sign up SIGN UP

5 Ciri-ciri Orangtua Toksik yang Tanpa Disadari Melukai Psikologis Anak, Duh!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 07:29 WIB
5 Ciri-ciri Orangtua Toksik yang Tanpa Disadari Melukai Psikologis Anak, Duh!
caption

Pola perilaku orangtua pada dasarnya sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak. Jika orangtua menjadi toksik, anak-anak mereka akan tumbuh dengan rasa ketakutan, rasa bersalah, atau bahkan tidak pernah belajar dari kesalahan. 

Melansir Healthline, orangtua toksik merupakan orang tua yang konsisten menunjukkan perilaku yang cenderung negatif terhadap anaknya, sehingga ini akan memengaruhi kondisi psikologis anak. 

Berikut adalah ciri-ciri orangtua toksik yang tanpa disadari melukai psikologis anak. Simak yuk!

1. Kurang Memerhatikan Anaknya 

ciri-ciri orang tua toxic
ciri-ciri orangtua toksik/ Foto: Pexels.com/ Cottonbro

Melansir HaiBunda, ciri-ciri ciri-ciri orangtua toksik yang pertama adalah ketika mereka terlalu fokus pada diri sendiri hingga mengabaikan kepentingan sekitar, termasuk anaknya sendiri. Mereka cenderung memperhatikan diri sendiri dibandingkan anak-anaknya. 

Jika diteruskan, anak-anak akan merasa kesepian dan merasa kehadirannya malah tidak diperlukan. Mereka akan cenderung menutup diri dan ragu untuk bersosialiasi dengan orangtuanya. 

2. Suka Mengatur Secara Berlebihan 

ciri-ciri orang tua toxic
ciri-ciri orangtua toksik/ Foto: Pexels.com/ Agus De Ricelieu

Selain kurang memperhatikan anaknya, suka mengatur secara berlebihan juga merupakan ciri-ciri orangtua toksik. Ketika orangtua mengatur anaknya secara berlebihan, maka mereka juga akan merasakan kurangnya keleluasaan dalam melakukan sesuatu atau mengambil keputusan. 

Contohnya, mungkin Beauties pernah melarang anak memilih pakaian yang mau mereka pakai, karena biasanya mereka memilih warna yang tidak serasi. Daripada marah besar dan memaksa untuk mengikuti arahanmu, sebaiknya ajarkan mereka cara memilih pakaian yang tepat agar warnanya bisa serasi.

3. Kurang Memberikan Batasan kepada Si Kecil 

ciri-ciri orang tua toxic
ciri-ciri orangtua toksik/ Foto: Pexels.com/ Lukas

Ciri-ciri lainnya yang menunjukkan orangtua yang toksik adalah ketika kamu kurang memberikan batasan kepada Si Kecil. Ini malah menjerumuskan mereka karena mereka jadi gagal memahami mana hal yang boleh atau dilarang untuk dilakukan. 

Kemungkinan besar mereka akan tetap melakukan hal yang sebenarnya tidak baik untuk dilakukan anak seumur mereka. 

4. Menyalahkan Anak Secara Berlebihan 

ciri-ciri orang tua toxic
ciri-ciri orangtua toksik/ Foto: Pexels.com/ Max F.

Melansir Cleveland Clinic, menyalahkan anak secara berlebihan padahal bukan merupakan kesalahannya juga merupakan ciri-ciri orangtua yang toksik. Contohnya, menyalahkan anak karena masalah di dalam rumah tangga. 

Terlalu menyalahkan anak dapat mengganggu perkembangan psikologis mereka, karena mereka merasa dirinya tidak berharga di mata orangtuanya sendiri. 

5. Melakukan Kekerasan Fisik Maupun Verbal 

ciri-ciri orang tua toxic
ciri-ciri orangtua toksik/ Foto: Pexels.com/ Flora W.

Melakukan kekerasan secara fisik maupun verbal pada dasarnya dapat melukai sisi psikologis seorang anak. Mereka jadi merasa takut berlebihan pada orangtuanya, dan ini akan mempengaruhi hubungan antara anak dan orangtuanya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id