STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

10 Cara Cerdas dan Elegan Mengendalikan Amarah, Biar Nggak Makin Membeludak!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Jumat, 18 Mar 2022 09:45 WIB
10 Cara Cerdas dan Elegan Mengendalikan Amarah, Biar Nggak Makin Membeludak!

Kemarahan adalah emosi normal manusia. Namun, kemarahan yang tidak dikendalikan dapat merusak kesehatan, hubungan, dan komunikasi dengan orang yang membuatmu marah. Oleh karena itu, me-manage kemarahan atau anger management penting dilakukan agar Beauties tidak mengatakan atau melakukan hal-hal di luar batas.

Dilansir dari American Psychological Association, manajemen kemarahan adalah mengurangi perasaan emosional yang timbul dari kemarahan. Beauties mungkin tidak bisa selalu menghindari hal atau orang-orang yang menjadi penyebab kemarahan, tapi Beauties bisa mengendalikan amarahmu sendiri.

Ilustrasi marah/Pixabay/Comix Reference
Ilustrasi marah/Pixabay/Comix Reference

Dilansir dari Healthline, ada 10 cara untuk me-manage kemarahan, yaitu sebagai berikut:

1. Berpikir Dulu Sebelum Bicara

Ketika sedang emosi, sebaiknya Beauties tetap berusaha berpikir dan mengotak-atik kalimat terlebih dahulu sebelum berbicara.

Hal ini bisa mencegah Beauties berkata kasar atau berkata yang kurang pantas kepada lawan bicara, serta dapat membantu Beauties lebih mudah menyampaikan pendapat, pemikiran, dan isi hati. Lawan bicara pun lebih mudah untuk memahami maksudmu dengan baik.

2. Tenangkan Diri

Setelah Beauties merasa lebih tenang dan dapat berpikir lebih jernih, ungkapkan apa yang membuatmu marah dengan tegas dan tidak konfrontatif (menyerang lawan bicara). Nyatakan semuanya dengan jelas tanpa menyakiti.

3. Relaksasi

Relaksasi dengan menghirup napas dalam-dalam dan mengembuskannya perlahan sembari membayangkan pemandangan indah juga dapat dicoba.

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Istirahatkan diri dari hal-hal yang membuatmu marah, emosi, atau stres. Mendengarkan musik favorit, atau melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.

5. Cari Solusi

Daripada fokus pada penyebab kemarahan, cobalah berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada. Yang perlu Beauties ingat adalah kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah, justru bisa semakin memperparah keadaan.

 

Ilustrasi marah/Unsplash/Afif Kusuma
Ilustrasi marah/Unsplash/Afif Kusuma

6. Gunakan pernyataan “Saya/Aku”

Agar kemarahan tidak berlarut-larut, bicarakan yang Beauties rasakan dengan pernyataan “saya”. Misalnya, “Aku kesal kamu selalu lama membalas Whatsapp-ku.”

Cara ini bisa menunjukkan sikap menghormati lawan bicara, tidak memberikan kesan mengkritik, maupun terang-terangan menyudutkan lawan bicara.

7. Tidak Mendendam

Dengan memaafkan orang yang membuat Beauties marah, Beauties dan orang tersebut dapat saling belajar memahami dan hubungan pun dapat membaik.

8. Berikan Mantra untuk Diri Sendiri

Ketika Beauties merasa kesal, cobalah untuk mengucapkan “mantra” untuk diri sendiri dengan berkata, “Tenang...”, “Tenanglah”, dan “Semuanya akan baik-baik saja”. Secara tidak langsung, itu bisa memberikan sugesti yang baik untuk meredam emosi.

9. Menuliskan Perasaan

Teknik ini bisa membantu Beauties menyampaikan perasaan dan kekesalanmu. Beauties juga menjadi lebih mengenal perasaan dan arah kemarahan sendiri.

10. Empati

Cobalah untuk berpikir dan memahami permasalahan dari sudut pandang orang yang membuatmu marah. Dengan begitu, Beauties pun mampu memahami cara orang lain dalam mengungkapkan kemarahan dan cara berpikirnya tentang dirimu.

Semoga sepuluh tips di atas dapat membantumu me-manage kemarahan kepada suatu hal maupun pada orang lain ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE