STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Heboh Charles & Keith Disebut Label Mewah, Ini Faktor yang Membuat Sebuah Brand Bisa Dianggap Luxury

Henny Alifah | Beautynesia
Selasa, 24 Jan 2023 19:00 WIB
Heboh Charles & Keith Disebut Label Mewah, Ini Faktor yang Membuat Sebuah Brand Bisa Dianggap Luxury
Foto: Getty Images

Luxury brand itu apa, sih? Jika diukur berdasarkan pendapat masing-masing, kita akan kesulitan mendefinisikan apa itu luxury brand. Sebab, setiap dari kita jelas punya pandangan yang berbeda satu sama lain. Apa yang kita anggap mewah, belum tentu mewah bagi orang lain.

Menurut kesepakatan umum, terdapat beberapa faktor yang bisa digunakan untuk mengenali mana merek yang termasuk luxury brand dan mana yang bukan. Faktor utamanya adalah seberapa eksklusif barang dari brand tersebut. Lantas, bagaimana suatu barang bisa dikatakan eksklusif?

Event di Samaritaine Paris
Event di Samaritaine Paris/ Foto: Instagram/lvmh

Harga Mahal

Barang yang harganya mahal tampak eksklusif karena tidak semua orang bisa membelinya. Di sisi lain, patokan mahal tidak melulu dilihat dari harga yang tinggi, namun harga yang tinggi jika dibandingkan dengan merek lain di sektornya. Misal, sabun dari brand Molton Brown dan L'Occitane dianggap mewah, namun mungkin harganya lebih murah dari sepatu Christian Louboutin atau jam tangan Cartier.

Kualitas tinggi

Seperti kata banyak orang, ada harga ada rupa. Brand mewah menyediakan produk yang kualitasnya sepadan dengan harganya yang mahal. Mereka memilih bahan yang bermutu tinggi dan tahan lama. Pengerjaannya pun otentik dan penuh ketelitian dari para profesional di bidangnya sehingga menciptakan barang yang eksklusif. Dengan demikian customer akan merasa istimewa ketika mengenakan barang tersebut.

Persediaan Terbatas

Di samping itu, brand mewah biasanya tidak berusaha melayani massa dan tidak ingin produknya tersedia dengan mudah. Kelangkaan menjadi kunci dalam hal pemasaran barang, dan inilah yang menjadikannya eksklusif.

Masih ada lagi faktor lain yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan luxury brand. Di antaranya adalah estetika desain, personalisasi, endorsment dari selebriti, packaging, hingga performa yang unggul.

Dengan faktor-faktor tersebut, luxury brand memiliki tingkat eksklusivitas yang bervariasi. Banyak pakar berusaha menjelaskan tingkatan tersebut lewat piramida luxury brand. Simak lebih lanjut tentang piramida ini di halaman berikutnya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE