sign up SIGN UP

Belakangan Ini Merasa Kesepian? Coba Atasi Pakai 4 Cara Ini, Beauties

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 21:30 WIB
Belakangan Ini Merasa Kesepian? Coba Atasi Pakai 4 Cara Ini, Beauties
caption

Kesepian merupakan salah satu bentuk perasaan negatif yang bisa dialami oleh setiap orang. Perasaan ini tidak hanya dialami oleh orang-orang yang kelihatannya sering menyendiri saja. Akan tetapi nyatanya orang yang kesehariannya dikelilingi oleh teman, sahabat, keluarga dan penuh dengan aktivitas sosial pun bisa merasa kesepian.

Dikutip dari website mind.org.uk, rasa sepi dan kesepian itu berbeda tapi saling berkaitan, Beauties. Orang yang merasa kesepian secara terus menerus bisa berdampak terhadap kesehatan mentalnya. Seperti depresi, gangguan kecemasan, percaya diri yang rendah, sulit tidur dan tingkat stres yang meningkat. 

Maka dari itu rasa kesepian perlu diatasi dengan segera, dan bukan untuk dinikmati. Menurut penelitian berbentuk eksperimen sosial yang dilakukan oleh BBC bersama dengan Profesor Pamela Qualter dari Manchester University dikutip dari laman seed.manchester.ac.uk, berikut cara mengatasi kesepian:

1. Carilah Aktivitas yang Mendatangkan Kesibukan

Orang yang sedang bersepeda
Cara mengatasi kesepian/ Foto: pexels / Nubia Navarro

Dengan memperbanyak aktivitas yang menyita waktu dan membutuhkan fokus tinggi, dinilai bisa membuat rasa kesepian jadi terlupakan begitu saja. Entah itu dengan bekerja, belajar, atau melakukan hal-hal lain yang positif tentunya. 

2. Cobalah untuk Aktif Bersosialisasi

Gambar 4 orang sedang berjejer
Bertemu teman bisa dilakukan untuk mengatasi kesepian/ Foto: pexels / Thirdman

Kesepian mungkin datang dikarenakan sudah lama tidak bertemu orang lain. Bisa saja terjadi karena kesibukan pekerjaan, sekolah atau bahkan keadaan yang memaksa. Contohnya saat semua di-lockdown akibat Covid-19. Tentu relatif yang merasa hampa tiba-tiba dan kesepian pun menyerang.

Untuk itu cobalah untuk aktif bersosialisasi kembali, bisa dengan cara bergabung dengan klub sosial yang diminati atau bahkan mengobrol dengan orang yang tidak dikenal baik secara langsung maupun di sosial media.

3. Ungkapkan Perasaan Kesepian dan Lebih Membuka Diri

Mengutarakan apa yang kamu pendam selama sendirian bisa melepaskan rasa sepi yang lama mengganggu.Mengutarakan apa yang kamu pendam selama sendirian bisa melepaskan rasa sepi yang lama mengganggu./ Foto: Freepik.com

Kesepian juga bisa dirasakan akibat terlalu lama memendam emosi dan permasalahan yang ada. Ketika ingin bercerita kepada orang terdekat akan tetapi berakhir ditahan sendiri, karena berpikiran bahwa mereka tidak akan mengerti permasalahan atau hal yang sedang dialami.

Untuk mengatasinya cobalah terbuka atau hanya sekadar mengatakan bahwa diri ini sedang merasa kesepian kepada orang terdekat. Baik itu keluarga ataupun sahabat, teman jauh, pokoknya yang sekiranya bisa Beauties percayai. Dengan melakukan hal ini bisa jadi rasa kesepiannya akan berkurang dan membaik.

4. Mencoba Introspeksi Diri dan Mencari Penyebab Kesepian itu Datang

Orang sedang menyendiri di alam terbuka
Introspeksi diri sebagai bentuk mengatasi rasa kesepian/ Foto: pixabay / Stock Snap

Introspeksi diri diperlukan sesekali untuk mencari tahu apa saja yang sudah dilakukan oleh diri sendiri, kekurangan yang ada pada diri dan keadaan mental yang sedang dirasakan. Dengan berintropeksi bisa dijadikan landasan untuk memperbaiki diri sehingga menjadi lebih baik lagi di kemudian harinya. Termasuk untuk mengatasi rasa kesepian ini.

Dikutip dari tulisan Robert Porter dalam website betterhelp.com, untuk mengatasi rasa kesepian hal yang harus dilakukan salah satunya yaitu mencari penyebabnya. Tentu saja jika penyebabnya telah ditemukan, akan mempermudah diri untuk melawan dan terlepas dari rasa kesepian.

Itulah keempat hal yang bisa menjadi saran untuk mengatasi rasa kesepian yang tiba-tiba datang. Jangan dibiarkan terlalu lama ya, Beauties. Supaya emosi negatif itu tidak berlarut-larut dan mengganggu mood setiap harinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id