STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Uniqlo dan Desainer Adrie Basuki Daur Ulang Pakaian Sisa Jadi Koleksi Busana yang Stylish

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Senin, 03 Oct 2022 17:45 WIB
Uniqlo dan Desainer Adrie Basuki Daur Ulang Pakaian Sisa Jadi Koleksi Busana yang Stylish

Uniqlo buktikan komitmennya dalam hal fashion yang berkelanjutan lewat "Remake Project" di mana turut menggandeng desainer Indonesia, Adrie Basuki untuk bekerja sama. Merupakan bagian dari kampanye Re.Uniqlo, dalam 'Remake Project' ini Adrie diberi kesempatan untuk merancang koleksi dari kumpulan pakaian Uniqlo yang sudah tidak dipakai.

Bertempat di Menara Astra, pada 29 September 2022 lalu, Adrie Basuki dan Uniqlo pun mempresentasikan koleksinya. Terdiri dari 40 pakaian, koleksi ini terinspirasi dari "Godai" dan dikemas ke dalam lima elemen kehidupan dalam budaya Jepang yakni Bumi, Air, Api, Angin, dan Langit.

Patchwork yang memang jadi ciri khas desain Adrie ditampilkan dalam berbagai siluet yang kontemporer dan terinspirasi dari budaya Jepang seperti jaket kimono. Sweater hadir dengan aksen denim cuff yang dibuat dari bagian pinggang jeans. Koleksi pakaian yang wearable khas Uniqlo tampak berpadu apik dengan visi desain Adrie Basuki yang eklektik.

Re.Uniqlo Remake ProjectRe.Uniqlo Remake Project/ Foto: Uniqlo

Sejumlah selebriti juga turut berjalan jadi model yakni Happy Salma dan Cynthia Ganesha.

Keseluruhan pakaian tersebut dihasilkan dari proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70% pakaian Uniqlo yang tidak terpakai yang dikumpulkan dari para pelanggan melalui Re.Uniqlo box yang tersedia di seluruh toko Uniqlo di Indonesia.

Re.Uniqlo Remake ProjectRe.Uniqlo Remake Project/ Foto: Uniqlo

"RE.UNIQLO: Remake Project merupakan salah satu implementasi dari program RE.UNIQLO dalam memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang. Proyek ini juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan," ujar Daniel Pieter, Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia).

Meski belum dijual ke publik, namun proyek ini setidaknya bisa jadi contoh lain bahwa limbah fashion bisa diminimalisir dan bisa jadi medium kreativitas lainnya. Kamu bisa melihat dari dekat dari koleksi ini di Gedung Sarinah.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE