sign up SIGN UP

Merasa Takut Tambah Dewasa? Jangan Khawatir, Coba Cara Ini Buat Menghadapinya!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 09:45 WIB
Merasa Takut Tambah Dewasa? Jangan Khawatir, Coba Cara Ini Buat Menghadapinya!
caption

Pernah mendengar kalimat 'takut tambah dewasa' yang belakangan ini jadi istilah tren di kalangan anak muda, Beauties? Istilah itu bukan hanya sekadar kalimat saja, lho. Ada sebuah sebuah fase bernama quarter life crisis yang bisa terjadi pada siapa saja. Pada fase ini akan timbul banyak kekhawatiran dalam hidup, salah satu yang paling sering, tak lain khawatir akan masa depan.

Meskipun begitu, ketakutan menjelang usia dewasa nantinya bisa saja akan terjadi pada semua orang. Biar nggak terlalu khawatir, ternyata ada hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi fase quarter life crisis ini.

Lantas sebenarnya apa sih quarter life crisis dan bagaimana cara menghadapi kekhawatiran di usia menjelang dewasa? Simak selengkapnya lewat artikel berikut ini!

Mengenal Quarter Life Crisis

Mengenal tentang quarter life crisis yang wajar terjadi menjelang usia dewasa.
Cara mengatasi kekhawatiran saat beranjak dewasa/freepik/tirachardz

Sebelum mencari tahu soal cara menghadapi kekhawatiran menjelang dewasa, ada baiknya buat kenalan dulu sama quarter life crisis, Beauties. Sebenarnya fase seperti apa sih ini? Mengutip dari Forbes, quarter life crisis atau disebut juga sebagai krisis seperempat kehidupan adalah sebuah krisis identitas secara emosional dan kepercayaan diri.

Biasanya fase ini terjadi saat seseorang menemukan kenyataan kalau hidup yang harus dihadapi tak sesuai ekspektasi maupun apa yang dipikirkan. Selain itu, saat mengalaminya seseorang dapat tidak jujur tentang dirinya sendiri tapi juga tidak yakin siapa ia sebenarnya.

Kebingungan yang dialami inilah membuat orang yang mengalami krisis seperempat kehidupan seringkali dilanda kekhawatiran, stres, hingga hilang arah. Meskipun kebanyakan mengalami kekhawatiran soal karier, tapi tak menutup kemungkinan ada juga yang was-was tentang finansial, kesehatan, hingga hubungan di masa depan.

Alasan Seseorang Takut Dewasa

Alasan seseorang takut untuk menjadi dewasa.
Cara mengatasi kekhawatiran saat beranjak dewasa/freepik/freepik

Krisis seperempat kehidupan biasanya terjadi pada individu yang memasuki usia menjelang dewasa, Beauties. Tapi nggak menutup kemungkinan juga ada yang baru mengalaminya saat mereka benar-benar sudah dewasa. Kekhawatiran akan kehidupan dewasa menjadi hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Lantas apa yang membuat kehidupan dewasa seringkali dikhawatirkan?

Dilansir dari Very Well Mind, alasan individu merasa takut menjadi dewasa salah satunya, karena kurangnya role model atau sosok dewasa teladan yang baik. Hal ini sangat berpengaruh pada pandangan tentang kedewasaan. Lalu ada sebuah pemikiran kalau menjadi dewasa tidak selalu menyenangkan. Terlebih sebagian orang dewasa akan menjalani tugas yang berulang-ulang setiap harinya.

Selanjutnya ada juga ketakutan saat harus sendirian. Ini berkaitan dengan kondisi orang dewasa yang dituntut untuk mandiri dan seringkali melakukan apa-apa sendiri. Selain itu, trauma masa kecil, penuaan, dan juga kematian juga bisa menjadi alasan bagi sebagian orang untuk menjadi dewasa.

Tahapan Krisis Seperempat Kehidupan

Tahapan yang dialami saat seseorang tengah merasakan quarter life crisis.
Cara mengatasi kekhawatiran saat beranjak dewasa/freepik/cookie_studio

Walaupun krisis seperempat kehidupan terjadi saat seseorang menjelang dewasa, tapi ternyata ada tahapan umum yang berlangsung selama fase itu. Melansir dari Mind Body Green, seorang terapis berlisensi bernama De-Andrea Blaylock-Solar, MSW, LCSW-S, CST mengungkap ada empat tahap yang dilalui individu selama mengalami krisis seperempat kehidupan. 

Pertama disebut sebagai krisis awal di mana seseorang akan merasa tanpa arah, terjebak, hingga tak bisa yakin pada diri sendiri. Pada tahap ini biasanya akan terjadi pergolakan secara dramatis, perubahan, dan kekecewaan dalam hidup individu. Kedua disebut sebagai pergolakan yang berarti di tahap ini seseorang bakal mempertanyakan semua yang terjadi, merasa sangat terisolasi, sampai ketakutan untuk bisa bergerak maju.

Selanjutnya ada tahapan ketiga yang ditandai dengan keputusan untuk membuat langkah. Setelah mengalami pergulatan dan perasaan campur aduk menghadapi krisis seperempat kehidupan, individu akan mulai melihat adanya harapan dan memahami perubahan yang tengah terjadi. Bukan hanya itu, ia pun akan membuat perubahan dalam hidupnya buat menuju kehidupan yang diinginkan.

Lalu terakhir, di tahapan keempat disebut sebagai resolusi. Hal ini berarti individu telah mengumpulkan sumber daya diri sendiri dan menemukan cara agar bisa bergerak maju. Pada tahap ini biasanya seseorang akan lebih percaya diri dan cenderung merasa puas akan hidup yang dijalani.

Cara Menghadapi Kekhawatiran

Berbagai cara menghadapi quarter life crisis dan mengatasi kekhawatiran yang terjadi.
Cara mengatasi kekhawatiran saat beranjak dewasa/freepik/mego-studio

Menjadi dewasa nggak selalu buruk kok, Beauties. Meskipun tak mudah, tapi jangan khawatir karena terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan buat bisa menghadapinya. Dikutip dari berbagai sumber sebelumnya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali diri sendiri secara perlahan. Kondisi ini memang butuh kesabaran, tapi saat kamu mampu mengenali diri sendiri nantinya, maka akan lebih mudah buat memutuskan apa yang harus dilakukan ke depannya.

Selanjutnya, jangan ragu untuk berbagi kisah dengan orang terdekat. Menjalani krisis seperempat kehidupan akan lebih terasa menyenangkan buat dijalani saat kamu bisa menemukan orang yang tepat buat bercerita. Tapi jangan lupa buat selalu memilih dan memilah apa yang benar-benar terbaik bagi diri kamu, ya.

Lalu cobalah untuk menemukan hal-hal yang menarik dan membuat kamu bahagia. Jangan ragu buat mencoba hobi baru, mempelajari keterampilan lain, sampai mengeksplorasi kemampuan diri. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan diri agar menjadi lebih kuat dan juga menikmati apa yang berhasil atau tidak berhasil dalam perjalanan kedewasaan. Selamat mencoba, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id