Profesionalisme merupakan aspek penting di dunia kerja karena menjadi cerminan sikap, etika, dan komitmen seseorang dalam menjalankan tugas. Kesan profesional tidak hanya membuat rekan kerja maupun atasan merasa lebih percaya, tetapi juga dapat membuka peluang karier yang lebih luas, mulai dari promosi hingga kesempatan bekerja di lingkungan yang lebih baik.
Menariknya, membangun citra diri dan kesan profesional sering kali tidak memerlukan hal-hal besar, melainkan dari detail kecil yang terlihat sepele yang pada akhirnya bisa memberi perbedaan besar terhadap bagaimana kamu dinilai di dunia kerja. Mau tahu apa saja hal-hal yang bisa meningkatkan citra profesionalmu? Simak ulasan yang dilansir dari Aurosign berikut ini!
Konsisten Menjaga Kontak Mata
Menjaga kontak mata bisa menjadi salah satu cara tampil profesional dalam berbagai situasi/Foto: Freepik/katemangostar |
Menjaga kontak mata adalah salah satu cara paling sederhana untuk menunjukkan kepercayaan diri sekaligus keterlibatan dalam percakapan. Jika kamu terlalu sering memalingkan pandangan, orang lain bisa mengira kamu sedang tidak fokus atau ragu dengan ucapanmu.
Sebaliknya, ketika kamu menatap lawan bicara dengan wajar—tidak menatap tajam dan tidak juga menghindar—interaksi akan terasa lebih natural. Sesekali mengalihkan pandangan sebentar juga sah-sah saja agar suasana tetap nyaman.
Selain itu, yang tak kalah penting, gunakan kontak mata saat ingin menegaskan hal-hal tertentu. Meskipun terlihat sepele, kebiasaan ini dapat membangun kedekatan dan menunjukkan bahwa kamu benar-benar hadir dan terlibat dalam obrolan.