sign up SIGN UP

Mimpi Punya Tas Hermes Birkin Kayak Nagita Slavina? Ketahui Dulu Mitos dan Fakta tentang Tas Mewah Ini

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 13:00 WIB
Mimpi Punya Tas Hermes Birkin Kayak Nagita Slavina? Ketahui Dulu Mitos dan Fakta tentang Tas Mewah Ini
caption
Jakarta -

Berbicara tas impian para fashionista, tas Hermes Birkin adalah salah satunya. Apa sebenarnya yang membuat tas ini begitu istimewa dan diidamkan semua kalangan, dari mulai selebriti seperti Nagita Slavina hingga Putri Mary dari Kerajaan Denmark?
Setidaknya ada tiga alasan utama. Pertama desainnya yang klasik, tidak terpengaruh tren. Kedua, fungsional karena tersedia dalam berbagai macam ukuran.
Ketiga, mahal dan eksklusif. Alasan terakhir ini sepertinya yang paling sahih. Harganya yang mahal dan kuantitasnya yang terbatas membuat tas Hermes Birkin jadi simbol status kekayaan dan sosial seseorang. Tak heran banyak yang rela membeli tas palsunya.
Ada banyak mitos dan fakta tentang Hermes Birkin. Seperti bahwa daftar tunggu untuk bisa membeli tas ini di butik bisa capai tahunan. Benarkah? Mari kita ulas lebih lanjut.

Bisa Beli Sebanyak Mungkin di Butik

HermèsHermès/ Foto: Courtesy of Christie's

Mitos! Pertama tentu saja karena tas ini tak selalu tersedia di butik Hermes setiap saat. Kalau pun ada paling hanya ada satu atau dua. Selain itu Hermes juga memberlakukan kuota pembelian bagi setiap orang per tahunnya.

Laman Pursebop melansir bahwa Hermes memberlakukan batasan pembelian Birkin dan Kelly, yakni hanya satu tas saja per semester. Semester pertama berlangsung dari Januari hingga Juni, dan kedua mulai Juli sampai Desember.

Itu berarti maksimal 2 tas dalam satu tahun. Namun beberapa konsumen melaporkan bahwa terkadang aturan ini berlaku selama satu tahun, jadi konsumen bisa membeli dua tas di awal tahun.

Bahkan kini akan dibuat lebih ketat. Pursebop juga menuliskan bahwa jika sebelumnya aturan ini hanya berlaku di pembelian satu negara, konon Hermes akan menerapkannya secara global. Berarti jika kamu sudah beli dua tas di Paris, maka tidak bisa beli lagi di New York.


Daftar Tunggu yang Panjang

Tsim Sha Tsui, Hong Kong - 08 December, 2018 : People walk past the HERMES Shop in Canton Road, Hong Kong. People queuing outside and waiting to enter the store.Tsim Sha Tsui, Hong Kong - 08 December, 2018 : People walk past the HERMES Shop in Canton Road, Hong Kong. People queuing outside and waiting to enter the store./ Foto: Getty Images/estherpoon

Mitos. Tak ada lagi daftar tunggu untuk bisa mendapatkan tas Hermes Birkin. Purseblog melansir bahwa tak ada yang bisa memastikan siapa yang bisa mendapatkan tas Birkin. 

Perlu Membeli Barang Hermes Lainnya Agar Kebagian Birkin

Hermes Gift SetHermes Gift Set/ Foto: Hermes

Ini jadi salah satu metode yang populer. Rajin membeli produk Hermes lainnya semisal scarf, perhiasan, ataupun baju tak hanya sebagai cara untuk membangun purchase history tapi juga relasi yang baik dengan Sales Advisor.

Selain sebagai cara untuk mendatangkan pundi-pundi selain dari tas, Hermes juga mungkin berharap konsumen bisa mengenal lebih dalam akan produk dan visi dari brand nya.

Sayangnya, cara ini belum juga dapat langsung menjamin kamu bisa langsung dapat tas Birkin.

Tahun 2021 lalu butik Hermes di Beijing dan Shanghai di demo pelanggannya. Pendemo di Shanghai mengungkapkan kepada Jing Daily bahwa ia telah menghabiskan 150 ribu Yuan atau setara Rp 320 jutaan untuk belanja produk di Hermes namun tetap saja belum bisa mendapatkan tas yang diinginkan.

Hal yang perlu diketahui juga adalah, Sales Advisor pun tak tahu kapan Birkin akan tersedia di butiknya. Dan peminat tas ini begitu banyak sementara stok begitu terbatas.

Bisa Jadi Investasi

Hermès Niloticus Crocodile Himalaya Birkin BagHermès Niloticus Crocodile Himalaya Birkin Bag/ Foto: Courtesy of Christie's

CNBC melansir bahwa berdasarkan laporan Knight Frank Luxury Investment Index pada tahun 2019 nilai investasi tas mewah seperti Birkin naik 13 persen.
Meski begitu ada berbagai pertimbangan yang membuat sebuah tas Birkin bisa jadi investasi yang menguntungkan, dalam hal ini dapat dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Pertama jenis kulit, biasanya kulit eksotis seperti alligator punya value yang lebih tinggi. Kedua adalah ukuran. Sekarang ini harga ukuran tas Birkin yang kecil lebih mahal dibanding yang besar. Ketiga, kondisi. Kalau kondisi tas yang dijual tidak mulus lagi tentu memengaruhi harga jual.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id