4 Hal Penting dan Bikin Efisien yang Wajib Diketahui Para Pekerja Remote atau Work from Anywhere!

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 06 Mar 2023 12:30 WIB
Hal Penting dan Bikin Efisien yang Wajib Diketahui Para Pekerja Remote Selanjutnya:
Ilustrasi wfh/Foto: Freepik.com

Bekerja dari rumah (work from home) trending saat pandemi Covid, demi keselamatan diri dan orang lain. Hingga saat ini dampaknya, beberapa kantor menilai bekerja yang tidak harus ke kantor, ternyata dinilai bisa tetap efektif.

Sebenarnya bekerja dari mana saja (remote), sejak lama juga telah diterapkan beberapa perusahaan, lho, plus nggak cuma berlaku buat freelancer, tapi juga karyawan full-time. Meski kelihatannya enak, tapi bekerja remote nggak selalu mudah karena tetap ada saja tantangannya tersendiri. Karenanya kamu mesti membuat batasan yang jelas antara pekerjaan dan urusan pribadi, serta menginfokannya pada orang-orang atau keluarga yang tinggal bersamamu.

Beberapa hal penting ini wajib kamu ketahui bagi para pejuang bekerja remote, dilansir dari BuzzFeed:

1. Dapat Mengubah Jam Kerja Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi perempuan menekuni hobi memasak/Foto: Pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi memasak di pagi hari, baru mulai bekerja remote di siang hari/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio/

Salah satu keuntungan bekerja remote adalah kamu bisa mengubah jam kerja sesuai kebutuhan. Misalnya kamu merasa baru bisa baru mulai fokus bekerja pada pagi menjelang siang hari, karena pagi harinya fokus untuk mengurus urusan rumah tangga dulu atau olahraga.

Tentunya hal ini juga perlu disesuaikan dengan perusahaan tempatmu bekerja dan tetap komunikasikan dengan atasan atasan ya. Selain itu juga, pastikan kamu tetap tergolong aman dari sisi bekerja, yakni tetap tetap waktu mengumpulkan apa yang menjadi kewajiban dan tidak telat saat ada online meeting.

Hal Penting dan Bikin Efisien yang Wajib Diketahui Para Pekerja Remote Selanjutnya:

Ilustrasi Work From Home/Freepik.com

Ilustrasi wfh/Foto: Freepik.com

2. Bekerja Nggak Selalu di Rumah

Bekerja di rumah umumnya dirasa nyaman. Beberapa orang bahkan sengaja membuat working space di rumah. Biar nggak bosan dan ternyata dinilai baik buat kesehatan mental, kamu juga perlu bekerja di luar seperti kafe, restoran, atau lobi hotel, Beauties. Suasana baru juga dianggap bikin kamu terhindari dari creative block.

3. Kerja Bareng dengan Teman Sesama Pekerja Remote Sesekali

Selain yang nggak selalu bikin kamu kerja di rumah aja, bekerja di luar bareng sesama pekerja remote juga bisa dicoba sesekali, lho. Manfaatnya kamu jadi bisa chit-chat beberapa menit sebelum fokus dengan pekerjaan masing-masing. Cara ini dinilai sehat agar kebutuhan bersosialisasi tersalurkan, juga seolah mengobati kerinduan dari kamu yang ex-pekerja kantoran.

Young woman having a video call with her colleagues during Covid-19 Coronavirus quarantine. Many people on the screen.Ilustrasi bekerja remote/ Foto: Getty Images/FilippoBacci

4. Baru Ajukan Cuti Saat Hal Penting atau Mendesak

Beauties wajib ingat, nih! Mengambil jeda untuk cuti penting dilakukan demi kesehatan kamu juga. Well, saat bekerja remote, memungkinkan kamu bisa bepergian tanpa perlu ambil cuti. Sebenarnya masih mirip dengan poin 1, yang membedakan misalnya kamu akan kerja remote di luar kota. Hitung-hitung, kamu dapat ambil kesempatan mengunjungi tempat yang kamu mau untuk relaks serta buat work with view, dengan pemandangan pantai misalnya. Dengan begitu kamu baru mengajukan cuti di momen-momen saat kamu memang tidak ingin adanya gangguan dari pekerjaan.

Namun sebelum berangkat, sebaiknya komunikasikan juga rencana kamu ini pada atasan. Selain itu, bisa jadi, kamu juga perlu mengatur waktu dengan efektif terlebih dulu seperti bangun dan bekerja lebih awal sebelum keberangkatanmu. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE