sign up SIGN UP

Softlens vs Kacamata, Lebih Aman Pakai yang Mana?

Dhea Salsabila | Beautynesia
Rabu, 04 Aug 2021 07:00 WIB
Softlens vs Kacamata, Lebih Aman Pakai yang Mana?
caption

Beauties, kamu salah satu orang yang memiliki gangguan penglihatan, dan karenanya memerlukan softlens atau kacamata? Meski begitu, kamu mungkin masih bingung memutuskan untuk pakai yang mana. Lantas, lebih aman pakai yang mana, sih?

Keputusan kamu memilih softlens atau kacamata untuk memperjelas penglihatan itu, memang tergantung pada preferensi pribadi. Meski begitu, dalam memilih keputusan tersebut, kamu perlu mempertimbangkan berbagai faktor, di antaranya kenyamanan, kemudahan, gaya hidup, serta anggaran biaya.

Perawatan Kacamata Jauh Lebih Mudah daripada Softlens?

4 Kiat Agar Makeup Nggak Geser Saat Memakai Kacamata/Pinterest/FirmooIlustrasi Memakai Kacamata/Pinterest/Firmoo

Jika kamu memakai kacamata, kamu dapat melepasnya langsung di manapun kamu inginkan. Cara membersihkannya pun tergolong tidak sulit, Beauties. Jika kacamata kamu terdapat debu yang menempel di lensa, kamu cukup lepaskan dan membersihkannya dengan kain khusus pembersih kacamata atau tisu.

Sedangkan, jika kamu memakai softlens, kamu memerlukan perawatan berupa cairan khusus, supaya softlens kamu tidak terkena bakteri dan tidak cepat rusak. Kamu juga tidak bisa melepas softlens sembarangan, melepas softlens harus dengan tangan yang bersih dan ditaruh di tempat yang aman.

Foto: Softlens untuk sawo matang/freepik.comIlustrasi menggunakan softlens. /freepik.com

Pilih Kacamata atau Softlens, Bisa Tetap Tampil Lebih Stylish

Saat ini banyak pilihan frame kacamata dengan warna-warna favoritmu, lho. Selain pilihan frame kacamata yang beranekaragam, kamu juga bisa memilih bentuk lensa kacamata yang semakin modern. Seperti pilihan kacamata lensa photochromic, yaitu lensa transisi yang adaptif terhadap cahaya.

Jenis kacamata lensa ini, kini banyak digunakan oleh para remaja agar tetap stylish. Karena dengan memakainya, jika kamu lagi di luar ruangan dan terkena cahaya matahari, lensa photochromic akan berubah menjadi lensa berwarna gelap.

Softlens pun tidak kalah bagusnya dengan model kacamata saat ini. Kini softlens hadir dengan berbagai varian warna dan model yang menarik, sehingga membuat mata kamu terlihat cantik. Dengan menggunakan softlens, aktivitas kamu tidak terganggu dan kamu dapat percaya diri dalam berpenampilan.

Shenina Cinnamon tampil memesona dengan aksesori kacamata/instagram.com/shenacinnamonShenina Cinnamon tampil memesona dengan aksesori kacamata/instagram.com/shenacinnamon/

Lebih Nyaman Mana, Softlens atau Kacamata Untuk Beraktivitas?

Penggunaan softlens untuk beraktivitas mungkin sedikit tidak nyaman, karena jika kamu melakukan aktivitas di luar seperti berolahraga atau berkendara, softlens kamu bisa lepas atau ada debu halus yang masuk ke mata, sehingga mata kamu bisa iritasi.

Menggunakan kacamata untuk beraktivitas juga bisa mengganggu penglihatan kamu. Ketika hujan, kacamata bisa basah bahkan berembun, hal tersebut dapat menghalangi pandangan kamu.

Terkadang, kamu memang harus melepaskan softlens atau kacamata, ketika ingin melakukan aktivitas tertentu ya Beauties.

Softlens atau Kacamata?

Dikutip dari detikHealth, dr Gitalisa Andayani SpM, selaku dokter spesialis mata, mengatakan bahwa penggunaan kacamata lebih disarankan dan aman dari sisi medis.

Namun seringkali tidak membuat nyaman penggunanya pada penggunaan lensa yang tebal, karena biasanya membuat area di sekitar mata terasa pegal. Untuk anak-anak dan orang tua, lebih disarankan memakai kacamata dibandingkan memakai softlens. Namun jika usia anak-anak ingin memakai softlens, tidak mengapa juga selama mereka sudah dapat mandiri dan cukup dewasa untuk mengaplikasikannya dengan baik dan benar.

Sedangkan bagi orang tua yang memiliki minus tinggi dan merasa tidak nyaman memakai kacamata, maka softlens pun bisa dimanfaatkan.

Beberapa hal di atas dapat kamu pertimbangkan saat dihadapkan pilihan: memilih softlens atau kacamata. Apapun yang kamu pilih, pastikan pilih dengan bijak dan paling cocok untuk kamu ya, Beauties!


Our Sister Site

mommyasia.id