sign up SIGN UP

Menang Gugatan, Perempuan di China Ini Berhasil Rebut Kembali Harta Rp8,3 Miliar yang Diberikan Suami ke Selingkuhan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 13:00 WIB
Menang Gugatan, Perempuan di China Ini Berhasil Rebut Kembali Harta Rp8,3 Miliar yang Diberikan Suami ke Selingkuhan!
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/solidcolours
Jakarta -

Baru-baru ini perhatian masyarakat China tertuju pada seorang perempuan bernama Li yang berhasil memenangkan gugatan pengadilan atas perselingkuhan suaminya. Li menggugat perempuan yang diduga pacar sang suami, Xiaoxia (nama samaran), untuk mengembalikan uang sebesar 3,79 juta yuan atau setara Rp8,3 miliar yang diberikan suaminya kepada Xiaoxia selamat 14 tahun.

Pengadilan China menganggap perselingkuhan tersebut sebagai 'melawan kebiasaan umum'. Kasus ini menarik perhatian warga China karena jarang terjadi seorang perempuan dapat merebut kembali harta yang diberikan karena kurangnya bukti atau pengetahuan secara hukum tentang hak-hak mereka. 

Dilansir dari South China Morning Post, Li dan suaminya yang bermarga Wang, telah menikah sejak 1991. Perselingkuhan Wang menarik perhatian Li dua tahun lalu ketika dia mengetahui bahwa suaminya telah mengirim uang ke Xiaoxia. 

Wang sendiri mengaku memang memiliki hubungan dengan Xiaoxia, dan mengungkapkan bahwa mereka telah memiliki seorang putra berusia 10 tahun. Tak hanya memberikan uang, Wang juga membeli properti dan mobil untuk Xiaoxia.

Ilustrasi uangIlustrasi uang/ Foto: Unsplash/eprouzet

Sementara itu menurut pengakuan Xiaoxia, ia mengungkapkan kepada pengadilan bahwa ia sebenarnya juga merupakan seorang korban dalam kasus tersebut. Ia mengaku bahwa Wang telah berbohong kepadanya bahwa ia telah bercerai. Xiaoxia mendesak Wang untuk menikahinya dan mendaftarkan pernikahan mereka secara resmi, namun Wang terus menunda-nunda dengan mengeluarkan berbagai alasan.

Pengadilan menemukan bahwa Wang telah mentransfer 1,47 juta yuan atau setara Rp3,2 miliar ke Xiaoxia antara tahun 2013 dan 2020. Wang juga memberikan dua apartemen pada tahun 2021 dan 2014 senilai total 1,45 juta yuan atau setara Rp3,1 miliar. Tak hanya itu, pada tahun 2013, Wang juga membelikan Xiaoxia sebuah mobil seharga 870 ribu yuan atau setara Rp1,9 miliar.

Dalam putusannya, pengadilan mengatakan tidak ada pihak yang terikat dalam pernikahan yang dapat menghabiskan harta bersama tanpa persetujuan pihak lain. Artinya, harta yang diperoleh selama perkawinan adalah milik kedua pasangan. Ditemukan bahwa Wang telah melanggar hak Li dan hubungannya dengan Xiaoxia dianggap "melawan kebiasaan umum" dan tidak dilindungi oleh hukum.

SelingkuhIlustrasi/Foto: Unsplash.com/Sandy Millar

Xiaoxia berargumen bahwa uang yang diberikan Wang digunakan untuk membesarkan putra mereka. Tetapi pengadilan mengatakan kasus tersebut adalah soal kepemilikan aset, bukan tentang tunjangan anak. Namun, Xiaoxia memiliki opsi untuk mengajukan kasus terpisah dan menuntut Wang memberikan tunjangan anak untuk membesarkan putra mereka.

Atas kasus tersebut, pengadilan memerintahkan Xiaoxia untuk segera mengembalikan uang yang diterimanya selama ini dari Wang kepada Li.

Kasus serupa juga terjadi awal bulan Juli 2022 ini, di mana Pengadilan Tinggi Rakyat Provinsi Sichuan menangani kasus yang diajukan oleh seorang perempuan terhadap pacar mantan suaminya dan memerintahkan agar dia mengembalikan lebih dari 300 ribu yuan atau setara Rp655 juta dari harta bersama.

Perselingkuhan diawali karena ada kesempatanIlustrasi/Foto: Pexels/ Marcelo Chagas

Perempuan tersebut telah bercerai dengan suami sejak tahun 2017. Sekitar empat tahun kemudian, ia mengetahui bahwa mantan suaminya telah berselingkuh darinya saat masih terikat pernikahan dengannya. 

Pacar sang mantan suami menyangkal bahwa mereka memiliki hubungan romantis, dan mengklaim bahwa mereka hanyalah rekan bisnis. Ia juga mengaku bahwa uang dari mantan suami tersebut untuk keperluan bisnis.

Namun, rekaman suara telepon, rekaman obrolan di WeChat, dan rekaman transaksi yang diberikan oleh mantan istri meyakinkan pengadilan bahwa keduanya telah berselingkuh. Pengadilan pun memerintahkan pacar mantan suami untuk mengembalikan 200 ribu yuan atau setara Rp441 juta kepada perempuan tersebut, kurang dari klaim yang diajukan.

Wah, bagaimana menurutmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id