sign up SIGN UP

Sejarah Busana A-Line, Gaya Simpel yang Bawa Perubahan Besar di Dunia Fashion

Henny Alifah | Beautynesia
Sabtu, 12 Feb 2022 14:30 WIB
Sejarah Busana A-Line, Gaya Simpel yang Bawa Perubahan Besar di Dunia Fashion
caption

Seperti namanya, busana A-line merupakan pakaian yang dibuat dengan potongan berbentuk siluet A. Potongan ini bisa diterapkan pada gaun terusan maupun rok.

Menyerupai sudut segitiga, gaun siluet A-line yang kita kenal saat ini punya dua versi. Pertama, tampak ketat dari bahu ke pinggul lalu mekar di bagian rok sehingga kelihatan menyempit di atas dan melebar di bawah. Kedua, tampak mekar sejak dari bahu sehingga tidak memiliki garis pinggul dan semakin melebar ke bawah.

Dior Spring 1947: The New Look
The New Look/ Foto: Serge Balkin untuk Vogue edisi April 1947

Kemunculan gaun A-line tak lepas dari pengaruh rumah mode mewah asal Paris, Dior. Pada tahun 1947 Christian Dior meluncurkan koleksi The New Look. Itu adalah sebuah terobosan besar untuk gaya busana perempuan karena tak lagi membutuhkan korset, rok tebal, serta menjanjikan gerak yang lebih fleksibel.

Dior Spring 1958: The Trapeze line
The Trapeze line/ Foto: museeyslparis.com

Dior lalu kembali mengubah permainan mode di tahun 1950-an dengan menciptakan siluet baru yang lebih modern, muda, dan liberal, yakni A-line. Kala itu, Yves Saint Laurent (penerus Christian Dior) debut sebagai desainer dengan meluncurkan koleksi lengkap yang terdiri dari gaun A-line, yakni Trapeze musim semi 1958. Alih-alih pinggang berkerut khas Dior, Saint Laurent menciptakan siluet yang lebih ringan dan fleksibel dengan sedikit kain.

Jisoo BLACKPINK dengan A-line Dress dari Dior
A-line Dress/ Foto: Instagram.com/dior

Siluet ini sempat tenggelam di tahun 1980-an, kalah pamor dengan siluet structured seperti blazer dengan bahu lebar kala itu. Namun setelah era 80-an, siluet A-line kembali digemari hingga kini dan menjadi siluet klasik yang tak lekang zaman.

Saat ini gaun A-line bahkan menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Siluetnya cocok untuk hampir semua bentuk tubuh karena dapat menyamarkan area pinggul yang mungkin berlebih. Gaun A-Line juga dapat dikenakan di berbagai kesempatan, dengan pemilihan bahan dan detail yang dapat disesuaikan tema dan selera.

Dior Pre-Fall 2022Dior Pre-Fall 2022/ Foto: courtesy of Dior

Sedikit tips, sebaiknya gaun A-line dibuat dengan ukuran panjang tak melebihi lutut. Dengan demikian, gaun tidak terlihat terlalu longgar yang dapat menimbulkan kesan baju terlalu besar. Jika ingin ukuran panjang, sebaiknya buat gaun A-line yang disertai garis pinggul, yakni versi menyempit di atas dan melebar di bawah.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id