sign up SIGN UP

Patagonia Serahkan Saham untuk Lawan Perubahan Iklim: "Bumi adalah Satu-Satunya Pemegang Saham Kami"

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 17:45 WIB
Patagonia Serahkan Saham untuk Lawan Perubahan Iklim:
caption

Patagonia kini dimiliki bumi. Langkah besar untuk menyerahkan seluruh kepemilikan saham resmi dipublikasi Yvon Chouinard selaku pendiri Patagonia. Beserta istri dan dua anaknya, Chouinard menjual saham bisnis apparel multinasional itu bukan kepada investor lain, melainkan dialihkan sebagai dana perwalian bertujuan untuk mitigasi iklim dan memperbesar pendanaan organisasi nonprofit.

Selama ini jenama  yang menjual berbagai apparel outdoor itu aktif dalam kampanye lingkungan dan menerapkan donasi sebesar 1% dari penjualan untuk organisasi nonprofit bergerak di bidang lingkungan. Namun komitmen dan aksi ditingkatkan seiring gentingnya krisis iklim. 

“Sejujurnya, tidak ada opsi baik yang tersedia. Jadi kami membuatnya sendiri,” Chouinard menulis pernyataan panjang mengenai keputusannya itu dan dipublikasi di situs resmi Patagonia. “Sebagai ganti mengekstrak nilai dari alam dan mengubahnya menjadi kekayaan untuk investor, kami akan menggunakan kekayaan Patagonia untuk melindungi semua sumber kekayaan.”

Patagonia serahkan saham untuk bumi/
Patagonia serahkan saham untuk bumi/ Foto: instagram.com/patagonia

Chouinard menjelaskan bagaimana ia bisa meraih tujuan itu. Keseluruhan saham Patagonia yang dimiliki keluarga Chouinard senilai 3 miliar USD akan disalurkan untuk dua funding berbeda, yakni 100% voting stock atau saham berhak suara ditransfer ke dana perwalian Patagonia Purpose Trust yang dibuat untuk menjaga nilai dan misi perusahaan, yaitu menyelamatkan bumi.

Sementara 100% nonvoting stock telah diberikan pada Holdfast Collective, yaitu organisasi nonprofit dedikasikan untuk melawan krisis lingkungan dan mempertahankan alam. 

“Pendanaan berasal dari Patagonia: setiap tahun, pendapatan setelah investasi ulang di bisnis akan didistribusikan sebagai dividen untuk membantu memerangi krisis.”

Keluarga Chouinard dan penasehat terdekat akan memonitor dan memastikan seluruh profit Patagonia––sekitar 100 juta USD per tahun––bisa digunakan untuk memerangi krisis iklim dan melindungi lahan yang belum dikelola di seluruh dunia.

Yvon Chouinard, Founder Patagonia/
Yvon Chouinard, Founder Patagonia/ Foto: instagram.com/theradicaledge

Sejak berdirinya Patagonia di tahun 1973, filantropis sekaligus pemanjat tebing usia 83 tahun itu berusaha menerapkan bisnis yang bertanggung jawab. Kini, ia melakukan bagiannya untuk alam. Walaupun begitu, usaha satu orang saja tidak cukup, ia mengingatkan bagaimana pada akhirnya, 50 tahun dari sekarang, semua orang harus ambil peran untuk melakukan apa yang bisa dilakukan demi melindungi bumi.

“Kita bisa menyelamatkan planet jika kita punya komitmen,” tulis Chouinard menutup surat pernyataannya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id