STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ciri-ciri Hubungan yang Toksik, Ada yang Sedang Kalian Jalani? Sebaiknya Pertimbangkan untuk Mengakhirinya..

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Selasa, 31 May 2022 06:00 WIB
Ciri-ciri Hubungan yang Toksik, Ada yang Sedang Kalian Jalani? Sebaiknya Pertimbangkan untuk Mengakhirinya..

Menjalin hubungan percintaan dengan pasangan tentunya selalu ingin menjalani hal-hal yang manis dan kalau bisa terlepas dari masalah maupun cekcok. Harapannya dalam merajut kasih juga ingin mengenal kepribadian masing-masing secara mendalam. Namun, seringkali di dalam suatu hubungan pasti tak terhindarkan yang namanya konflik, bahkan hingga berkepanjangan.

Semakin lama mengenal, semakin kamu tahu juga bagaimana karakter dan watak pasangan. Di awal mungkin terasa cocok dan hanya terlihat sifat baiknya saja, namun lama kelamaan kamu mulai tahu bagaimana kepribadian pasanganmu yang sesungguhnya.

Jika dulu ingin bersama karena merasa saling memahami dan melengkapi, namun setelah dijalani merasa tertekan dan nggak bahagia. Kalau kamu sudah merasakan hal ini, mungkin hubungan kalian sudah nggak sehat atau kata lainnya “toxic relationship”. Apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak!

1.  Manipulatif

Manipulatif/ Foto: Freepik/Freepik
Manipulatif/ Foto: Freepik/Freepik

Jika pasanganmu pandai memainkan kata dan mengontrol keadaan, membuatmu menjadi merasa sebagai pihak bersalah padahal tidak demikian, maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengakhirinya, Beauties.

Kenapa? Seseorang yang memiliki sifat manipulatif akan sangat pandai berbohong dan pura-pura peduli akan keadaanmu hingga membuat kamu kembali berempati dan nggak bisa lepas dari dia. Bila awalnya dia yang seharusnya bersalah, tetapi dia dapat membangun pemikiran bahwa dia benar dan berujung dirimu yang harus meminta maaf. Pola seperti ini cenderung akan terus berlanjut.

2.  Cemburu Buta

Cemburu Buta/ Foto: Freepik/DCStudio
Cemburu Buta/ Foto: Freepik/DCStudio

Dalam suatu hubungan merupakan hal yang wajar apabila sesekali merasakan cemburu jika melihat pasangan bersama orang lain. Namun, hal ini nggak menjadi alasan untuk membuat pasangan nggak bebas dan merasa terkekang dalam bergaul.

Melansir dari detikWolipop, cemburu terus menerus hingga melarang pasangan berteman dengan siapapun merupakan toxic relationship yang sayangnya seringkali dimaklumi dalam suatu hubungan, sebab kerap dianggap hal yang biasa.

Kamu perlu membedakan mana cemburu yang masih dalam batasan wajar maupun tidak.

3.  Kontrol Berlebih

Kontrol Berlebih/ Foto: Freepik/Wayhomestudio
Kontrol Berlebih/ Foto: Freepik/Wayhomestudio

Dalam menjalin hubungan, pasangan idealnya memahami batasan-batasan yang tidak boleh dilewati oleh masing-masing pihak, yakni tetap harus memberikan ruang dan privasi bagi pasangan.

Hindari terlalu posesif dan mengekang karena pada dasarnya di dalam suatu hubungan, kamu dan dia memiliki posisi yang sejajar dan seimbang.

4. Diliputi Emosi Negatif

Emosi Negatif/ Foto: Freepik/Yanalya
Emosi Negatif/ Foto: Freepik/Yanalya

Emosi dalam hal ini nggak selalu mengenai marah dan ribut. Jika bersama pasanganmu selalu diliputi perasaan-perasaan negatif yang nggak pernah kamu alami, maka hubungan tersebut patut kamu pertimbangkan kelanjutannya.

Melansir dari detikHealth, salah satu tanda hubungan toxic adalah timbulnya emosi negatif, misalnya muncul rasa takut, insecure atau nggak percaya diri, pesimis, dan kecil hati terhadap diri sendiri.

Hubungan bersama pasangan seharusnya membawa kamu ke arah yang lebih positif dan membantu kamu menjadi versi terbaik dirimu. Jika pasangan hanya menghambat dan membuatmu stres terbawa pikiran, maka jangan ragu untuk tinggalkan demi kebaikanmu, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE