sign up SIGN UP

Badai Pasti Berlalu, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Depresi dan Hidup Lebih Bahagia

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Kamis, 07 Apr 2022 04:30 WIB
Badai Pasti Berlalu, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Depresi dan Hidup Lebih Bahagia
caption
Jakarta -

Salah satu gangguan mental yang memengaruhi suasana hati yang dapat berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari adalah depresi.

Gejalanya ditandai dengan penurunan energi atau lesu, kecemasan serta kekhawatiran yang berlebihan, dan tidak stabil secara emosional. Selain itu, seseorang yang mengalami depresi juga akan mengalami perubahan nafsu makan, penambahan atau penurunan berat badan, kantuk yang berlebihan atau tidur yang sangat buruk, merasa sedih dan putus asa atau frustrasi.

Jika dibiarkan berlanjut, depresi bisa menyebabkan penurunan produktivitas kerja, gangguan hubungan sosial, dan kehilangan semangat hidup.

Nah, untuk mencegah depresi, kamu bisa mulai melakukan beberapa hal ini agar memiliki hidup yang lebih bahagia. Apa saja? Simak penjelasan yang telah dilansir dari Pink Villa ini, yuk!

Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan/Foto: Pexels.com/Ivan Samkov
Menentukan tujuan/Foto: Pexels.com/Ivan Samkov

Kehidupan tanpa tujuan akan terasa hilang arah dan menjenuhkan. Tingkat energi produktivitas dalam hidup akan terasa lebih bermakna ketika kamu berhasil menemukan dan menentukan tujuan hidup. Kamu bisa memulainya dengan tujuan jangka pendek, lalu tujuan jangka panjang.

Setelah mengetahui tujuan yang paling sesuai dengan cita-cita dan keyakinan, kamu akan termotivasi dalam pekerjaan, kehidupan pribadi dan sosial. Hal ini akan membuatmu fokus meraih tujuan, dan mengurangi perasaan negatif. 

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Konsumsi makanan bergizi seimbang/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva
Konsumsi makanan bergizi seimbang/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva

Hindari makanan cepat saji, makanan berminyak seperti gorengan, dan makanan manis yang telah terbukti menyebabkan gejala seperti depresi jika dikonsumsi dalam skala rutin dan berlebihan.

Pilih mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C dan D, karena dapat melawan radikal bebas pemicu depresi dan rasa cemas. Konsumsi juga asam lemak omega-3 yaitu lemak tak jenuh ganda yang memiliki manfaat minyak ikan untuk kesehatan otak dan mental. 

Selain itu, kamu juga disarankan mengonsumsi asam folat atau vitamin B9, seperti seperti sayuran hijau, buah jeruk, kacang-kacangan, roti, pasta, nasi, dan sereal untuk mencegah suasana hati yang buruk. Makanan yang bisa menurunkan risiko depresi selanjutnya adalah yang mengandung vitamin B12 seperti telur, ayam, dan hati sapi.

Melakukan Meditasi

Melakukan meditasi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Melakukan meditasi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu bentuk latihan untuk fokus dan menjernihkan pikiran adalah meditasi. Saat melakukan meditasi, kamu akan dilatih agar bisa mengelola berbagai pikiran negatif yang memicu datangnya stres, sehingga kamu akan mampu memotivasi diri, dan tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman.

Cara mempraktikkannya, secara umum dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya selama 10 hingga 20 menit. Kamu tidak perlu khawatir, karena meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun, serta aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus.

Bergabung dan Aktif dalam Komunitas

Bergabung dan aktif dalam komunitas/Foto: Pexels.com/Matheus Bertelli
Bergabung dan aktif dalam komunitas/Foto: Pexels.com/Matheus Bertelli

Kamu perlu mencari komunitas yang sesuai dengan kondisi dirimu atau sesuai minat. Terlibat aktif dalam komunitas akan membuka komunikasi dengan teman dan lingkungan baru, sehingga membuat kemampuan sosialisasimu meningkat.

Kamu tidak akan merasa sendiri dan kesepian, kondisi ini akan membuatmu menjadi lebih nyaman dan tenang. Berbagi cerita dan sudut pandang membuat kamu akan merasa lebih bersyukur, dan menambah kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai masalah ke depan.

Mencegah depresi menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan karena berkaitan langsung dengan apa yang kamu hadapi, seperti pekerjaan dan hubungan sosial. Untuk itu, cobalah melakukan beberapa hal di atas agar mencegah depresi, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id