STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi di Tempat Kerja, Termasuk Kamu?

Michelle Florenzia | Beautynesia
Senin, 21 Nov 2022 22:30 WIB
4 Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi di Tempat Kerja, Termasuk Kamu?
Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi di Tempat Kerja/Foto: Getty Images/iStockphoto/Akacin Phonsawat

Beauties, seseorang yang hebat dalam pekerjaannya tentu punya ilmu, kecerdasan, dan visi. Namun ternyata ada yang membedakan para pemimpin paling sukses dengan yang lainnya, yaitu dengan memiliki kecerdasan emosional. Sejatinya dalam pekerjaan dibutuhkan kemampuan untuk mengidentifikasi atau mengelola emosi dan stres agar dapat bertahan di lingkungan kerja.

Dilansir dari situs CNBC, menurut penelitian, perusahaan saat ini semakin melihat kecerdasan emosional saat merekrut, mempromosikan, dan mengembangkan karyawan mereka. Semakin banyak memiliki kecerdasan emosional, maka diyakini akan semakin baik kinerjanya.

Seorang psikolog dari Harvard University, Daniel Goleman menemukan bahwa kecerdasan emosional terdiri dari empat domain. Lantas apa saja tanda kamu memiliki kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja dan bagaimana cara mengembangkannya? Dirangkum dari Women Working, simak ulasannya berikut ini!

1. Memiliki Kesadaran Diri

kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja
kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja/foto: unsplash.com

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi kamu sendiri. Ini memungkinkan kamu untuk mengetahui apa yang kamu rasakan, mengapa, dan serta bagaimana perasaan itu membantu atau menyakiti kamu dengan apa yang akan kamu coba lakukan.

Memiliki kesadaran emosional berarti kamu memahami kekuatan dan keterbatasan kemampuan kamu. Pada ciri ini, kamu tahu kapan harus mengandalkan tim.

Cara mengembangkan keterampilan:

Setiap saat adalah kesempatan untuk melatih kesadaran diri. Salah satu kunci terbesar adalah mengakui keterbatasan kamu. Jika kamu kesulitan dengan sesuatu di tempat kerja, jujurlah pada diri sendiri tentang keterampilan apa yang kamu perlukan agar dapat berhasil mengerjakan sesuatu.

2. Memiliki Manajemen Diri

kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja
kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja/foto: unsplash.com

Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dan menahan emosi yang mengganggu. Ini adalah keterampilan yang ampuh bagi para pemimpin, terutama saat krisis dikarenakan orang-orang akan mengandalkanmu untuk memberikan kepastian. Jika kamu tenang, maka yang bawahanmu juga ikut tenang. 

Cara mengembangkan keterampilan:

Pada saat krisis atau kesusahan, janganlah panik. Ambil napas dalam-dalam dan periksa emosi kamu. Alih-alih meledak, beri tahu mereka apa yang salah dan tawarkan beberapa solusi. Terimalah bahwa akan selalu ada perubahan dan tantangan yang tiba-tiba muncul dalam hidup. Cobalah memahami konteks situasi tertentu dan sesuaikan prioritas atau strategi kamu berdasarkan apa yang paling penting saat itu.

3. Memiliki Kesadaran Sosial

kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja
kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja/foto: unsplash.com

Kesadaran sosial menunjukkan ketepatan dalam membaca dan menafsirkan emosi orang lain, sering kali melalui isyarat non-verbal. Pemimpin yang memiliki kesadaran sosial mampu berhubungan dengan berbagai orang, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan dapat berkomunikasi secara efektif.

Cara mengembangkan keterampilan:

Perlu diketahui bahwa kesadaran sosial membutuhkan keterampilan mendengarkan dengan baik. Jangan membicarakan orang lain atau mencoba mengecoh orang lain. Ajukan pertanyaan dan undang orang lain untuk melakukan sebaliknya. 

Berlatihlah juga untuk menempatkan diri kamu pada posisi orang lain. Ketika kamu sering melakukan hal ini, maka kamu akan lebih peka terhadap apa yang dialami orang tersebut, dan kecil kemungkinan mereka akan menggertak.

4. Memiliki Manajemen Hubungan yang Baik

kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja
kecerdasan emosional tinggi di tempat kerja/foto: unsplash.com

Manajemen hubungan adalah seperangkat keterampilan antarpribadi yang memungkinkan seseorang untuk bertindak dengan cara yang memotivasi, menginspirasi, dan menyelaraskan dengan orang lain sekaligus menjaga hubungan yang penting.

Cara mengembangkan keterampilan:

Jika kamu adalah orang yang selalu negatif, maka kamu akan kesulitan mengelola hubungan jangka panjang. Alih-alih berfokus pada hal yang terburuk yang bisa terjadi, cobalah kamu melihat diri kamu sebagai agen perubahan positif.

Janganlah takut untuk melawan norma konvensional atau dalam mengambil suatu risiko. Orang-orang seperti ini pada akhirnya membuat orang yang bekerja dengan mereka terinspirasi, termotivasi, dan merasa terhubung.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE