sign up SIGN UP

Vogue Dikecam Pasca Hapus Kata 'Palestina' Pada Unggahan Mengenai Aksi Amal Gigi Hadid

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 10 Mar 2022 13:00 WIB
Vogue Dikecam Pasca Hapus Kata 'Palestina' Pada Unggahan Mengenai Aksi Amal Gigi Hadid
caption
Jakarta -

Majalah Vogue dapat kritikan keras setelah sempat menghapus kata 'Palestina' pada pemberitaannya mengenai aksi sosial Gigi Hadid.

Supermodel yang memang memiliki keturunan Palestina dari sang Ayah tersebut, baru-baru ini mengumumkan bahwa ia akan menyumbangkan pendapatannya selama fashion week musim fall/winter 2022 untuk Ukraina dan Palestina.

"Memiliki jadwal fashion show selama satu bulan membuat saya dan kolega saya akan sering menampilkan koleksi fashion terbaru di tengah situasi yang memilukan dan traumatis dalam sejarah. Kami tidak memiliki kontrol atas jadwal pekerjaan, namun kami mau berjalan untuk sesuatu. Mengikuti langkah yang telah diambil teman (dan rekan model) @micaarganaraz, saya akan mendonasikan pendapatan saya dari peragaan musim gugur 2022 untuk mereka yang terdampak perang Ukraina , sembari terus memberi dukungan bagi mereka yang mengalami hal serupa di Palestina. Mata dan pikiran kita mesti terbuka melihat ketidakadilan yang ada. Semoga kita bisa menganggap satu sama lain sebagai saudara, tanpa melihat politik, ras, agama. Pada akhirnya jiwa yang tak berdosa yang menjadi korban perang bukan para pemimpin.HANDS OFF UKRAINE. HANDS OFF PALESTINE. PEACE. PEACE. PEACE. " tulisnya.

Laman Gawker melaporkan bahwa awalnya Vogue sempat mengunggah caption Gigi Hadid secara lengkap di media sosial Instagramnya. Beberapa netizen juga sempat mengkritisi isi tulisan Gigi Hadid yang menyamakan perang di Ukraina dan Palestina. Dan menyebut Vogue sedang menyebarkan paham anti-semit.

[Gambas:Instagram]

Vogue kemudian menghapus kata 'Palestina'. Namun aksi ini justru kian mendapat kecaman.

"Smh. Absolutely ridiculous, is Vogue forgetting that Gigi LITERALLY Palestinian? Are they going to censor her ethnicity too?" komentar akun ameer pada unggahan Diet Prada terkait kontroversi ini.

Moschino fall/winter 2022Moschino fall/winter 2022/ Foto: Alessandro Lucioni / Gorunway.com/Vogue

Tak berapa lama ketika kecaman makin lantang, Vogue kembali mengunggah berita ini dan menulis secara lengkap pernyataan Gigi Hadid sembari memberi keterangan, "Kami telah memperbarui caption ini untuk menampilkan secara akurat keterangan dari Gigi Hadid mengenai donasinya'.

Anehnya pada judul artikel yang dimuat di situs Vogue, meski pada isi artikel menuliskan kata Palestina, namun di bagian judul tetap hanya tertulis 'Gigi Hadid Akan Sumbangkan Pendapatannya Selama Bulan Fashion Ini untuk Ukraina'.

Michael Kors Collection Fall/Winter 2022Michael Kors Collection Fall/Winter 2022/ Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue

Belum ada keterangan resmi dari Vogue mengenai kontroversi ini. Namun seperti dilaporkan oleh Gawker membicarakan mengenai Palestina masih dianggap tabu di kalangan selebriti. Selain Gigi dan Bella Hadid yang konsisten dan lantang menyuarakan aspirasinya terkait hal ini, beberapa selebriti yang pernah berbicara akan Palestina juga sempat mendapat kecaman.

Seperti Mark Ruffalo, aktor pemeran karakter Hulk tersebut akhirnya meminta maaf pasca menyebut peristiwa yang terjadi Palestina sebagai genosida. Emma Watson juga pernah dianggap anti-semit pasca menyuarakan dukungannya pada Palestina.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id