sign up SIGN UP

4 Aplikasi Alternatif Ini Bikin Agenda Liburanmu Jadi Makin Menyenangkan, Unduh Dulu Sebelum OTW!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 23:00 WIB
4 Aplikasi Alternatif Ini Bikin Agenda Liburanmu Jadi Makin Menyenangkan, Unduh Dulu Sebelum OTW!
caption

Bagi pecinta traveling, rencana yang jelas serta perhitungan dana yang tepat adalah kuncinya. Bahkan sebagian pelancong, ada yang sengaja mematok bujet murah agar bisa tinggal lebih lama atau bepergian ke berbagai tempat menarik lainnya.

Selain pengelolaan uang yang tepat, para pelancong biasanya memanfaatkan alternatif  lain melalui aplikasi. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut mempermudah pelancong untuk berhemat, bertemu orang baru, berbagi pengalaman dengan sesama pelancong, dan bisa merasakan sensasi liburan yang luar biasa.

Penasaran? Berikut daftar 4 aplikasi yang bisa jadi alternatif selama perjalananmu. Simak yuk!

1. Couchsurfing

aplikasi wajib saat traveling
couchsurfing/Foto: pinterest.com/The Savvy Backpacker

Bagi para pelancong lokal maupun internasional, aplikasi satu ini pasti sudah nggak asing lagi. Couchsurfing merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pelancong.

Sistem kerjanya adalah seseorang bisa mendapat tempat tinggal gratis dari orang lokal, menjadi host/local guide/wisatawan, dan membentuk ataupun gabung dalam event/komunitas yang ada di tempat tersebut. 

Nah untuk bergabung ke dalam komunitas Couchsurfing, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu dan membayar biaya verifikasi sebesar USD 60 atau sekitar Rp870 ribuan. Ketentuan keanggotaan berbayar ini berlaku sejak tahun 2021. Jangan khawatir, hanya sekali verifikasi untuk seumur hidup kok!

2. Klook

aplikasi wajib saat traveling
Klook/Foto: play google

Buat sebagian pelancong, datang ke tempat baru merupakan suatu tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, nggak heran jika banyak pelancong yang memilih untuk membayar pemandu wisata supaya nggak tersesat selama wisata mereka.

Salah satu aplikasi penyedia jasa pemandu wisata adalah Klook. Yap, pelancong akan dengan mudah memesan tipe jenis wisata apa yang diinginkan beserta pemandunya sekaligus.

Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah mendaftar, pelancong bisa langsung memesan paket wisata mana yang diinginkan dan langsung datang saja ke destinasi wisata sesuai tanggal yang sudah dipesan.

Di tempat tersebut, pelancong bisa bertemu dengan pelancong lain yang memilih paket sama dan akan langsung dipandu oleh pemandu wisata disana

3. Workaway

aplikasi traveling sekaligus melakukan kegiatan sukarelawan
workaway/Foto: twitter.com

Selain bisa liburan murah, para pelancong juga mencari makna di setiap perjalanannya. Tak heran, jika ada banyak pelancong yang tetap memilih melakukan kegiatan sukarelawan walau sedang berlibur.

Nah, Workaway merupakan solusinya. Lewat aplikasi tersebut, seorang pelancong bisa mendapatkan host family serta memilih kegiatan sosial apa yang ingin dilakukan sesuai dengan kemampuan. Misalnya berkebun, menjadi resepsionis, hingga menjaga hewan peliharaan keluarga.

Workaway membuat pelancong tergabung dalam komunitas sukarelawan sehingga bisa bertemu sekaligus berbagi pengalaman dengan sesama sukarelawan. Cara mendaftarnya pun cukup dengan membayar keanggotaan selama setahun sebesar USD 49 atau sekitar Rp700 ribuan untuk satu orang dan USD 59 atau sekitar Rp860 ribuan untuk dua orang.

4. Eatwith

aplikasi wajib selama traveling
Eatwith/play.google

Lewat Eatwith, pelancong bisa dimanjakan dengan mencicipi berbagai makanan lokal. Aplikasi ini menjadi perantara antara pelancong dengan host yang akan mengajak mengajak berkeliling mencoba berbagai menu makanan di daerah tersebut.

Selain itu, pelancong juga berkesempatan belajar budaya lewat makanan dengan mengikuti kelas memasak di tempat tujuanmu. Menarik, bukan?

Itu dia 4 aplikasi sakti yang wajib dimiliki pelancong dengan budget terbatas. Aplikasi mana nih yang kira-kira beauties ingin coba? Jangan lewatkan berbagai pengalaman otentik dengan aplikasi tersebut.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id