5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja, Penting agar Performa Optimal

Gabriella Gebby | Beautynesia
Rabu, 20 Dec 2023 06:30 WIB
Minta Saran dari Orang yang Menjadi Panutan
Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Christina Morillo

Kepercayaan diri yang tinggi nggak dimiliki semua orang secara alami. Rasa percaya diri ini harus dilatih perlahan hingga mulai merasa nyaman dengan kemampuan sendiri.

Seseorang akan mengalami perasaan percaya diri yang naik atau turun karena sebuah kondisi maupun sedang berhadapan dengan orang tertentu. Ini sederet tips yang dikutip dari Forbes untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu saat di tempat kerja. Check it out! 

Berikan Kritik Bijak pada Diri Sendiri

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Christina Morillo

Berhentilah menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang sudah dilakukan. Melihat sisi baik dari dalam diri dan fokus pada perubahan masa depan akan membawa dampak yang lebih positif. Jangan lupa untuk memberikan afirmasi yang baik untuk diri sendiri agar pikiran selalu merasa tenang. 

Kenali Diri Sendiri

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Jopwell

Sebaiknya kamu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya dirimu. Misalnya kamu lebih percaya diri saat melakukan presentasi, maka buatlah materi yang kamu kuasai dengan baik, serta bangun interaksi yang menyenangkan dengan audiens. Fokuslah pada kekuatan yang kamu miliki dibandingkan dengan kekuranganmu.

Mempelajari Skill Pemimpin

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Walaupun nggak semua orang bisa menjadi pemimpin, setidaknya ada beberapa skill pemimpin yang wajib kamu punya. Misalnya membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja, sehingga meminimalisir kesalahpahaman atau perdebatan.

Skill lain yang bisa diasah adalah mengelola sesuatu secara terstruktur. Misalnya kamu bisa membuat to do list pribadi yang rapi sehingga pekerjaanmu dapat dikontrol dengan lebih baik.

 

Punya Tujuan yang Jelas

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Christina Morillo

Biasanya orang yang punya tujuan akan lebih bersemangat melakukan apapun demi sampai pada keinginannya. Kamu bisa menyusun tujuan dalam skala kecil hingga besar di kemudian hari agar setiap tindakan yang akan dilakukan penuh dengan pertimbangan matang. Kamu juga akan menjalani hari-harimu di kantor dengan lebih bahagia.

Minta Saran dari Orang yang Menjadi Panutan

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Dunia Kerja/Foto: pexels.com/Christina Morillo

Bertemu dengan banyak orang dapat membuat pikiranmu lebih terbuka luas. Setiap orang punya pandangan yang berbeda pada sebuah hal sehingga kamu dapat melihat dari berbagai sudut pandang. Kamu bisa berdiskusi mengenai hal-hal yang ingin diasah dalam dirimu pada orang yang dirasa menjadi panutan untuk sukses. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

RELATED ARTICLE