sign up SIGN UP

Masih Takut Pakai Softlens? Simak Yuk Kiat Memilih Softlens yang Tepat Supaya Aman dan Nyaman

Krisyanti Asri | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 20:30 WIB
Masih Takut Pakai Softlens? Simak Yuk Kiat Memilih Softlens yang Tepat Supaya Aman dan Nyaman
caption

Tidak betah mengenakan kacamata terlalu lama? Kamu bisa memilih softlens untuk menunjang penglihatanmu, Beauties! Softlens adalah lensa super tipis yang diletakkan langsung di kornea mata. Ada beberapa orang dengan masalah penglihatan namun tidak ingin mengenakan kacamata.

Softlens dipilih karena praktis digunakan dan menunjang penampilan. Namun perlu diketahui bahwa softlens hadir dalam berbagai jenis dan tidak bisa sembarangan dipilih. Salah pilih softlens bisa berakibat iritasi hingga kerusakan mata. 

Berikut ini adalah kiat untuk memilih softlens yang tepat, terutama bagi pemula. Supaya pilihannya tepat dan nyaman saat digunakan di mata, ada baiknya kita simak kiat berikut ini. 

Konsultasi Ke Optik atau Dokter Spesialis Mata

Periksakan mata ke klinik mata atau optik sebelum memilih softlens
Konsultasi Dokter Mata/Foto : freepik.com/romanzaiets

Cara yang paling diutamakan dalam memilih softlens adalah harus dikonsultasikan ke optik atau dokter spesialis mata. Meskipun kamu tidak punya permasalahan dalam penglihatan, kamu tetap harus melewati prosedur pemeriksaan mata supaya tepat pilihan softlensnya.

Mengenakan softlens sama dengan meletakkan benda asing secara langsung ke kornea mata. Jika tidak mendapat arahan yang tepat, softlens pilihanmu bisa merusak mata lho! 

Beli di Tempat Penjualan Resmi 

Belilah softlens di optik resmi dan terpercaya
Optik Resmi dan Terpercaya/Foto : depositphotos.com/fotoandalucia

Selain menjadi alat penunjang penglihatan, softlens kini menjadi bagian dari fashion untuk menunjang penampilan. Banyak orang yang mulai memperdagangkan softlens secara bebas dengan harga yang bervariasi.

Supaya terhindar dari barang palsu dengan kualitas abal-abal, sangat disarankan untuk membeli softlens di optik yang terpercaya. Selain sebagai tempat penjualan resmi, mereka juga menyediakan jasa konsultasi sebelum membeli softlens. 

Mengetahui Kadar Air Mata dan Softlens

Kadar air pada softlens harus disesuaikan dengan kadar air mata
Kadar Air/Foto : depositphotos.com/belchonock

Setelah melewati prosedur pemeriksaan di optik atau klinik mata, kamu akan dijelaskan tentang kadar air mata dan air softlens. Setiap softlens mempunyai kadar air yang berbeda dan menyesuaikan dengan kadar air mata. Softlens membutuhkan air supaya tetap lembab dan menempel di mata. Jika kadar air matamu cenderung rendah, maka kau disarankan memilih softlens dengan kadar air lebih rendah. J

ika kadar air matamu normal, maka kamu boleh mengenakan softlens dengan kadar air di atas 50%. Hal ini demi mencegah terjadinya kekeringan mata ketika sedang memakai softlens. 

Diameter Softlens

Sesuaikan ukuran diameter softlens dengan bola mata
Diameter Softlens/Foto : freepik.com/fabrikasimf

Softlens mempunyai ukuran diameter yang berbeda-beda dan tergantung dengan besar diameter bola mata seseorang. Diameter bola mata umumnya adalah 14mm. Jika kamu adalah seorang pemakai softlens pemula, maka akan disarankan untuk memakai softlens berdiameter sama dengan bola mata.

Untuk kepentingan estetika, ada jenis softlens berdiameter 15mm hingga 22mm. Namun perlu diperhatikan bahwa semakin besar diameter softlens semakin besar pula area mata yang tertutup oleh lensa.

Hal ini akan menyebabkan mata menjadi kering karena kesulitan mendapat kadar udara yang cukup. 

Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Periksa tanggal kedaluwarsa softlens pada kemasannya
Tanggal Kedaluwarsa Softlens/Foto : farmores.com

Tidak seperti kacamata yang mempunyai masa pemakaian lebih lama, softlens mempunyai masa pemakaian yang terbatas. Kamu harus memperhatikan masa pemakaian softlens pada kotak kemasannya.

Minimal waktu pemakaian softlens adalah 3 bulan, ada pula yang bisa sampai 1 tahun. Ada baiknya jika masa pemakaian sudah habis, kamu harus segera membuang softlens dan mengganti dengan yang baru.

Mengenakan softlens yang sudah habis masa pemakaiannya akan menyebabkan mata menjadi iritasi, walaupun masih nyaman digunakan. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id