sign up SIGN UP

4 Cara Menghindari Diri dari Oversharing di Media Sosial, Coba Terapkan yuk Biar Nggak Menyesal Nantinya!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Sabtu, 11 Jun 2022 17:00 WIB
4 Cara Menghindari Diri dari Oversharing di Media Sosial, Coba Terapkan yuk Biar Nggak Menyesal Nantinya!
caption

Hadirnya media sosial di era sekarang ini tidak hanya membuka kesempatan untuk berjejaring tetapi juga memberikan kesempatan untuk berbagi banyak hal. Apakah Beauties salah satu di antara yang pernah berbagi cerita tentang kehidupan di media sosial?

Apakah pernah mengunggah suatu hal namun beberapa saat langsung menghapusnya karena merasa terlalu mengumbar sesuatu? Jika ya, bukan tidak mungkin Beauties pernah melakukan oversharing atau berbagi sesuatu secara berlebihan di sosial media.

Memang tidak ada salahnya berbagi cerita di sosial media, tapi ingat, jangan sampai lupa bahwa ada hal-hal privasi yang harus dijaga. Terlebih lagi mengingat bahwa sosial media bisa sangat luas untuk dijangkau siapa saja, bahkan orang yang tidak dikenal sebelumnya.

Nah, guna menghindari oversharing di sosial media ini, sebagaimana dikutip dari laman Read-a berikut adalah beberapa cara yang dimaksud:

Meninjau Kembali Konten yang Akan Dibagikan

Ilustrasi cek sosial media/ Foto: Freepik.com/timeimage
Ilustrasi cek sosial media/ Foto: Freepik.com/timeimage

Cara pertama ini memang cukup realistis. Jika diibaratkan, maka cara ini bisa dikatakan sebagai tahap review ataupun tahap menyeleksi sesuatu untuk selanjutnya diputuskan, apakah layak dibagikan atau tidak.

Demikian halnya konten di media sosial yang akan diunggah. Periksalah kembali dengan seksama. Jika menemukan konten yang terlalu banyak mengekspos informasi pribadi, berpotensi membuat malu diri sendiri atau bahkan bisa berdampak negatif pada reputasi, maka sebaiknya jangan pikir dua kali untuk menghapusnya lho, Beauties.

Memangkas Daftar Kontak

Ilustrasi santai main hp/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi santai main hp/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Beberapa sosial media telah dibekali fitur untuk berbagi kepada kontak yang tersimpan di dalam handphone. Adapun konten yang dimaksud bisa berupa story atau cerita di media sosial.

Meski demikian, bukan berarti semua orang yang ada di kontak handphone tersebut berhak melihat cerita yang dibagikan. Selaku pemilik konten ataupun cerita, kamu berhak untuk memilih siapa saja yang dapat melihat cerita tersebut. Cukup bagikan cerita kepada orang-orang yang dirasa bisa menghormati privasi kamu.

Jangan Terburu-buru untuk Publish Sesuatu

Ilustrasi menggunakan hp/ Foto: Freepik.com/sitthiphong
Ilustrasi menggunakan hp/ Foto: Freepik.com/sitthiphong

Tidak bisa dipungkiri, pada saat momen bahagia menghampiri, terkadang muncul perasaan ingin membagikan momen tersebut ke sosial media. Tanpa berpikir lama, jemari pun mulai menekan ‘post’ ataupun ‘publish’. Namun, hal seperti ini sebaiknya kamu pikirkan kembali, Beauties.

Terburu-buru untuk publish sesuatu kadangkala membuat kamu tidak teliti tentang hal yang dibagikan. Cobalah ambil waktu sejenak untuk menilai kembali apakah hal tersebut memang benar-benar ingin dibagikan kepada orang lain atau ada waktu lain yang lebih tepat untuk membagikannya atau bahkan tidak untuk dibagikan sama sekali.

Meminta Pendapat Teman

Ilustrasi bersama teman/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi bersama teman/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Adapun maksud meminta pendapat teman di sini bertujuan untuk mendiskusikan batasan seperti apa yang seharusnya diterapkan dalam berbagi sesuatu. Contoh konkretnya, ketika kamu berbagi cerita tentang momen kebersamaan bersama teman dengan adanya foto atau video kebersamaan lalu mengunggahnya di sosial media.

Dari hal ini, seharusnya kamu terlebih dahulu meminta persetujuan kepada teman yang ada di dalam foto maupun video, apakah dia tidak keberatan jika wajahnya diperlihatkan. Beberapa orang mungkin saja memiliki batasan tersendiri untuk mengekspos diri ataupun tidak di sosial media. Oleh sebab itu, membicarakannya dengan teman akan menjadi langkah yang bisa dilakukan untuk tetap menghormati privasi dan akhirnya tidak dicap oversharing.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id