sign up SIGN UP

4 Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Tahan Diri Buat Bertanya 'Kapan Punya Anak' Pada Mereka yang Sudah Menikah

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 07 Aug 2022 07:30 WIB
4 Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Tahan Diri Buat Bertanya 'Kapan Punya Anak' Pada Mereka yang Sudah Menikah
Ilustrasi pasangan tanpa atau belum punya anak/ foto: pexels/ andre furtado
Jakarta -

Beauties, apakah ketika kumpul keluarga, kamu sering penasaran dan segera bertanya pada saudara perempuanmu yang baru menikah, apakah dia sudah hamil atau belum? Atau, menanyakan mereka kapan anaknya memiliki adik?

Meski kelihatannya bisa saja, atau sudah menjadi lumrah bahwa orang yang menikah akan segera punya anak, tapi hal ini bisa menjadi sesuatu yang tidak mudah bagi beberapa orang lho, Beauties.

Itu karena ada beberapa alasan di belakangnya, yang terkadang belum atau tidak ingin mereka bagikan. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang bersifat pribadi.

Terlebih bila kamu nggak dekat-dekat amat, lebih baik tidak perlu ditanya, apalagi di depan umum. Untuk menjaga perasaan dan menjawab rasa penasaranmu, berikut adalah alasan mengapa sepasang suami istri belum atau mungkin tidak ingin punya anak.

Memang Memilih Childfree

Sisi positif dan negatif dari tren childfreeIlustrasi pasangan memilih childfree/ Foto: Freepik.com

Nyatanya tidak semua pasangan menikah untuk mempunyai keturunan, Beauties. Dilansir dari Today, pasangan yang memilih untuk childfree salah satu alasannya karena memandang pernikahan sebagai jenjang hidup ketika dia bisa memfokuskan cinta pada pasangannya.

Sebagian dari mereka juga menganggap bahwa memiliki anak akan membuat kehidupan mereka tidak lagi sebebas dulu, dan banyak yang harus dikorbankan demi mengasuh anak, salah satunya biaya hidup yang ditambah anak jelas nggak murah.

Masih Belum Cukup Siap

Mengutip dari Bustle, tidak semua pasutri bisa langsung siap memiliki anak, baik secara finansial, sosial, maupun mental. Mereka belum cukup siap untuk mengubah jam tidur atau tidurnya diganggu oleh tangisan bayi. Mereka pun belum siap jika kehidupan sosialnya menjadi berkurang karena fokus merawat anak. Selain itu, dibutuhkan kematangan sikap dan mental untuk membimbing pertumbuhan dan perkembangan anak.

Masalah Kesuburan

Lamanya menanti keturunan juga erat hubungannya dengan masalah kesuburan. Mengutip dari MRM, adanya masalah pada sperma maupun sel telur, masalah pada proses ovulasi, dan kelainan pada organ reproduksi adalah beberapa contoh faktor penghambat kehamilan. Gangguan-gangguan tersebut bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat hingga kelainan genetik.

Ilustrasi Pasangan Suami IstriIlustrasi pasangan suami istri/ Foto: Getty Images/iStockphoto


Keterbatasan Ekonomi

Poin ini berkaitan dengan poin pertama dan kedua nih, Beauties. Keterbatasan ekonomi memiliki peran dalam memiliki anak atau tidak. Bisa saja pasangan tersebut menunda kehamilan karena pertimbangan kondisi finansial mereka yang belum cukup untuk membiayai program hamil, maupun untuk memenuhi segala keperluan bayi yang mencakup pakaian, alat mandi, tambahan susu formula, biaya berobat dan imunisasi, dan sebagainya, bila ditambah biaya yang saat ini sedang berjalan, seperti cicilan rumah, kendaraan, dan lainnya.

Ternyata ada banyak alasan kenapa pasangan belum kelihatan punya momongan ya, Beauties! Sekali lagi, untuk saling menjaga perasaan, sebaiknya kamu tidak perlu bertanya atau tiba-tiba memberi saran bila kondisinya memang sedang nggak mendukung untuk itu. Pasalnya ini bisa jadi permasalahan yang sangat sensitif dan kondisi setiap orang yang berbeda. Sehingga apa yang tampak mudah bagimu, tidak selalu demikian buat yang lain.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id