STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Benarkah Chemical Sunscreen yang Ada di Rak Skincaremu Bisa Merusak Laut? Ini Faktanya!

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 07:15 WIB
Benarkah Chemical Sunscreen yang Ada di Rak Skincaremu Bisa Merusak Laut? Ini Faktanya!

Beauties, kalau kamu mau main ke daerah pantai, barang apa sih yang paling wajib untuk dibawa? Selain baju renang, tentunya sunscreen juga dong. Kalo nggak bawa sunscreen rasanya kurang pol banget kan?

Sunscreen memang berfungsi banget untuk menjaga kulit kita dari sinar matahari. Dan sunscreen yang umumnya dipakai banyak orang adalah chemical sunscreen.

Tapi ternyata, saat sunscreen menjaga kulit kita, ada kehidupan lain yang ternyata terancam rusak. Yes, tanpa kita sadari, kehidupan laut seperti terumbu karang terancam rusak karena sunscreen loh, Beauties.

Ini faktanya mengapa chemical sunscreen bisa merusak laut. Simak yuk!

1. Bahan Berbahaya untuk Laut

Cek Kandungan Chemical Sunscreen Sebelum Ke Pantai/Foto : pexels.com/Kampus Production
Cek Kandungan Chemical Sunscreen Sebelum Ke Pantai/Foto : pexels.com/Kampus Production

Bahan yang bagus untuk kulit kita ternyata bisa jadi racun pembunuh untuk biota laut. Dikutip dari National Ocean Service, ini list bahan apa saja dalam chemical sunscreen yang bisa merusak biota lau :

Oxybenzone Benzophenone-1 Benzophenone-8 OD-PABA 4-Methylbenzylidene camphor 3-Benzylidene camphor nano-Titanium dioksida nano-Zinc oxide Octinoxate, Octocrylene.

Mulai sekarang lebih aware lagi yuk Beauties untuk cek bahan dalam sunscreen kamu. Apalagi kalau tujuannya untuk dipakai ke daerah laut.

2. Dampaknya pada Terumbu Karang

Tumbuh Butuh Ratusan Tahun, Rusak Hanya Dalam 40 Hari/Foto : sustainabletravel.org/Sustainable Travel International
Tumbuh Butuh Ratusan Tahun, Rusak Hanya Dalam 40 Hari/Foto : sustainabletravel.org/Sustainable Travel International

“Tapi kan kita nggak menginjak terumbu karang. Kok bisa merusak?’’. Mungkin itu pertanyaan yang berputar di kepala kamu. Psst, bahan chemical sunscreen yang berbahaya lebih merusak daripada menginjak terumbu karang loh, Beauties.

Kita ambil 1 contoh bahan, Oxybenzone. Oxyenzone bisa menyebabkan keracunan pada terumbu karang. Selain itu, bisa merusak jaringan alga pada terumbu karang dan menyebabkan penyakit The White Syndrome.

Dilansir dari Sustainable Travel International, The White Syndrome adalah penyakit ketika terumbu karang kehilangan alga yang melindunginya. Jaringan alga akan rusak dan mati sehingga terumbu karang akan memutih seperti tulang.

Kondisi ini bikin terumbu karang tidak punya pertahanan lagi dan akhirnya mati. Fenomena pemutihan karang ini bisa terjadi dalam 40 hari nih Beauties. Padahal jaringan alga butuh ratusan tahun untuk bisa tumbuh di terumbu karang.

3. Dampak Pada Biota Laut

Foto : oceanservice.noaa.gov/National Ocean Service
Chemical Sunscreen Berdampak Buruk Pada Hewan Laut Juga/Foto : oceanservice.noaa.gov/National Ocean Service

Mengingat terumbu karang adalah rumah bagi biota laut lainnya, maka rusaknya terumbu karang akan kasih dampak juga. Beribu jenis hewan laut akan kehilangan rumah dan tempat makan mereka.

Efek bahan berbahaya dari bahan chemical sunscreen juga bisa berdampak langsung pada tanaman dan hewan laut lainnya. Beberapa contohnya nih Beauties, bisa merusak pertumbuhan dan fotosintesis ganggang hijau.

Pada hewan laut, bisa merusak kerang, mengganggu imun dan reproduksi bulu babi, bisa menumpuk pada jaringan tubuh lumba-lumba dan diteruskan ke anak-anaknya. Juga bisa mengganggu tingkat kesuburan dan reproduksi ikan.

4. Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Beralih ke Physical Sunscreen Kalau Mau ke Pantai/Foto : pexels.com/RF ._. studio
Beralih ke Physical Sunscreen Kalau Mau ke Pantai/Foto : pexels.com/RF ._. studio

Mengutip Mongabay.co.id, tentu saja kita harus mulai aware! Dimulai dari lebih teliti lagi membeli sunscreen yang akan Beauties gunakan di pantai.

Memang tidak semua jenis sunscreen mengandung bahan berbahaya yang sudah disebutkan. Bahan-bahan berbahaya itu banyaknya ada pada chemical sunscreen.

Beauties bisa mulai mengganti chemical sunscreen ke physical sunscreen kalau mau main ke daerah laut. Meskipun belum ada penelitian lagi tentang ambang batas yang aman, tapi bahan-bahan physical sunscreen dinilai lebih ramah pada habitat laut.

Oh ya, Oxybenzene juga sering ada pada produk makeup. Jadi, kalau kamu mau berenang ke pantai atau snorkeling, pastikan wajah kamu tidak memakai makeup dengan bahan berbahaya di atas ya.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak jenis pantai dan biota laut, udah jadi kewajiban kita nih Beauties untuk lebih peduli lagi menjaga laut. Kalau bukan kita, siapa lagi?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

RELATED ARTICLE