sign up SIGN UP

5 Fakta Menarik Pulau Kihnu di Estonia yang 90 Persen Warganya adalah Perempuan, Tertarik Tinggal di Sini?

Risqi Nurtyas Sri Wikanti | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 15:00 WIB
5 Fakta Menarik Pulau Kihnu di Estonia yang 90 Persen Warganya adalah Perempuan, Tertarik Tinggal di Sini?
Fakta Menarik tentang Pulau Kihnu di Estonia yang 90% Warganya adalah Perempuan/Foto: Gamma-Rapho via Getty Images/Jean-Luc LUYSSEN

Beauties, masih ingat tentang Desa Umoja di Kenya, Afrika yang hanya dihuni oleh perempuan? Ternyata, ada sebuah daerah di Negara Estonia, kawasan Baltik di Eropa Utara yang hampir mirip situasinya dengan Desa Umoja.

Sebuah pulau bernama Kihnu di Estonia 90 persen warganya adalah perempuan. Dijuluki Pulau Perempuan, perempuan di sini melakukan segala pekerjaan yang dilakukan para pria. Selain itu, mereka juga dengan ketat terus menjaga tradisi nenek moyang. 

Bagaimana kisah lengkap tentang Pulau Kihnu yang banyak dihuni perempuan ini? Simak fakta menariknya di bawah ini yang dihimpun dari Al Jazeera dan The Independent.

Ke Mana Para Pria?

Kebanyakan pria di Pulau Kihnu bekerja sebagai nelayan. Maka dari itu, mereka pergi melaut selama berbulan-bulan, meninggalkan istri dan anak-anak mereka di rumah. Satu peran paling penting yang dimiliki oleh pria di Pulau Kihnu adalah mencari uang.

Absennya pria di rumah dan lingkungan sekitar Pulau Kihnu sudah dimulai sejak abad ke-19. Pada waktu itu, para pria sudah bekerja sebagai nelayan dan pemburu anjing laut. Pekerjaan tersebut membuat mereka pergi jauh di waktu yang lama dalam satu waktu.

Ketika berkunjung ke Pulau Kihnu di musim pergi melaut, momen bertemu dengan pria di daerah ini bisa dihitung dengan jari. Kalau bukan anak-anak, yang ada hanya pria yang bekerja membangun rumah.

Segala Pekerjaan Mereka Lakukan

Perempuan Pulau Kihnu sedang merajut kain untuk kerajinan tangan/ Foto: Getty Images
Perempuan Pulau Kihnu sedang merajut kain untuk kerajinan tangan/ Foto: Getty Images

Dalam pernyataan di atas, peran utama pria adalah mencari uang. Hal tersebut membuat para perempuan mengambil banyak peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah mengurus rumah tangga, menggembala ternak, memperbaiki mesin traktor, bahkan memimpin doa di gereja ketika sang pendeta absen.

Sebuah hal paling vital bagi para perempuan Pulau Kihnu yang menjadi landasan mereka adalah keinginan untuk melestarikan tradisi. Tradisi di Pulau Kihnu yang masih terus dilestarikan adalah tari dan musik tradisional, serta kerajinan tangan.

Sebenarnya, ada satu hal yang belum bisa dilakukan para perempuan sendiri, yakni menggali kubur bagi orang yang meninggal. Mereka masih harus mengandalkan para pria untuk pekerjaan tersebut.

Punya Keindahan Alam Luar Biasa

Kihnu Lighthouse. (Photo by: FOCUS/Toomas Tuul/Universal Images Group via Getty Images)Pulau Kihnu di Estonia/ Foto: Universal Images Group via Getty/Focus

Pulau Kihnu adalah sebuah pulau kecil di Negara Estonia yang dihuni sekitar 700 orang. Akan tetapi, Pulau Kihnu termasuk ke dalam peringkat tujuh pulau terbesar di Estonia, yang saat ini mempunyai sekitar 2 ribu pulau.

Terletak di Laut Baltik, pulau ini mempunyai pantai-pantai yang sangat indah dengan angin sepoi-sepoi. Dikelilingi juga olah hutan yang masih lebat dan peternakan yang dicat dengan warna-warni.

Budaya Tradisional Jadi Warisan UNESCO

In Kihnu, women weare traditional clothes are dance together. The most visible emblem of their culture remains the woollen handicrafts worn by the women of the community. The Kihnu Cultural Space is on the UNESCO Intangible Heritage list. (Photo by Jean-Luc LUYSSEN/Gamma-Rapho via Getty Images)In Kihnu, women weare traditional clothes are dance together. The most visible emblem of their culture remains the woollen handicrafts worn by the women of the community. The Kihnu Cultural Space is on the UNESCO Intangible Heritage list. (Photo by Jean-Luc LUYSSEN/Gamma-Rapho via Getty Images)/ Foto: Gamma-Rapho via Getty Images/Jean-Luc LUYSSEN

Budaya tradisional yang ada di Pulau Kihnu dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh para perempuan. Dimulai dari diri mereka sendiri yang selalu mengenakan pakaian tradisional berupa rok dengan motif garis-garis, atasan motif bunga-bunga, dan syal di kepala mereka.

Ada sebuah lembaga budaya di Pulau Kihnu bernama Kihnu Cultural Space Foundation. Lembaga ini didedikasikan untuk mempromosikan dan melindungi sejarah dan tradisi warga Kihnu melalui berbagai acara, festival, dan inisiatif pendidikan.

Kesenian tradisional di Pulau Kihnu adalah bagian penting dari kehidupan para warga. Para perempuan adalah pihak utama yang berperan dalam melestarikannya.

Seperti ketika anak-anak diajarkan cara memainkan alat musik tradisional di sekolah atau ketika anak-anak belajar dialek Kihnu. Termasuk ketika para warga berkumpul di pusat komunitas warga atau museum untuk menari dan menyanyikan lagu tradisional.

Selain itu, tradisi lain yang masih dilestarikan oleh para perempuan Pulau Kihnu adalah merajut dan menenun kain. Di rumah-rumah warga masih sering ditemui para perempuan sedang sibuk merajut atau menenun kain tradisional khas pulau ini.

Bahkan, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menobatkan budaya tradisional Pulau Kihnu sebagai Warisan Budaya Tak Benda dalam kategori Kemanusiaan pada tahun 2008. 

Dampak Era Globalisasi

Fakta Menarik tentang Pulau Kihnu di Estonia yang 90% Warganya adalah PerempuanFakta Menarik tentang Pulau Kihnu di Estonia yang 90% Warganya adalah Perempuan/ Foto: Gamma-Rapho via Getty Images/Jean-Luc LUYSSEN

Pada era globalisasi ini, para perempuan dewasa Pulau Kihnu harus bekerja ekstra keras untuk melestarikan tradisinya. Mengingat banyak generasi muda yang memilih untuk merantau ke luar pulau dan menyebabkan populasinya kian menurun.

Generasi muda Pulau Kihnu merantau ke kota-kota terdekat yang berada di daratan Estonia. Untungnya, para perempuan dewasa di pulau kecil ini masih bekerja keras agar tradisi mereka tetap terjaga. Inilah efek dari kerja keras nenek moyang di masa lalu yang secara konsisten dan tidak kenal lelah mengajarkan tradisi Pulau Kihnu dari generasi ke generasi.

Jadi, apakah Beauties tertarik untuk mengunjungi Pulau Kihnu, sebuah Pulau Perempuan di Estonia?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id