sign up SIGN UP

Kangen Liburan ke Luar Negeri? Catat, 5 Negara Ini Sudah Bisa Dikunjungi Lho Beauties!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 17:30 WIB
Kangen Liburan ke Luar Negeri? Catat, 5 Negara Ini Sudah Bisa Dikunjungi Lho Beauties!
caption

Sudah genap dua tahun, Pandemi Covid-19 melanda dunia. Banyak sekali perubahan yang terjadi seiring berlakunya new normal. Salah satunya adalah kebijakan untuk berlibur ke luar negeri beberapa saat lalu. Hanya orang yang memiliki keperluan dinas, sekolah, dan tenaga kesehatan yang diperbolehkan keluar masuk negara dengan persyaratan yang cukup ketat.

Namun, semenjak vaksin covid-19 disebarkan ke seluruh dunia, perlahan kasus Covid-19 menurun. Sehingga tak heran, jika di tahun 2022 ada banyak sekali negara yang perlahan memperbolehkan turis asing masuk kembali. Baik negara yang memiliki kebijakan untuk karantina hingga tidak adanya karantina sama sekali.

Tak terkecuali beberapa negara ini yang memperbolehkan pemegang passport republik Indonesia untuk berwisata kembali. Berikut daftarnya!

1. Turki

salah satu masjid ikonik di kota istanbul, turki
Istanbul/Foto: pinterest.com/Beyond the Blog

Mengutip Republic of Türkiye Ministry of Foreign Affairs, sudah sejak akhir 2021, Turki membuka negaranya untuk turis asing tanpa karantina. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak sekali WNI yang sudah lama berencana berlibur ke luar negeri akhirnya memutuskan untuk terbang ke sini. Selain longgarnya aturan perjalan Covid-19, bagi WNI yang ingin berlibur cukup mengisi Visa On Arrival saat tiba di sana ataupun mengisi lewat website sebelum berangkat.

Tak heran, jika Turki menjadi negara primadona akhir-akhir ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan disana. Mulai dari melihat pemandangan selat Bosphorus yang membelah wilayah Turki Eropa dan Turki Asia, menikmati panorama perbukitan di Cappadocia, mencoba suasana kota cinta Izmir, hingga mencoba ski di salah satu kota terdinginnya, Erzurum.

2. Singapura

Merlion park merupakan ikon wajib untuk foto saat liburan di singapura
Merlion Park SG/Foto: pinterest.com/indra

Mengutip Safetravel.ica.gov.sg, mulai tanggal 1 April 2022, Singapura sudah menghapus kebijakan karantina dan tidak lagi menerapkan jalur Vaccinated Travel Lane (VTL). Hal ini berarti turis asing yang telah menerima dosis lengkap bisa masuk ke Singapura kapan pun.

Sudah tak ada lagi ketentuan untuk menaiki pesawat rute ini itu. Adapun persyaratan tambahan adalah mengisi SG Arrival Cards, mengunduh aplikasi tracetogether, menunjukkan bukti PCR negatif, dan setidaknya memiliki asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga.

3. Australia

Sydney Opera House salah satu ikon Australia
Sydney Opera House/pinterest.com/bored panda

Siapa nih yang kangen wisata outbond alam bebas di Australia? Negara tetangga Indonesia satu ini sudah mulai memperbolehkan turis asing masuk sejak 21 Februari 2022.

Mengutip Health.gov.au, persyaratan tambahannya adalah sudah vaksin 2 dosis lengkap sesuai yang telah disetujui Therapeutic Goods Administration (TGA) serta melampirkan antigen 1x24 jam atau tes PCR 7x24 jam.

4. Thailand

bangunan unik khas thailand
Thailand/pinterest.com/Túlio KiLe

Untuk berwisata ke negeri gajah putih ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk berangkat. Diantaranya yaitu kebijakan karantina yang masih berlaku, pengisian dokumen masuk, hingga pemesanan khusus berbagai akomodasi selama di sana.

Mengutip Thaiembassy.com, adapun persyaratannya adalah memiliki polis asuransi dengan nilai tidak kurang dari USD 20.000, menyertakan bukti PCR, menyertakan bukti pembayaran akomodasi 2 malam sejak hari kedatangan di aplikasi yang telah ditentukan, dan mengisi Thailand Pass.

5. Malaysia

lambang ikonik di KL
Twin Tower Malaysia/pinterest.com/Alice-Aurora Bergius

Jika berlibur di Thailand dirasa masih ribet, Malaysia bisa jadi alternatifnya. Mengutip Malaysia.travel, sejak 1 April 2022, Malaysia secara resmi membuka perbatasan negara baik jalur darat, udara, maupun air.

Kebijakan karantina bagi pelancong pun sudah dihapus. Adapun syaratnya adalah cukup dengan menunjukkan bukti tes antigen/PCR, mengunduh aplikasi MySejahtera, serta mempunyai asuransi kesehatan.

Nah Beauties, sudah ada bayangan mau jalan-jalan ke negara mana tahun ini? Sebelum berangkat, pastikan semua persyaratan dan dokumen perjalanan sudah lengkap. Selamat berlibur!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id