STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Cara Bersikap Asertif untuk Mengurangi Stres dan Memperbaiki Komunikasi, Ikutin yuk!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 04:30 WIB
4 Cara Bersikap Asertif untuk Mengurangi Stres dan Memperbaiki Komunikasi, Ikutin yuk!

Masih banyak yang belum menyadari bahwa sumber dari segala tekanan yang ada dalam diri terjadi karena terlalu banyak memendam masalah. Munculnya trust issue atau rasa tidak percaya terhadap orang lain hingga tidak adanya support system yang bisa menjadi teman bercerita menjadi latar belakang seseorang akhirnya memilih untuk memendam sendiri. Belum lagi jika kamu pernah mencoba untuk menyampaikan semua yang kamu pendam terhadap orang tersebut dan respon yang kamu dapat justru tidak sesuai harapan.

Tentunya kamu sering kali melihat bahwa ada orang yang merasa nyaman untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum, atau sekadar menolak sebuah tawaran dan memberikan alasan dengan sangat baik.

Joree Rose, seorang praktisi kesehatan mental menuturkan kepada Healthline, banyak orang yang merasa kesulitan untuk bersikap asertif karena sulit mengetahui batasan. Asertif sendiri adalah keterampilan berkomunikasi yang meliputi kemampuan berkomunikasi secara jujur dan tegas namun tetap memperhatikan perasaan orang lain.

Melansir dari Healthline, beberapa cara di bawah ini akan membantumu merasa nyaman untuk bersikap asertif sehingga dapat mengurangi stres dan memperbaiki komunikasi. Yuk, pelajari!

Pahami Gaya Komunikasi

Pahami gaya komunikasi agar memudahkan dirimu untuk berlatih bersikap asertif
Komunikasi/foto: ppexels.com/fauxels

Mengetahui gaya komunikasi adalah langkah pertama yang bisa kamu pakai untuk mengetahui caramu dalam menyuarakan pikiran dan perasaan. Ada dua contoh gaya komunikasi yang banyak dikenal, yaitu gaya komunikasi pasif dan gaya komunikasi agresif.

Jika kamu memiliki gaya pasif, kamu menunggu orang lain untuk menyuarakan terlebih dahulu. Sedangkan agresif sebaliknya, dan cenderung mengintimidasi. Kamu perlu mencari jalan tengah di antara keduanya, sehingga menjadi gaya komunikasi yang asertif.

Jauhi Rasa Bersalah

Dengan menjauhi rasa bersalah, kamu akan bisa sedikit demi sedikit memulai untuk bersikap asertif
Berkomunikasi/foto: pexels.com/ekaterina-bolovtsova

Perasaan bersalah akan terus menghantui saat kamu berusaha menyuarakan apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang terlalu banyak overthinking. Berkata jujur atau berani untuk berkata tidak bukan berarti kamu menolak orang tersebut. Namun kamu sedang berlatih untuk menegaskan diri dan menetapkan batasan untuk menjaga dirimu sendiri.

Berlatih untuk Tegas

Berlatih untuk tegas agar bisa bersikap dan berkomunikasi secara asertif
Komunikasi/foto: pexels.com/vera-arsic

Komunikasi tidak hanya secara verbal, namun juga non verbal seperti gerakan-gerakan tubuh maupun mimik wajah. Penting bagimu untuk berlatih menguasai diri saat kecemasan dalam menyuarakan pendapat perlahan mulai muncul.

Jangan sampai sikap tubuhmu terlihat gemetar, gelisah, ragu, atau tidak nyaman. Belajar untuk menata sikap tubuh yang tegas juga akan menambah kepercayaan dirimu. Caranya dengan berdiri yang tegak, tarik bahu ke belakang, jaga kontak mata, dan tunjukkan ekspresi wajah yang netral.

Percaya Diri

Berlatih percaya diri dapat menumbuhkan kekuatan untuk bersikap asertif
komunikasi/foto: pexels.com/fauxels

Tanpa rasa percaya diri, kamu tidak mungkin bisa melakukannya. Pahami potensi dirimu, dan tumbuhkan harga diri. Karena, percaya diri dimulai dari dirimu sendiri. Jika kamu ragu, orang lain akan berpikir demikian namun sebaliknya, jika kamu yakin maka kamu akan bisa melakukannya.

Tentunya, praktik tersebut tidak akan mudah dan masing-masing memiliki tantangannya tersendiri. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai berlatih dari sekarang agar terbiasa. Tujuannya, agar kamu juga bisa merasa nyaman dengan dirimu sendiri tanpa harus memendam segala sesuatunya hingga menimbulkan stres dan tekanan berkepanjangan yang dapat mengganggu kestabilan kondisi mental.

Selain itu, dengan berlatih komunikasi asertif, kamu juga akan terbiasa untuk melatih kemampuan komunikasimu. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE