STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Tanda Kamu adalah Seorang Introvert, tapi Punya Jiwa Ekstrovert, Cek Rasakan Salah Satunya?

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 17:30 WIB
4 Tanda Kamu adalah Seorang Introvert, tapi Punya Jiwa Ekstrovert, Cek Rasakan Salah Satunya?
Tanda Kamu Orang Introvert yang Ekstrovert/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Beauties, apakah kamu pernah mengikuti tes MBTI? Jika iya, kamu akan familiar dengan tipe kepribadian yang ada yaitu introvert atau ekstrovert. Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Menurut Very Well Mind, seseorang lebih suka disebut introvert atau ekstrovert. Padahal sisi introvert dan ekstrovert bisa muncul seimbang pada satu orang atau yang bisa disebut sebagai ambivert.

Istilah introvert dan ekstrovert pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikiater asal Swiss bernama Carl Jung pada tahun 1920-an. Saat melakukan penelitian Carl Jung menemukan istilah ambivert untuk orang-orang yang tidak tidak mengidentifikasi dirinya sebagai introvert atau ekstrovert.

Istilah ambivert kemudian digunakan oleh para psikolog sejak tahun 1940-an, tapi publik masih lebih familiar dengan introvert dan ekstrovert saja.

Apa sih yang membuat kamu adalah seorang ambivert? Ini 4 tanda kamu seorang introvert yang ekstrovert, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Orang Lain Memberikan dan Menguras Energi

4 Tanda Kamu Orang Introvert yang Ekstrovert, Apa Kamu Salah Satunya?
Orang lain memberikan dan menguras energi/Foto: pexels.com/Polina Tanilevitch

Kepribadian ekstrovert senang bertemu orang lain untuk mengisi energi, sedangkan introvert malah sebaiknya.

Kepribadian ambivert secara seimbang mengisi energi dengan bertemu orang lain, jadi kepribadian ini tetap suka bersosialisasi dan bertemu orang baru. Tetapi ketika terlalu lama bersama orang lain, energimu juga bisa terkuras habis. Biasanya kamu akan mengisi energi kembali dengan mencari waktu sendirian bersama dirimu sendiri.

2. Kamu Merencanakan Berapa Waktu yang Ingin Dihabiskan

4 Tanda Kamu Orang Introvert yang Ekstrovert, Apa Kamu Salah Satunya?
Kamu merencanakan waktu keluar rumah/Foto: pexels.com/Elevate

Seseorang dengan tipe kepribadian ambivert biasanya lebih suka pergi ke rumah orang lain atau bertemu di tempat umum seperti café daripada orang lain yang pergi ke tempat tinggalnya.

Ketika kamu berada di rumah temanmu, kamu bisa menentukan berapa lama kamu ingin berada di sana. Dikutip dari Symptoms of Living, biasanya seorang ambivert akan menghitung berapa lama kamu di luar agar merasa lebih siap dengan situasi yang akan dihadapi.

3. Kamu Lebih Suka Chatting tapi Bisa Menelepon dalam Waktu Lama

4 Tanda Kamu Orang Introvert yang Ekstrovert, Apa Kamu Salah Satunya?
Kamu bisa menelepon dalam waktu lama/Foto: pexels.com/Ron Lach

Introvert membutuhkan banyak energi untuk melakukan percakapan melalui telepon, maka mereka akan lebih suka berkirim pesan atau chatting. Mereka juga tidak suka tiba-tiba ditelepon tanpa memberi kabar terlebih dulu.

Dikutip dari Introvert Dear, kamu adalah seorang introvert yang ekstrovert jika kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di telepon dengan keluarga atau sahabat dekatmu. Hal ini cenderung terjadi ketika kamu ingin berdiskusi tentang suatu hal yang berarti untukmu, seperti harapan atau impian.

4. Kamu Sering Dianggap sebagai Ekstrovert

4 Tanda Kamu Orang Introvert yang Ekstrovert, Apa Kamu Salah Satunya?
Kamu sering dianggap ekstrovert/Foto: pexels.com/RF Studio

Kamu yang merasa memiliki kepribadian introvert bisa dilihat berbeda dari prespektif orang lain. Jika kamu pernah dianggap ekstrovert oleh orang lain karena sangat pandai memposisikan diri ketika bersosialisasi, kamu bisa disebut memiliki kepribadian ambivert. Padahal setelah bersosialisasi dan pergi keluar seharian, kamu butuh waktu untuk mengisi ulang energimu dengan menghabiskan waktu sendirian.

Tidak ada salahnya kamu adalah seorang introvert yang juga memiliki jiwa ekstrovert. Yang paling penting kamu tetap nyaman menjalani hari-hari menjadi dirimu sendiri. Semoga bermanfaat ya, Beauties!

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE