sign up SIGN UP

Cuma 5 Menit, Ini 5 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran saat Dilanda Stres

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 22:00 WIB
Cuma 5 Menit, Ini 5 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran saat Dilanda Stres
Cara menenangkan pikiran saat dilanda stres/Foto: Getty Images/iStockphoto/mangpor_2004
Jakarta -

Di era yang kini semuanya bergerak dengan cepat, tak jarang membuat kamu jadi rentan mengalami stres, kelelahan, hingga depresi. Berada di bawah tekanan, beradaptasi dengan perubahan, rasa khawatir dan kecemasan, ketidakpastian, adalah beberapa dari sekian banyak hal yang bisa memicu timbulnya stres.

Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu stres akan mengganggu ketenangan pikiran bahkan kehidupan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengatasi stres, salah satunya dengan mencoba menenangkan pikiran.

Berikut adalah 5 cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran saat dilanda stres, hanya dalam waktu 5 menit. Yuk, cari tahu!

Mencuci Tangan

Ketika kamu dicurigai atau positif terpapar COVID-19, jangan lupa cuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi, peralatan pompa ASI, dan peralatan minum bayi.Ilustrasi mencuci tangan/Foto: Freepik

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana caranya mencuci tangan bisa membantu menenangkan pikiran? Meskipun terdengar sedikit asing, rupanya cara ini mampu membantu pikiran jadi lebih fokus, lho, Beauties!

Dilansir dari Psychology Today, dengan mendengarkan suara gemercik air dan fokus mencuci tangan, kamu bisa mengabaikan sejenak pikiran yang mengganggu. Selain itu, disarankan untuk mencuci tangan dengan air hangat agar kamu bisa merasakan kehangatan yang menjalar di pergelangan tangan. Fokuslah pada sensasi hangat dan relaksasi yang ditimbulkan.

Makan Cokelat

Manfaat CokelatIlustrasi makan cokelat/ Foto: Freepik.com/kroshka__nastya

Bukan rahasia lagi kalau makanan manis, seperti cokelat, bisa membantu memperbaiki mood jadi lebih baik. Sama halnya untuk menenangkan pikiran, cokelat juga bisa berfungsi demikian.

Cokelat mengandung phenylethylamine, yang menyebabkan otak melepaskan hormon untuk membantu perasaan jadi lebih baik, seperti dopamin dan serotonin. Studi juga telah menemukan bahwa orang yang sedang mengalami stres mengalami penurunan hormon stres usai mengonsumsi cokelat. Namun harus diingat, jangan dikonsumsi berlebihan, ya!

Mengunyah Permen Karet

Permen Karet Covid-19Ilustrasi permen karet/ Foto: Freepik.com/nakaridore

Mungkin kamu sedang berada di rapat yang panjang, terjebak di kemacetan, mengejar deadline yang begitu mepet, atau kondisi lainnya yang membuatmu begitu stres. Di kondisi seperti itu, kamu bisa mengunyah permen karet untuk membantu menenangkan hati dan pikiran, Beauties.

Dikutip dari Greatist, penelitian menunjukkan mengunyah permen karet dapat mengurangi kecemasan dan stres serta meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu, mengunyah permen karet juga membantu meningkatkan kewaspadaan serta aliran darah di otak.

Berbicara dengan Orang yang Dipercaya

Zodiak yang cocok dijadiin teman curhat/ sumber: freepik.com/ tirachardzIlustrasi sahabat/Foto: Freepik.com/ tirachardz

Salah satu cara ampuh untuk membantu menenangkan hati dan pikiran adalah dengan mengobrol dengan orang yang kamu percaya. Ketika kamu merasa sangat stres dan berada dalam tekanan, cobalah untuk menghubungi keluarga atau teman dekat, dan curahkan apa yang sedang kamu rasakan.

Mungkin mereka tidak bisa membantumu menyelesaikan masalah, namun kamu akan merasa lega selepas menceritakan apa yang sedang kamu rasakan. Mendengarkan suara orang yang kamu sayangi juga bisa membuatmu tetap tenang dan fokus pada masa kini.

Menulis Hal yang Bikin Stres

Rutinlah menulis sebuah catatan ahrian tentang diris erta perasaanmu agar dapat membantu menemukan penyelesaiand ari apa yang kamu butuhkan.Ilustrasi menulis/Foto: Freepik.com/Freepik

Menulis telah digunakan banyak orang untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan. Melalui menulis, kamu dapat melepaskan perasaan yang terpendam, melepaskan diri dari stres sehari-hari, dan melepaskan pikiran negatif.

Itulah beberapa cara ampuh dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu menenangkan pikiran saat dilanda stres. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id