sign up SIGN UP

Cara Cepat dan Sehat Turunkan Berat Badan, Cocok Diterapkan Usai Libur Lebaran Seperti Sekarang!

Novianty Anjani | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 19:45 WIB
Cara Cepat dan Sehat Turunkan Berat Badan, Cocok Diterapkan Usai Libur Lebaran Seperti Sekarang!
caption

Meskipun liburan Lebaran telah usai dari kemarin, mungkin masih banyak dari kamu yang mengeluhkan kenaikan berat badan setelahnya. Lezatnya makanan yang disajikan belum lagi hawa lapar selama berpuasa, kerap membuat kamu kalap sehingga tergugah untuk mengonsumsi terlalu banyak makanan. 

Sebelum berat badan makin naik lebih dari sebelumnya, berikut 5 pola hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal, Beauties.

Penuhi Kebutuhan Air dengan Tepat

Tubuh tetap terhidrasi sekaligus bantu menurunkan berat badan dengan rutin mengonsumsi banyak air putih
Banyak minum air putih/Foto:Freepik.com/Freepik


Selain bantu jaga tubuh tetap terhidrasi, minum banyak air juga mampu mempercepat proses penurunan berat badan. Melansir dari laman Citizen, minum yang cukup dapat mengurangi rasa lapar sehingga asupan makanan pun terkontrol dengan baik.

Hal tersebut semakin didukung oleh terbakarnya banyak kalori yang terjadi, ketika tubuh terpenuhi kebutuhan mineralnya sehingga dapat aktif bergerak serta pengeluaran energi yang meningkat.

Jangan Melewatkan Sarapan Pagi

Hindari melewatkan sarapan karena justru membuat kamu terus-menerus lapar sepanjang hari
Rutin melakukan sarapan di setiap pagi/Foto:Frepeik.com/Tirachardz


Tidak sedikit dari kamu yang sengaja melewatkan sarapan karena beranggapan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Nyatanya, kebiasaan ini malah membuat kamu merasa lapar sepanjang hari karena kehilangan energi penting yang didapat saat sarapan.

Sesibuk apapun kamu di pagi hari, selalu sempatkan waktu untuk menyiapkan sarapan guna menyuplai energi tubuh. Beragam olahan sarapan sehat dari gamdum, roti serta susu dapat kamu sertakan agar perut senantiasa kenyang tanpa makan berlebihan.

Mengatur Kembali Porsi Makan 

Membatasa olahan-olahan tidak sehat serta mengubah pola makan menjadi lebih sedikit dari sebelumnya.
Mengubah aturan pola serta porsi ketika makan/Foto:Freepik.com/Rawpixel_com


Setelah sebulan penuh berpuasa, mungkin kamu jadi terbiasa untuk menikmati banyak makanan dengan kandungan gula serta garam yang tinggi. Sayangnya, pola makan tersebut tidaklah baik karena menghambat proses penurunan berat badan. 

Berlatihlah untuk menahan diri dengan mengurangi olahan berminyak serta menu makanan tidak sehat lainnya. Terapkan juga kebiasaan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil serta makan secara perlahan untuk menghindari rasa kenyang berlebihan. 

Memperbaiki Pola Tidur 

Tidur yang nyenyak saat malam berpengaruh pada proses penurunan berat badan agar berjalan efektif
Penuhi kebutuhan tidur malam yang berkualitas/Foto:Freepik.com/Freepik


Kurang nyenyaknya tidur saat malam hari bukan hanya berpengaruh pada kesehatan melainkan juga kenaikan berat badan. Seperti yang dilansir dari laman Times of India, kebiasaan tidur yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab dari risiko obesitas

Cobalah mengubah pola tidur dengan bersitirahat lebih cepat di setiap malam agar tidur lebih berkualitas. Hindari juga mengonsumsi makanan berat sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu istirahat akibat tubuh yang dipaksa memproses makanan saat malam hari. 

Aktif Bergerak 

Biarkan tubuh aktif bergerak akan semakin banyak kalori yang terbakar
Aktif bergerak dan berolahraga/Foto:Freepik.com/Benzoic


Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktivitas fisik sangat diperlukan dalam proses penurunan berat badan. Tubuh yang aktif bergerak membantu membakar banyak kalori yang mempercepat proses diet seusai lebaran. 

Luangkan waktu di setiap minggunya untuk melakukan olahraga seperti berlari, bersepeda atau senam aerobik dari rumah. Kamu juga bisa menerapkan kebiasaan berjalan di setiap harinya selama 30 menit  untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id