sign up SIGN UP

Seperti Ratu Letizia, Putri Leonor dan Infanta Sofia Juga Terapkan Gaya Sustainable Fashion

Henny Alifah | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 08:30 WIB
Seperti Ratu Letizia, Putri Leonor dan Infanta Sofia Juga Terapkan Gaya Sustainable Fashion
caption

Siapa sangka, kalangan bangsawan dari kerajaan Eropa maupun Asia kerap berada di barisan terdepan dalam mendukung tren sustainable fashion. Mereka bahkan telah menerapkan gaya yang ramah lingkungan ini sebelum sustainable fashion menjadi istilah populer seperti sekarang.

Dengan sorot kamera yang terus mengikuti ke manapun pergi, mereka tidak gengsi memakai kembali sebuah outfit, mendaur ulang baju lama, sampai berbagi atau bertukar pakaian dengan sesama anggota keluarga yang lain. Gestur fashion ramah lingkungan seperti itulah yang juga tampak dari berbagai gaya elegan Ratu Letizia.

Ratu Letizia mengenakan kembali Maje organza dress untuk acara National Culture Awards 2020 di Museum Prado, Madrid, 13 Juli 2022
Ratu Letizia repeating outfit Maje organza dress/ Foto: Casa de S.M el Rey

Ratu dari Spanyol ini cukup dikenal luas suka memakai gaya repeating outfit. Ia biasa mengenakan outfit yang sama berulang kali. Salah satunya tampak pada momen penyerahan penghargaan National Culture Awards 2020 yang berlangsung 13 Juli 2022 di Museum Prado, Madrid.

Ratu Letizia mengenakan Maje 'Roane' organza belted midi dress in pink. Gaun organza yang sama pernah ia pakai tiga tahun sebelumnya, tepatnya pada 13 November 2019. Kala itu, ia memakai gaun tersebut untuk menghadiri sebuah acara Kedutaan Spanyol di Havana, Kuba. Bedanya, kini ia melepas sanggulnya dan memilih tatanan rambut yang digerai bebas.

Ratu Letizia mengenakan gaun Putri Leonor, Dandara printed shirt dress di acara UNICEF Spanyol, 27 Juli 2022
Ratu Letizia kenakan gaun Putri Leonor, Dandara printed shirt dress/ Foto: Casa de S.M el Rey

Di sisi lain, Ratu Letizia juga beberapa kali tampil memakai gaun-gaun dari lemari pakaian anggota keluarganya yang lain. Awal tahun 2022 ini misalnya, ia mengenakan gaun Valentino milik ibu mertuanya, Ratu Sofia. Itu adalah gaun vintage dengan siluet sheer blouse floral pink dan rok hijau emerald yang terakhir dipakai Ratu Sofia pada tahun 1977.

Lalu belum lama ini, Ratu Sofia menghadiri konferensi UNICEF Spanyol pada 27 Juli 2022 dengan mengenakan shirt dress milik putrinya, Putri Leonor. Itu adalah shirt dress bercorak merah dari label Dandara yang dibanderol seharga sekitar Rp600 ribu.

Infanta Sofia dan Putri Leonor di Teatros de El Canal, 25 Juni 2022
Infanta Sofia dan Putri Leonor di Teatros del Canal, Madrid/ Foto: Instagram/josegegundez

Putri Leonor mengenakan gaun tersebut saat menyaksikan pertunjukan De Sheherazade arahan Maria Pages di Teatros del Canal, Madrid, pada 25 Juni 2022. Bersamanya, datang pula Raja Felipe VI, Ratu Letizia, dan Infanta Sofia.

Like mother like daughter, Putri Leonor dan Infanta Sofia rupanya juga suka menerapkan konsep sustainable fashion dalam berbusana sehari-hari. Salah satunya bisa dilihat dari outfit Infanta Sofia saat menyaksikan pertunjukan di Teatros del Canal itu. Infanta Sofia mengenakan floral mini dress Zara nuansa biru kehijauan milik Putri Leonor, kakaknya.

Putri Leonor, Ratu Letizia, Infanta Sofia di Palma de Mallorca, 7 Agustus 2021
Putri Leonor, Ratu Letizia, Infanta Sofia di Real Club Nautico de Palma/ Foto: Instagram/josegegundez

Sebelumnya, gaun Zara tersebut dipakai Putri Leonor pada 7 Agustus 2021 di Real Club Nautico, kala merayakan kemenangan Joan Cardona di Olimpiade Tokyo 2020. Saat beralih dipakai Infanta Sofia, gaun tersebut mendapat tambahan jaket denim Boss yang chic sebagai outer.

Sementara tampaknya isi lemari pakaian Putri Leonor populer dipinjam adik dan ibunya, Putri Mahkota yang satu ini kelihatan memakai kembali outfit lamanya saat liburan di Palma de Mallorca pada 10 Agustus 2022. Ia mengenakan Mango strawberry pink floral print 'Mallorca' dress beraksen wrap, yang sebelumnya pernah ia pakai untuk acara makan malam keluarga di Ses Voltes,  8 Agustus 2021.

Putri Leonor dan Infanta Sofia di Dali Theatre-Museum, 3 Juli 2022
Putri Leonor dan Infanta Sofia di Dali Theatre-Museum/ Foto: Instagram/josegegundez

Infanta Sofia juga pernah mengenakan kembali gaun Claudie Pierlot-nya saat kunjungan ke Dali Theatre-Museum pada 3 Juli 2022. Gaun viscose bernuansa boho tersebut sebelumnya ia pakai saat upacara Hari Nasional Spanyol, 12 Oktober 2021.

Permainan gaya repeating outfit ala Putri Leonor dan Infanta Sofia tak hanya berhenti di situ saja. Masing-masing punya tiga pasang sepatu espradilles favorit yang terus dipakai berulang di sepanjang tahun 2022 ini. Label kesayangan mereka di antaranya adalah Macarena, Polin et Moi, dan Mint and Rose.

Dengan isu limbah fashion yang kian mengancam planet bumi, sosok panutan seperti Ratu Letizia, Putri Leonor, dan Infanta Sofia sudah memulai gaya slow fashion yang lebih ramah lingkungan. Apakah Beauties tertarik mengikuti jejak mereka?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id