize 2022 yang terdiri dari deretan profesional, seperti Stella McCartney, Jonathan Anderson dari Loewe, Nicolas Ghesquière dari Louis Vuitton, Maria Grazia Chiuri dari Dior, serta Kim Jones dari Fendi dan Dior.

Mengungguli 7 finalis lainnya, laki-laki berusia 25 tahun itu menerima penghargaan piala, mentoring dari LVMH selama setahun, serta uang senilai 300 ribu Euro atau sekitar Rp 4 miliar. Jumlah fantastis tersebut diberikan untuk mengembangkan bisnis miliknya, label S.S Daley yang baru berusia 2 tahun. Desainer dibalik rumah mode S.S Daley itu berencana untuk mengembangkan e-commerce, melebarkan sayap ke ranah aksesori, sambil terus melakukan upcycling kain-kain sisa.

Simak fakta menarik lainnya dari desainer S.S Daley berikut.

 

4 Fakta Perancang Busana S.S Daley

1. Sempat Bekerja di Tim Menswear Alexander McQueen dan Tom Ford

Steven Stokey-Daley memenangkan penghargaan LVMH Prize 2022/
Steven Stokey-Daley memenangkan penghargaan LVMH Prize 2022/ Foto: instagram.com/stevenstokeydaley

Daley mengenyam pendidikan Fashion Design Universitas Westminster dan meraih gelar Bachelor of Arts di tahun 2020. Kemampuannya dalam merancang busana juga terasah selama ia bergabung tim Menswear rumah mode ternama, yaitu Alexander McQueen dan Tom Ford. Mengumpulkan banyak pengalaman dan pembelajaran, ia pun mempunyai pondasi kokoh untuk membangun label miliknya sendiri.

2. Mulai Bisnis dari Kamar Tidur Saat Lockdown

Koleksi menswear S.S Daley/
Koleksi menswear S.S Daley/ Foto: instagram.com/stevenstokeydaley

Melansir The New York Times, masa pandemi bukan menjadi momen tidak produktif bagi laki-laki asal Liverpool, Inggris. Desainer muda ini menjadikan kamar tidurnya sebagai studio di mana ia membangun bisnis fashion-nya pertama kali. Pada tahun 2021, ia debut London Fashion Week di mana koleksi Fall 2021 Menswear dipresentasikannya.

3. Rancangan yang Dikenakan Selebriti

Harry Styles kenakan cardigan rancangan S.S Daley/
Harry Styles pakai cardigan rancangan S.S Daley/ Foto: instagram.com/stevenstokeydaley

Dengan label S.S Daley berusia sebiji jagung dan koleksi penuh karakteristik, kreasi Stokey-Daley sukses menarik perhatian kalangan selebriti. Misalnya penyanyi Harry Styles ditemukan beberapa kali mengenakan rancangannya, seperti di video musik Golden.

4. Koleksi Menswear Terinspirasi Kaum Elit Inggris

Koleksi S.S Daley pada LVMH Prize 2022/
Koleksi S.S Daley pada LVMH Prize 2022/ Foto: instagram.com/lvmhprize

Aristokrasi Inggris menjadi inspirasi koleksi yang diperkenalkan Daley di hadapan para juri. Struktur budaya yang mengakar dalam masyarakat diinterpretasi melalui perspektif baru ––lensa teori homososial. Koleksi menswear menangkap hipermaskulinitas dengan infusi unsur feminin, terwujud dalam ornamen flora. Hal ini pun menjadi cerita emosional dan mewujudkan identitas unik, tertanam pada koleksi tercipta dari material sustainable (kain sisa) yang berhasil membawanya pada kemenangan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id