sign up SIGN UP

5 Cara Mudah Tingkatkan Kecerdasan Intrapersonal, Bisa Dimulai dari Rajin Membaca Kok!

Phanie Fauziah | Sabtu, 18 Sep 2021 06:15 WIB
5 Cara Mudah Tingkatkan Kecerdasan Intrapersonal, Bisa Dimulai dari Rajin Membaca Kok!
caption

Kecerdasan sangatlah beragam jenisnya. Selama ini mungkin kita hanya tahu dan fokus pada kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Sementara kecerdasan intrapersonal dan interpersonal kurang kita fokuskan.

Nah, kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan kita untuk mendalami diri kita sendiri, dalam artian bagaimana kita memahami diri sendiri. Kecerdasan intrapersonal tentunya perlu kita perhatikan, agar mengenal diri kita lebih dalam. Sehingga kita mampu mengendalikan diri kita dengan baik dan juga memahami orang lain.

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal

Beauties, kita bisa meningkatkan kecerdasan intrapersonal dengan lima cara berikut ini. Simak yuk!

1. Membaca Buku dan Terus Belajar

Membaca Buku
Membaca Buku Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal/Pexels/streetwindy

Kita bisa menggali kecerdasan intrapersonal dengan membaca buku dan terus belajar mengembangkan kemampuan lainnya. Dengan membaca kita akan lebih banyak mengeksplor diri kita, termasuk dengan kemampuan yang dimiliki.

2. Menulis Buku Harian

Menulis Diary
Menulis Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal/Pexels/Andrea Piacquadio

Mungkin kita berpikir menulis buku harian terdengar berlebihan. Padahal, dengan menulis tentang keseharian kita bisa mengungkapkan perasaan kita secara mendalam. Menulis juga bisa membuat kita mengamati keadaan sekitar dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

3. Me Time dan Istirahat Sejenak

Me Time
Me Time dan Istirahat Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonall/Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Usahakan untuk memiliki waktu luang sendiri, minimal dengan meluangkan waktu untuk istirahat sejenak. Beri ruang kita untuk bernafas dan memiliki me time melepaskan sejenak beban yang ada di pundak kita.

Kita juga bisa menyempatkan waktu ini sebagai bahan introspeksi diri agar lebih baik, lebih tenang, dan tentunya lebih produktif dalam menjalani keseharian yang dijalani.

4. Mengikuti Kegiatan Sosial

Mengikuti Kegiatan Sosial
Mengikuti Kegiatan Sosial Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal/Pexels/RODNAE Production

Intrapersonal bukan hanya mengenai perasaan kita namun juga belajar meraba perasaan orang lain atau berempati terhadap orang lain. Maka dari itu, kita bisa meningkatkan kecerdasan intrapersonal dengan mengikuti kegiatan sosial.

Biasanya orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi sulit berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan sosial. Nah, agar seimbang dan semakin meningkat mengikuti kegiatan sosial merupakan pilihan yang tepat, karena kita juga bisa memahami perasaan orang lain secara mendalam.

5. Mengembangkan Kecerdasan Lainnya

Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal
Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal/Pexels/Karolina Grabowska

Kecerdasan tidak hanya intrapersonal saja, masih banyak kecerdasan lainnya. Jika kita ingin meningkatkan kecerdasan intrapersonal, maka kenali kemampuanmu dengan mengembangkan kecerdasan lainnya.

So, Beauties jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan intrapersonal, lakukan kelima cara di atas ya. Selamat mencobanya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id