sign up SIGN UP

Persiapan Salat Ied, Ini Cara Mencuci Sajadah Agar Wangi dan Bebas Bau Apek

Krisyanti asri | Beautynesia
Minggu, 01 May 2022 08:00 WIB
Persiapan Salat Ied, Ini Cara Mencuci Sajadah Agar Wangi dan Bebas Bau Apek
caption

Sajadah adalah alas sholat yang umum terbuat dari bahan karpet. Di masa sekarang, sajadah mempunyai desain yang lebih dinamis dan praktis supaya mudah untuk dibawa bepergian. Seringkali kita melewatkan kesempatan untuk membersihkan sajadah. Meski digunakan saat salat saja, perlengkapan lainnya seperti mukena dan sarung lebih sering dibersihkan daripada sajadah. Apalagi saat salat Eid, kita sering menggelar sajadah di lapangan berumput atau beton dan hanya mengandalkan koran sebagai alas pertamanya. Kotornya tidak hanya di tempat sujud dan kaki, tapi seluruh bagian sajadah akan jadi kotor. Supaya alas salat mu tetap bersih dan nyaman digunakan, yuk kita simak kiat mencuci sajadah berikut ini! 

Perhatikan Bahan Sajadah

Perhatikan petunjuk pencucian di sajadah demi menyesuaikan cara mencuci tergantung jenis bahannya
Petunjuk Pencucian/Foto : woolmark.com

Di tepian sajadah, biasanya disematkan selembar kain kecil bertuliskan petunjuk perawatan. Ada beberapa bahan sajadah yang tidak bisa dicuci dengan mesin, sehingga kamu harus mencucinya menggunakan tangan. Sajadah yang terbuat dari bahan sutera yang lembut bahkan tidak bisa dicuci menggunakan air dan deterjen. Jika sajadahmu adalah bahan karpet yang tebal, mencucinya di dalam mesin cuci sebaiknya dihindari supaya bahan karpetnya awet dan tidak kusut. Untuk memulainya, kamu bisa merendam di air yang sudah dilarutkan deterjen. Kemudian sikat bagian belakang sajadah dengan perlahan, lalu bilas dengan air bersih. 

Pisahkan Dari Pakaian Lain

Cucilah sajadah secara terpisah dari pakaian lain
Pisahkan dari Pakaian Lain/Foto : depositphotos.com/Anton Matyukha

Sajadah yang terbuat dari batik biasanya menggunakan pewarna pakaian yang bisa luntur saat dicuci. Maka itu kamu harus memisahkan sajadah dari pakaian lain demi menghindari resiko kelunturan. Selain menjaga ketahanan serat kain, memisahkan sajadah dari pakaian lain adalah supaya tidak terkontaminasi oleh najis yang berada di pakaian. Karena sajadah adalah alas sholat, proses pencuciannya pun harus dengan air bersih dan suci. 

Menggunakan Cairan Pembersih Noda

Gunakan cairan pembersih noda di bagian sujud yang sering basah dan lembab
Pembersih Noda/Foto : thisoldhouse.com

Bagian sajadah yang paling rentan kotor adalah di tempat sujud. Wajah kita seringkali masih basah ketika bersujud di sajadah. Hal ini bisa menyebabkan sajadah kita timbul noda kuning dan bau apek. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih noda untuk menghilangkan noda kuning di bagian sujud. Setelah dioleskan ke bagian yang terkena noda, sikat lah secara perlahan sampai nodanya hilang. Selanjutnya kamu bisa rendam sajadah di air deterjen untuk kemudian dicuci secara keseluruhan.

Memeras dan Menjemur Sajadah

Jemurlah sajadah di tempat sejuk dengan cara diangin-anginkan
Menjemur di tempat sejuk/Foto : freepik.com/freepik

Setelah selesai proses pencucian, tidak disarankan untuk memeras sajadah terlalu kuat seperti memeras pakaian lain. Memeras sajadah dengan kuat hanya akan merusak bahan pembuatnya, apalagi jika sajadahmu terbuat dari bahan sutera dan beledu. Selesai dibilas dengan air, kamu bisa langsung menggantung sajadah tanpa memerasnya. Jemur lah dengan diangin-anginkan, dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Biarkan air sisa cucian mengalir dengan sendirinya dan sajadah akan kering secara alami. 

Menyimpan Sajadah

Lipatlah sajadah dengan posisi bagian sujud berada di dalam
Menyimpan sajadah/Foto : al-hadaya.com

Jika sedang tidak digunakan, simpanlah di tempat yang sejuk dan tertutup demi terhindar dari debu dan kotoran. Jangan melipat sajadah yang baru digunakan untuk sholat. Biasanya sajadah akan basah di bagian sujud dan pijakan kaki. Kamu boleh menghamparnya sejenak sampai kedua bagian tersebut kering, lalu melipatnya dengan posisi bagian sujud berada di dalam. Hal ini dilakukan untuk menghindari sajadah berbau apek dan lembab, serta timbul noda kuning di bagian sujud dan pijakan kaki.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id