sign up SIGN UP

4 Hewan Peliharaan yang Bisa Dipilih untuk Mengatasi Rasa Kesepian

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 21:30 WIB
4 Hewan Peliharaan yang Bisa Dipilih untuk Mengatasi Rasa Kesepian
caption

Beauties pernah nggak sih, merasa kalau nggak ada orang yang bisa mengerti perasaan Beauties ketika sedang sedih? Atau pernah nggak sih, merasa kesepian ingin berbicara dengan orang lain tapi teman atau lawan bicaranya sibuk?

Mungkin beberapa Beauties pernah mengalami hal seperti itu ya. Akhirnya lebih memilih untuk membuat status di sosial media hanya untuk mengutarakan isi pikiran saja. Bisa juga akhirnya memilih tidur, jalan-jalan sendirian keluar, atau menonton film dan drama. Pokoknya melakukan kegiatan yang menyibukkan diri supaya rasa kesepiannya tidak semakin menjadi-jadi.

Salah satu cara yang bisa dipertimbangkan untuk mengusir rasa kesepian bisa dengan memelihara hewan peliharaan. Dilansir dari web helpguide.org, hewan peliharaan bisa memberi efek kesehatan mental si pemilik. Kira-kira hewan apa saja sih yang bisa menjadi pilihannya? Bisa lihat di bawah ini.

1. Anjing

Wanita sedang menggendong anjing
Cara menghindari kesepian dengan mengadopsi hewan peliharaan/ Foto: unsplash/ Tamarabellis

Sejak dahulu anjing memang dikenal sebagai sahabat manusia. Sifatnya yang penurut dan setia kawan, sehingga selalu melindungi pemiliknya membuat anjing sangat disukai dan sering dipilih untuk menjadi hewan peliharaan.

Mengutip dari halaman whitneyrehab.com, interaksi dengan anjing bisa mengurangi rasa kesepian pemiliknya, terutama untuk orang yang sudah lanjut usia.

2. Kucing

Orang bersama kucing
Cara menghindari kesepian dengan mengadopsi hewan peliharaan/ Foto: pexels/ cottonbro

Mengutip tulisan Lisa Joyner dalam countryliving.com terdapat penelitian yang dilakukan oleh APGOCATS yang merupakan organisasi sosial pecinta kucing. Mengatakan bahwa kucing bisa membantu menghilangkan rasa kesepian.

Walaupun, sifat kucing yang tidak begitu menurut seperti anjing. Akan tetapi dengan kesibukan mengurus dan memanjakan kucing itulah yang bisa membantu mengusir kesepian, lho!

3. Kelinci

wanita menggendong kelinci
Cara menghindari kesepian dengan mengadopsi hewan peliharaan/ Foto: pexels/ Cottonbro

Jika Beauties tidak bisa memelihara anjing dan kucing, kelinci bisa menjadi pilihan untuk menjadi hewan peliharaan, lho. Ukurannya yang juga besar sehingga bisa dipeluk dan diurus dengan mudah. Selain itu, kelinci ternyata bisa saja dilatih agar bisa menurut.

Sebelum itu pemilik harus banyak berinteraksi dan membangun hubungan baik terlebih dahulu dengan kelincinya. Karena, jika salah penanganan kelinci malah bisa merasa stres.

4. Ikan

ikan hias air tawarikan hias air tawar/ Foto: Istimewa

Terakhir, ada hewan yang mudah untuk dirawat, yaitu ikan. Melihat ikan berenang-renang di dalam akuarium bisa memberikan ketenangan tersendiri. Membuat pikiran melayang ke mana-mana sehingga bisa melupakan rasa kesepian sejenak. 

Itulah 4 hewan yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara dan mendampingi keseharian para Beauties. Harap diingat bahwa hewan peliharaan harus diperhatikan dan diberikan kasih sayang penuh. Jangan sampai ketika Beauties sudah tidak merasa kesepian lagi, hewan peliharaannya malah diabaikan begitu saja.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id