STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Gaya Ikonis Marilyn Monroe di Film, Ada yang Gaunnya Terjual Miliaran Rupiah!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 05 Oct 2022 16:00 WIB
Gaya Ikonis Marilyn Monroe di Film, Ada yang Gaunnya Terjual Miliaran Rupiah!

Sulit untuk melupakan seorang legenda yang mengukir karirnya di dunia hiburan. Kisah Marilyn Monroe kembali diangkat dalam film Blonde yang diperankan Ana de Armas. Sepanjang hidupnya, Marilyn dikenal sebagai model dan aktris layar lebar tahun 1950 hingga 1960an. Perempuan yang lahir 1 Juni 1926 di Los Angeles ini dikenal akan film populernya seperti The Seven Year Itch (1955), Niagara (1953), dan Gentlemen Prefer Blondes (1953). Dari film-film itu pula lahirlah penampilan ikonis seorang Marilyn Monroe yang hingga saat ini masih terasosiasi dengan sosoknya. Ini dia gaya Marilyn Monroe paling legendaris dalam film.

Gentlemen Prefer Blondes (1953)

Gaun pink di Gentlemen Prefer Blonde/
Gaun pink di Gentlemen Prefer Blonde/ Foto: pinterest.com/POPSUGAR

Dalam film Gentlemen Prefer Blondes terdapat adegan di mana Monroe menyanyikan lagu Diamonds Are A Girl’s Best Friend memakai gaun strapless hot-pink dengan pita besar di bagian belakang.

Gaun rancangan William Travilla itu dipasangkan dengan kalung dan gelang berlian serta opera gloves berwarna serupa. Penampilan perempuan yang wafat tahun 1962 itu pun jadi salah satu gaya yang paling diingat dan sering direplikasi oleh selebriti di abad 21.

Misalnya Kylie Jenner untuk kostum Halloween, Madonna untuk video klip Material Girl, dan salah satu adegan Blake Lively di serial Gossip Girl turut mengenakan gaya ini. 

 

Marilyn Monroe di Gentlemen Prefer Blondes/
Marilyn Monroe di Gentlemen Prefer Blondes/ Foto: pinterest.com/Who What Wear

Masih dalam film yang sama, selebriti bernama asli Norma Jeane juga menyuguhkan penampilan dalam gaun emas nan mewah. Detail pleats tampak menghiasi gaun panjang dengan halter neck potongan V tersebut. Walaupun gaun kreasi Travilla itu tampak vulgar, Monroe berhasil curi perhatian hingga muncul di halaman pertama koran keesokan harinya.

 

Marilyn Monroe dan Jane Russel di film Gentlemen Prefer Blondes/
Marilyn Monroe dan Jane Russel di film Gentlemen Prefer Blondes/Foto: pinterest.com/It's Rosy

Adegan memorable berikutnya yaitu Marilyn Monroe memasuki ruangan bersama costar Jane Russell di mana pandangan semua orang dalam ruangan itu langsung tertuju pada mereka. Pada scene itu, Monroe memesona dalam gaun Travilla lainnya, yakni fishtail dress didampingi syal yang seluruhnya dalam pulasan warna oranye. Sementara Russell sama glamor dalam long gown sequin hitam.



Niagara (1953)

Gaun midi versi merah di film Niagara/
Gaun midi versi merah di film Niagara/ Foto: instagram.com/marilynmonroe

Tahun 1953 Marilyn Monroe kembali muncul di layar lebar sebagai Rose Loomis dalam film Niagara. Midi dress hot-pink aksen cut out dan pita di bagian dada merupakan gaya Marilyn Monroe paling dikenal dari film ini.

Gaun ini juga dibuat versi warna merah untuk menegaskan karakter antihero yang diperankannya. Stylist Dorothy Jeakins dan Charles Le Maire memadukan gaun bersiluet khas tahun 50an itu dengan anting emas dan strappy heels.

 

There’s No Business Like Show Business (1954)

Gaun di There's No Business Like Show Business/
Gaun di There's No Business Like Show Business/ Foto: pinterest.com/BuzzFeed

Desainer William Travilla berkesempatan untuk mendandani Monroe di tahun berikutnya untuk film There’s No Business Like Show Business. Tak sia-sia, gaun fantastis rancangannya sukses membuat penampilan aktris simbol Old-Hollywood itu makin istimewa.

Gaun ombre panjang dengan square neckline itu bertabur embellishment sepanjang material. Namun yang tidak terlewatkan adalah aksen pada sisi rok yang puffy dengan warna semakin memudar dari bawah ke atas.

The Seven Year Itch (1955)

Marilyn Monroe di film The Seven Year Itch/
Marilyn Monroe di film The Seven Year Itch/ Foto: instagram.com/marilynmonroe

Ketika membicarakan Marilyn Monroe, penampilannya di film The Seven Year Itch ini mungkin langsung terlintas di kepala. Bukan cuma pose dengan rok berkibar yang ikonis, cocktail dress putih halter neck menjadi warisannya yang paling legendaris hingga saat ini. Melansir situs Insider, gaun kreasi Travilla itu terjual senilai 4.6 juta USD di pelelangan tahun 2011 atau sekitar Rp70 miliar.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE