sign up SIGN UP

10 Daftar Kunci Hidup Tenang ala Orang Cerdas, Ada yang Pernah Kamu Coba Lakukan Juga?

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 21:00 WIB
10 Daftar Kunci Hidup Tenang ala Orang Cerdas, Ada yang Pernah Kamu Coba Lakukan Juga?
caption
Jakarta -

Memiliki hidup yang tenang adalah harapan kita semua, termasuk kamu juga kan, Beauties? Namun kembali lagi, namanya hidup sering kali ada banyak hal yang tak terkendali yang bisa membuat menjadi kalang kabut sendiri. 

Mengatasi hal ini, orang cerdas ternyata punya 'kunci' tersendiri agar punya hidup tenang. Mereka memiliki kemampuan untuk mengelola emosi dan tetap tenang di bawah tekanan yang sedang terjadi. 

Berikut ini adalah deretan kunci hidup tenang ala orang cerdas, yang bisa turut kamu lakukan juga, Beauties. Apa saja, simak yuk!

1. Menghargai Apa yang Dimiliki

Merenung dan mengevaluasi diri perlu dilakukan/pexel.com/anastasia shuarevaIlustrasi Merenung/Foto: Pexel.com/anastasia shuareva

Cara hidup tenang orang cerdas yang pertama adalah mereka akan selalu meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang mereka miliki. Selanjutnya, mereka akan mensyukuri tentang apa yang terjadi saat ini dan apa yang mereka miliki. 

Cara ini bisa meningkatkan suasana hatinya menjadi lebih baik, karena mengurangi hormon stres kortisol sebesar 23 persen. Bahkan, penelitian yang dilakukan di University of California, menemukan fakta bahwa orang yang bekerja setiap hari untuk menumbuhkan sikap syukur mengalami peningkatan suasana hati, energi, dan kesejahteraan fisik. 

Karena ini, jangan lupa untuk selalu bersyukur setiap waktu ya, Beauties!

2. Menghindari Pertanyaan Overthinking "Bagaimana Jika?"

Siapa sangka, pernyataan sederhana "bagaimana jika?" adalah sumbu pemicu stres dan khawatir lho!

Karena hal ini, demi punya hidup tenang mereka akan menghindari pertanyaan overthinking tersebut. Mereka akan lebih terfokus menjalani apa yang memang harus dijalaninya di depan mata. Banyak orang cerdas juga yang tak ragu untuk ambil risiko besar.

3. Tetap Berusaha Berpikir Positif

Tak selalu mulus, sering kali kita dihadapkan dengan segala sesuatu yang berjalan buruk. Saat hal ini terjadi, seringkali pikiran negatif mendadak memenuhi otak kita. 

Mengatasi hal ini, berusahalah untuk selalu berpikir positif. Pikirkan dan renungkan segala hal baik yang bisa membuatmu bahagia, untuk mengalihkannya.

4. Memutuskan Segala yang Mengganggu

Aplikasi chattingTidak Bermain Ponsel/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Jangan membuat hidupmu 24/7 untuk pekerjaan. Sebab, hal ini bisa memicu stres yang cukup tinggi. Kamu perlu memaksakan diri untuk mematikan ponsel sejenak agar lebih tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti istirahat dari email bisa menurunkan tingkat stres.

5. Membatasi Asupan Kafein Sehari-hari

Demi punya hidup yang lebih tenang, orang cerdas akan membatasi asupan kafeinnya sehari. Memang meminum kopi sembari kerja bisa bikin mata melek, tapi saat kafein menempatkan otak dan tubuh yang sedang stres berlebih, emosi akan menguasai perilakumu.

6. Memilih untuk Tidur

Pikiran mumet dan stres, cara sederhana yang bisa dilakukan adalah memaksakan diri untuk tidur. Sebab, saat tidur otak akan terisi ulang, sehingga kamu akan bangun dengan waspada dan pikiran jernih. 

Bahkan, sudah banyak yang mengungkapkan juga jika kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon stres dengan sendirinya. Maka, tidurlah tepat waktu dan luangkan tidur sejenak saat lagi stres. 

7. Tidak Melakukan Self Talk Negatif

Berbagai manfaat bicara sendiri atau self talk secara psikologis/freepik/kroshka_nastyaSelf Talk/Foto: Freepik/kroshka_nastya

Banyak orang cerdas yang memiliki kebiasaan berbicara sendiri. Namun, bukan hal negatif yang dibicarakan bersama dirinya sendiri, tapi adalah sekumpulan pembicaraan positif. 

Sebagai langkah besar mengelola stres, mereka menghentikan self talk yang negatif. Sebab, self talk negatif tersebut hanya pikiran belaka saja dan bukan fakta.

8. Membingkai Ulang Perspektif

Stres dan kekhawatiran dipicu oleh perspektif miring kita tentang berbagai peristiwa. Sama halnya seperti kita, orang cerdas pun tidak dapat mengontrol suatu keadaan, tapi mereka bisa mengontrol bagaimana menanggapinya. 

Orang cerdas akan membingkai ulang perspektifnya menjadi lebih baik dan positif. Dengan ini, pikiran tenang pun bisa didapatkan.

9. Latihan Mengelola Emosi dengan Bernapas

Cara termudah untuk menghentikan stres adalah cukup latihan mengelola emosi dengan bernapas. Saat sedang merasa stres, orang cerdas akan meluangkannya waktu beberapa menit untuk fokus bernapas sembari mengelola emosi mereka. Menggeser dari keramaian, fokus dengan diri sendiri, tarik nafas panjang, dan hembuskan perlahan sampai tenang.

10. Curhat ke Teman Terdekat

Taurus adalah seorang pendengar yang baik/Foto: freepik.com/prostoolehCurhat/Foto: freepik.com/prostooleh

Satu hal ini pasti sering kita lakukan juga bukan? Yaps, saat sedang dilanda stres dan terasa sudah lelah dengan semuanya, orang cerdas pun memilih curhat ke teman terdekat yang mereka percaya. Mereka meminta bantuan agar tingkat stresnya bisa berkurang. 

Beauties, seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com, itu dia deretan kunci hidup tenang ala orang cerdas. Kamu bisa ikutan menconteknya ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id