sign up SIGN UP

Fakta Menarik dari Gaun Pengantin Para Bangsawan Kerajaan Inggris, Ada yang Berhiaskan 10 Ribu Mutiara!

ira syafira | Beautynesia
Minggu, 24 Oct 2021 14:00 WIB
Fakta Menarik dari Gaun Pengantin Para Bangsawan Kerajaan Inggris, Ada yang Berhiaskan 10 Ribu Mutiara!
caption

Royal Wedding merupakan istilah pernikahan bagi keluarga kerajaan. Penyelenggaran Royal Wedding yang paling menyita perhatian seringkali datang dari anggota Kerajaan Inggris. Selain upacara yang luar biasa, Kerajaan Inggris selalu menyuguhkan gaun yang indah untuk mempelai wanita.

Namun, siapa sangka dibaik gaun yang cantik tersebut menyimpan fakta-fakta menarik di dalamnya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta yang gaun pernikahan Royal Wedding yang patut kamu ketahui!

Ratu Victoria - Trend Setter Gaun dengan Nuansa Putih

Ratu Victoria/Foto: en.wikipedia.org
Ratu Victoria/Foto: en.wikipedia.org

Ratu Victoria menikahi sepupunya, Pangeran Albert, yang berasal dari Saxe-Coburg-Gotha di tahun 1840. Disini Ratu Victoria yang melamar Pangeran Albert setelah lima hari kedatangan lelaki tersebut di Istana Kensington. 

Saat pernikahannya, Ratu Victoria mengenakan gaun putih dengan bahan sutra dan renda yang terlihat elegan. Gaun sang Ratu ini dianggap legendaris, karena ia memunculkan tren pernikahan dengan gaun pengantin berwarna putih. Sebelumnya, gaun putih dianggap tidak umum, pada masa itu warna merah yang dipilih karena memiliki arti kebahagiaan. 

Ratu Elizabeth II - Gaun Berhiaskan 10 Ribu Mutiara

Ratu Elizabeth II/Foto: Pinterest/Chic Vintage Dress
Ratu Elizabeth II/Foto: Pinterest/Chic Vintage Dress

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947, pernikahan mereka diselenggarakan di Gereja Westminster Abbey, London. Pada pernikahan tersebut, Ratu Elizabeth II membuat masyarakat kagum dengan penampilannya yang cantik dan anggun.

Ia muncul dengan gaun pengantin berbahan sutra gading yang langsung didatangkan dari Cina. Gaun tersebut dihias kristal dan 10 ribu mutiara yang dirancang oleh desainer Norman Hartnell. Selain itu, ada juga detail bunga yang dibordir apik dengan ketelitian tinggi, tak heran pengerjaan gaun ini memerlukan 350 pekerja perempuan dan memakan waktu tujuh minggu pengerjaan. 

Putri Margaret - Gaun Simpel dan Sederhana

Putri Margaret/Foto: Pinterest/Fashion Whore
Putri Margaret/Foto: Pinterest/Fashion Whore

Adik Ratu Elizabet II, yakni Putri Margaret, memilih untuk tampil berbeda dengan para Ratu atau Putri sebelumnya. Margaret mematahkan anggapan bahwa pernikahan Royal Wedding identik dengan gaun mewah nan glamor. Pada pernikahannya di tahun 1960, sang putri memilih mengenakan gaun pengantin putih yang sederhana.

Gaun Putri Margaret juga dirancang oleh desainer Norman Hartnell, gaunnya terbuat dari bahan silk organza berlengan panjang yang diberi detail minimalis. Menurut sang desainer, ia menyebut gaun ini sebagai 'the simplest Royal Wedding gown in history'. 

Putri Diana - Gaun Ikonis Sepanjang Sejarah

Putri Diana/Foto: Pinterest/Flickr
Putri Diana/Foto: Pinterest/Flickr

Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles disambut meriah dan seluruh dunia menjadi saksi kisah cinta mereka pada 29 Juli 1981. Bukan hanya prosesi pernikahannya yang menarik perhatian, namun juga gaun pengantin yang dikenakan oleh Putri Diana saat itu.

Pada hari spesialnya tersebut, Putri Diana mengenakan gaun pengantin berhias veil sepanjang 7,62meter karya Elizabeth dan David Emanuel. Princess of Wales ini tampil anggun dengan gaun berbahan sutra taffeta yang diberi detail renda berwarna putih gading. Gaunnya juga dilengkapi dengan bordir dan manik-manik berupa 10 ribu mutiara. Tak ayal harga gaunnya mencapai £9.000 atau setara Rp152,3 juta. 

Kate Middleton - Gaun Pengantin Abad Ini

Kate Middleton/Foto: Harpers Bazaar
Kate Middleton/Foto: Harpers Bazaar

Pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William berlangsung pada 29 April 2011 lalu. Momen pernikahan keduanya kala itu sangat ramai diperbincangkan, bahkan gaun yang dikenakan menjadi salah satu gaun pengantin paling ikonis.

Kate Middleton memilih mengenakan gaun rancangan Sarah Burton untuk fashion brand Alexander McQueen untuk hari pernikahannya. Portal berita The New York Times saat itu menyebut gaun ini sebagai 'gaun pengantin abad ini'. Pasalnya, gaun ini memiliki bagian seperti korset yang terbuat dari bahan satin, sedangkan roknya terbuat dari sutra tulle. Gaun tersebut dibuat dengan aksen lace di bagian lengannya, dimana ini menjadi inspirasi gaun pernikahan hingga sekarang.

Meghan Markle - Gaun dengan Veil Terpanjang

Meghan Markle/Foto: totallythebomb.com
Meghan Markle/Foto: totallythebomb.com

Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry yang berlangsung pada 19 Mei 2018 ini cukup ditunggu oleh para masyarakat Inggris pada saat itu. Keduanya melangsungkan pernikahan di St George's Chapel, Windsor Castle. Meghan Markle tampak cantik dengan gaun yang simpel, minimalis, namun tetap terlihat mewah. 

Gaun yang ia kenakan merupakan rancangan Clare Waight Keller dari brand Givenchy. Clare mendesain gaun tersebut dengan model leher yang agak terbuka dan lengan panjangnya dibuat tiga perempat. Bahan yang dipilih adalah sutra organza. Bagian paling menariknya terletak pada tudung atau veil panjang yang ia kenakan, dimana ini dianggap mewakili 53 negara Persemakmuran Inggris. Selain itu, Meghan juga mengenakan tiara berlian milik Ratu Mary yang dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth II padanya.

Itulah Beauties beberapa gaun cantik yang dikenakan saat momen Royal Wedding Kerajaan Inggris. Mana nih yang Beauties paling suka? 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id