BILLBOARD
970x250

5 Cara Berbasis Sains Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan IQ Dalam 30 Hari, Tertarik Mencoba?

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 21 Mar 2022 09:45 WIB
5 Cara Berbasis Sains Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan IQ Dalam 30 Hari, Tertarik Mencoba?

Intelligence quality atau yang biasa disingkat IQ merupakan salah satu hal yang sering dipakai untuk 'menjelaskan' kemampuan intelektual seseorang. Biasanya hal ini bisa dilihat dari kemampuan dalam merencanakan, menalar, memecahkan masalah, memahami gagasan, daya tangkap, berpikir abstrak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentunya kemampuan-kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika orang-orang berpikir untuk berusaha meningkatkan IQ nya. Dikutip dari Inc, ternyata ada beberapa cara berbasis sains untuk meningkatkan IQ dalam 30 hari. Simak selengkapnya di bawah ini.

Bermain Catur

Ilustrasi bermain catur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bermain catur/ Foto: Freepik.com

Cara yang pertama adalah bermain catur. Ada alasan mengapa catur telah dimainkan selama berabad-abad oleh bangsawan. Permainan catur yang cenderung rumit dan kompleks membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, merangsang otak dan meningkatkan konsentrasi yang membantu memperkuat corpus callosum. Corpus callosum sendiri adalah bagian dari otak yang menghubungkan dua belahan.

Hal ini juga didukung oleh penelitian di Venezuela, di mana anak-anak yang mengikuti kelas catur selama 14 minggu secara signifikan, meningkatkan IQ mereka. Tidak sampai di situ saja, studi lain pada 2003 dari Flinders University di Australia juga menghasilkan kesimpulan yang sama di mana peserta yang bermain catur menunjukkan peningkatan tingkat IQ.

Belajar Bahasa Baru

Ilustrasi belajar bahasa/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi belajar bahasa/ Foto: Freepik.com

Menurut ilmu saraf, belajar bahasa asing membuat otak bertumbuh. Hal tersebut dikarenakan, munculnya navigasi seperangkat aturan baru yang kompleks seperti tata bahasa yang berbeda dari bahasa ibu. Pada akhirnya hal itu akan memaksa penebalan kortikal dan peningkatan volume hipokampus.

Dalam bahasa sederhananya, hal ini berarti bahwa belajar bahasa baru dapat menyebabkan pusat bahasa di otak berkembang, yang pada akhirnya membantu tugas-tugas bahasa lainnya seperti bernegosiasi, membaca dan memecahkan masalah.

Latihan Aerobik

Ilustrasi olahraga/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi olahraga/ Foto: Freepik.com

Latihan aerobik baik untuk otak. Hal ini didukung oleh fakta bahwa berolahraga meningkatkan kemampuan IQ jauh lebih banyak daripada bermain game otak online. Tidak sampai di situ saja, sebuah penelitian di Swedia membuktikan bahwa kebugaran kardiovaskular, benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan hingga 50%. Adanya peningkatan kebugaran kardiovaskular ini dikaitkan dengan skor kognitif yang lebih baik.

Bermeditasi

Ilustrasi meditasi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi meditasi/ Foto: Freepik.com

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa bermeditasi selama 20 menit sehari tidak hanya meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam hal pemrosesan kognitif yang mendalam.

Hal ini bisa menjadi inti yang dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih inovatif. Mungkin setelah mengetahui hal ini kamu bisa berpikir untuk mengganti 20 menit waktu berselancar di sosial media dengan melakukan meditasi.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi tidur cukup/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi tidur cukup/ Foto: Freepik.com

Menurut penelitian dari Universitas Loughborough, setiap jam yang kurang dari 8 jam tidur yang direkomendasikan setiap malam, dapat menurunkan 1 poin penuh dari IQ. Lebih lanjut, laporan terkait hal ini menyimpulkan bahwa kehilangan 2 jam tidur setiap malam secara teratur dapat menyebabkan seseorang dengan IQ rata-rata menjadi terbelakang.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE