sign up SIGN UP

5 Fakta Menarik dari Sejarah Motif dan Logo Ikonis Gucci

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 12 Jan 2022 13:45 WIB
5 Fakta Menarik dari Sejarah Motif dan Logo Ikonis Gucci
caption

Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar kata ‘Gucci’? Monogram ‘GG’ di atas kanvas coklat, logo Double G, dan warna merah hijau mungkin menjadi hal pertama yang terlintas. Identitas visual sebuah brand memang tidak kalah penting dari barang-barang yang diproduksi. Sebagai identitas yang mencirikan sebuah rumah mode, Beauties pasti sudah tidak asing lagi dengan logo dan motif Gucci yang omnipresent atau ditemukan di mana-mana itu. 

Sejak didirikan pada tahun 1921 oleh Guccio Gucci, rumah mode Gucci telah mengalami banyak perubahan logo. Salah satu yang paling diingat adalah logo ‘double G’ yang saling terkoneksi. Logo Gucci dan motif monogram yang sangat familiar ini menandakan sebuah kemewahan dan kualitas tinggi, tepat seperti nilai-nilai yang dijunjung rumah mode asal Italia ini. Emblem sederhana Gucci menjadi salah satu faktor yang menarik konsumen oleh karena makna prestise kuat dibaliknya. Beauties, simak beberapa fakta menarik dari sejarah logo dan motif ikonis Gucci ini yuk!


1. Label Gucci Tahun 1922

Label Gucci di tahun 1922/
Label Gucci di tahun 1922/ Foto: pinterest.com/twitter.com/satisfashion4it

Guccio Gucci sempat bekerja di sebuah hotel di Paris dan London sebelum memulai bisnisnya. Memerhatikan gaya mewah nan sempurna dari pengunjung hotel, ia pun tergerak untuk mendirikan rumah mode miliknya sendiri di Florence, Italia. Walaupun Gucci didirikan tahun 1921, rumah mode yang awalnya memproduksi barang-barang berbahan kulit tersebut belum mempunyai logo resmi selama beberapa tahun. Di awal masa berdiri, tepatnya tahun 1922, Guccio Gucci hanya memberi label tulisan G. Gucci––sebuah identitas yang diambil dari namanya sendiri.

2. Logo Resmi ‘Double G’ Kreasi Aldo Gucci yang Ikonis

Logo Gucci 'double G'/
Logo Gucci 'double G'/ Foto: pinterest.com/polyvore.com

Gucci akhirnya memiliki logo resmi setelah Aldo Gucci merancangnya di tahun 1933, yakni logo kapital ‘double G’ yang terkoneksi satu sama lain dan seakan membentuk rantai. Pada tahun 1955, logo Gucci yang menyimbolkan Guccio Gucci menjadi trademark. Tentu Beauties pernah melihat logo ini bukan? Banyak yang beranggapan logo double G bermakna kekuatan dan beberapa lainnya menyebutnya sebagai tanda kemegahan. Apapun maknanya, logo timeless ini sukses di bawa ke era modern dan masih menjadi ikon dari Gucci. 

3. Monogram Print yang Klasik

Monogram print pada Gucci Dionysus bag/
Monogram print pada Gucci Dionysus bag/ Foto: pinterest.com/gucci

Monogram print di mana dua huruf G saling berhadapan dan terbalik merupakan sebuah motif trademark Gucci yang diketahui semua orang. Monogram ini sudah tercipta sejak awal tahun 1960-an lho, Beauties! Kakak-beradik Aldo, Rodolfo, dan Vasco Gucci bertanggung jawab atas desain dan produksi. Selain logo ‘double G’, mereka mengkreasikan monogram ciri khas Gucci. Desain tak lekang waktu tersebut memang disukai banyak orang, termasuk publik figur seperti Jackie Onassis Kennedy hingga Grace Kelly!

4. Motif Flora Khas Gucci

Motif flora terinspirasi dari Grace Kelly/
Motif flora terinspirasi dari Grace Kelly/ Foto: pinterest.com/gracie-bird.tumblr.com

Fashion stylist ternama, Kate Young, menjelaskan dalam salah satu video di kanal YouTube miliknya bahwa motif flora yang menjadi ciri khas Gucci berawal dari sebuah hadiah untuk Putri Monako, Grace Kelly. Ia berbelanja di salah satu toko Gucci dan mencari scarf motif flora. Namun, Gucci berpikiran lain, mereka ingin membuatkan sesuatu yang spesial untuk perempuan berdarah Amerika ini. Gucci pun membuat scarf bermotif flora terdiri dari 37 warna berbeda dalam ilustrasi 4 buket bunga, merepresentasikan 4 musim yang berbeda. Motif tersebut masih memiliki daya tarik hingga saat ini dan bisa ditemukan pada berbagai macam produk Gucci.

5. Pemalsuan Logo dan Motif yang Dijadikan Inspirasi

Gucci 'Not Fake Gucci' tshirt/
Gucci 'Not Fake Gucci' tshirt/ Foto: pinterest.com/Amazing Deal 4 You

Sejak Alessandro Michele mengepalai Gucci sebagai creative director, publik kembali dibawa dalam nostalgia ke masa di mana motif, logo, bahkan desain klasik kembali diangkat. Suntikkan modern dan fantasi dari Alessandro Michele membawa udara segar bagi rumah mode yang sudah 100 tahun berdiri tersebut. Salah satunya pemalsuan ciri khas logo dan motif Gucci justru digenggam dan dijadikan sebuah ide kreatif baru koleksi yang justru terkesan witty. Logo terbaru Gucci berbentuk double G menumpuk dan berorientasi ke kanan juga diperkenalkan Alessandro Michele tahun 2019.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id