sign up SIGN UP

Kembali Duduki Peringkat Pertama, Ternyata Ini Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2022! Bisa Tebak?

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 19 Aug 2022 14:30 WIB
Kembali Duduki Peringkat Pertama, Ternyata Ini Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2022! Bisa Tebak?
caption

Mengutip Global Citizen, kota-kota di Eropa dan Kanada menduduki peringkat tertinggi dalam Global Liveability Index terbaru. Penilaian tersebut berdasarkan lokasi yang menerima skor hampir sempurna karena kemampuannya dalam menawarkan stabilitas masyarakat, perawatan kesehatan, pendidikan yang kuat, budaya, iklim yang menyenangkan, dan infrastruktur berkualitas.

Vienna menempati peringkat teratas dalam daftar ini yang mana membuat Vienna tiga kali menduduki peringkat pertama sebagai kota paling layak huni di dunia. Tapi, apa saja faktor yang membuat Vienna berhasil duduki peringkat pertama? Melansir Insider, berikut alasannya.

Miliki Arsitektur yang Indah dan Menawan

Alasan Vienna jadi kota layak huni di dunia
Salah satu bangunan di Vienna/Foto: Instagram.com/viennabylocals

Penduduk lokal tidak akan merasa bosan karena Vienna memiliki banyak arsitektur menawan dan indah yang bisa bantu melepas penat. Tidak hanya museumnya saja yang memiliki bangunan unik, toko-toko lokal pun juga memiliki bangunan aesthetic, seperti Starbucks dan H&M.

Selain itu, jarak antara lokasi yang satu dengan lokasi lain tidak terlalu jauh. Di Vienna juga ada area modern seperti MuseumsQuartier, yang sering kali mengadakan pameran.

Transportasi Umum Berfungsi dengan Baik

Alasan Vienna jadi kota layak huni di dunia
Trem, salah satu transportasi umum di Vienna/Foto: Instagram.com/vienna_visitas

Vienna memiliki jaringan trem, kereta bawah tanah, dan bus yang efisien untuk mobilitas masyarakatnya. Semua transportasi umum yang tersedia berfungsi dengan baik dan sangat mudah diakses.

Vienna juga cukup aman bagi pengendara sepeda. Selain itu, jaringan 4G pun mencapai bawah tanah. Semua transportasi dirawat dengan baik dan cukup luas. Bahkan, mereka memiliki trem tua dengan kursi kayu menawan yang masih beroperasi.

Kaya Akan Keragaman Makanan

Alasan Vienna jadi kota layak huni di dunia
Salah satu restoran di Vienna/Foto: Instagram.com/viennatouristboard

Di Vienna, tersedia berbagai macam makanan dari belahan dunia. Mulai dari hidangan tradisional Austria hingga restoran internasional, seperti restoran Israel. Semua bisa ditemukan dengan mudah di Vienna. Kota ini juga ramah untuk orang yang sedang menjalankan program diet, karena Vienna memiliki banyak restoran vegan dan hidangan bebas gluten.

Biaya Sewa yang Terjangkau

ViennaVienna/ Foto: Getty Images/Pintai Suchachaisri

Sebagai salah satu ibu kota di Eropa, biaya sewa di Vienna tergolong murah, lho! Untuk apartemen seluas 45 meter persegi, dikenakan biaya sewa 400 USD atau setara dengan Rp5,9 juta per bulan. Sedangkan untuk apartemen seluas 140 meter persegi dikenakan biaya sewa 1.300 USD atau setara dengan Rp19,3 juta per bulan. Dibandingkan kota-kota besar, seperti New York dan London, biaya sewa tempat tinggal di Vienna masih terhitung murah. 

Ada kota-kota di Austria yang jauh lebih mahal biaya sewanya, seperti Inssbruck dan Salzburg. Menurut masyarakat setempat, biaya sewa tempat tinggal di Inssbruck dan Salzburg tidak sesuai dengan luas properti yang ditawarkan. Sekitar 80 persen masyarakat Vienna adalah penyewa dan lebih dari setengahnya tinggal di perumahan milik pemerintah.

Kotanya Super Bersih

Alasan Vienna jadi kota layak huni di dunia
Penampakan kota Vienna/Foto: Instagram.com/viennabylocals

Tidak hanya cuaca cerah ketika musim panas berlangsung, tapi kamu hanya akan menemukan sedikit sampah dan coretan di gedung-gedung. Udara kota juga terasa sangat segar, serta air mancur tersedia di seluruh kota. Memiliki air yang bersih, tidak heran kalau air keran di Vienna bisa langsung dikonsumsi.

Ada Banyak Hal yang Bisa Dilakukan Sepanjang Tahun

Alasan Vienna jadi kota layak huni di dunia
Wiesn, Oktoberfest ala Vienna/Foto: Freepik.com/octoberfestbrisbane

Vienna memiliki empat musim dan setiap musimnya memiliki kegiatan menarik yang bisa disaksikan atau dilakukan. Di musim panas, masyarakat Vienna suka sekali berenang di Old Danube, sebuah danau yang terletak di pusat kota atau pergi ke bar kanal.

Vienna juga memiliki festival Oktoberfest atau lebih dikenal sebagai Wiesn oleh masyarakat lokal. Di festival ini, semua orang memakai Lederhosen dan Dirndls yang merupakan pakaian tradisional khas Bavaria. Ketika Natal tiba, masyarakat mengubah kota layaknya kota magis dengan menambahkan lampu berkelap-kelip dan udara yang terasa seperti anggur manis.

Selain kotanya yang bersih, biaya sewa yang murah menjadikan faktor utama mengapa Vienna terpilih menjadi kota layak huni. Ditambah dengan fasilitas perumahan milik pemerintah yang membuat tempat tinggal masyarakat jauh lebih mudah. Bagaimana? Kamu tertarik untuk tinggal di Vienna?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id