STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Hal yang Menandakan Kalian Memiliki Toxic Parents, Harus Gimana?

Intan Dwi | Beautynesia
Minggu, 14 Mar 2021 16:30 WIB
5 Hal yang Menandakan Kalian Memiliki Toxic Parents, Harus Gimana?

Hubungan antara orang tua dan anak pasti akan mengalami hambatan dan adanya konflik, sangat tidak mungkin tidak mengalami hal tersebut dengan orang yang membesarkan kamu. Tetapi jika konfilk kamu dengan orang tua tampak melampaui batas dan membuat kamu merasa sedih, tidak berdaya atau buruk tentang diri kamu sendiri, maka kalian memiliki hubungan yang toxic.

Hubungan toxic didasarkan pada kemarahan, manipulasi emosional, perasaan negatif serta menyakitkan alih-alih saling mendukung. Karena terkadang toxic parents sulit dikenali, kalian harus mengenali beberapa tanda umum ini untuk mengetahuinya.

Mereka berpikir kamu bertanggung jawab atas kebahagiaannya

Orang tua yang selalu menempatkan dirinya dan kebutuhan mereka sendiri di atas kebutuhan keluarganya adalah tanda toxic parents.
Mereka berpikir kamu bertanggung jawab atas kebahagiaannya/freepik.com

Orang tua yang selalu menempatkan dirinya dan kebutuhan mereka sendiri di atas kebutuhan keluarganya adalah tanda toxic parents. Ini bisa sangat membingungkan dan tidak sehat untuk anak-anak yang kebutuhannya tidak terpenuhi oleh orang tuanya sendiri.

Jika orang tua selalu membuat kamu bertanggung jawab atas suasana hatinya yang baik, rasanya orang tua kamu tidak mencintai kamu apa adanya. Mereka merasa berhak untuk menuntut dukungan dan layanan tanpa batas dari anak-anak mereka.

Orang tua yang seperti ini sedang mencari akar ketidakbahagiaan mereka dan secara keliru percaya bahwa itu terletak pada penolakan anak untuk menuruti setiap tuntutan mereka.

Mereka kejam

Orang tua yang sering marah dan tidak pernah mengatasi masalah amarahnya bisa membuat kehidupan rumah tangga menjadi tidak stabil
Mereka kejam/freepik.com

Terkadang tanda toxic parents sulit dikenali, karena mereka melakukannya begitu halus sehingga kamu tidak yakin apakah itu yang dinamakan toxic parents. Orang tua yang sering marah dan tidak pernah mengatasi masalah amarahnya bisa membuat kehidupan rumah tangga menjadi tidak stabil.

Hal ini berakibat, anak-anak mereka bisa menyalahkan diri sendiri atas kemarahan orang tuanya. Amarah juga bisa ditujukan kepada anak-anak, termasuk menyebut nama, mengejek atau yang lebih parah menghina dan itu juga bisa berarti orang tua kamu memiliki sifat yang buruk.

Mengabaikan emosional anak

anak-anak yang menderita pelecehan emosional menghadapi kecemasan, depresi, harga diri yang rendah bahkan dorongan untuk bunuh diri.
Mengabaikan emosional anak/freepik.com

Mungkin sulit untuk memiliki rasa kasih sayang untuk diri sendiri ketika orang tua mengurus kebutuhan fisik kamu tetapi mereka mengabaikan kebutuhan emosional kamu. Orang tua yang mengabaikan emosional anaknya memiliki konsekuensi yang bertahan lama.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh American Psychological Association menemukan bahwa anak-anak yang menderita pelecehan emosional menghadapi kecemasan, depresi, harga diri yang rendah bahkan dorongan untuk bunuh diri.

Terutama anak perempuan yang dibesarkan oleh kedua orang tuanya dan meremehkan validitas kebutuhan emosional mereka sendiri, mereka merasa tidak layak untuk diperhatikan dan mengalami keraguan diri yang mendalam.

Anak takut untuk mempertahankan diri sendiri

Hal itu pun bisa memengaruhi harga diri mereka di masa depan, terutama untuk menetapkan batasan atau mengatakan tidak.
Anak takut untuk mempertahankan diri sendiri/freepik.com

Hidup dengan orang tua yang toxic memang bisa sangat membingungkan bagi sang anak. Hal itu pun bisa memengaruhi harga diri mereka di masa depan, terutama untuk menetapkan batasan atau mengatakan tidak.

Seorang anak akan mencari tahu bagaimana melindungi dirinya sendiri dan merasakan kesulitan ketika tinggal dengan orang tua yang toxic. Tetapi terapi bisa membantu dan ini menjadi tempat yang bagus untuk memproses perasaan anak seputar kehidupan di rumah yang merupakan tempat mereka dibesarkan.

Tidak menghargai batasan kamu

Para orang tua yang toxic datang dalam bentuk penolakan untuk memberikan identitas terpisah kepada anak mereka.
Tidak menghargaibatasan kamu/freepik.com

Para orang tua yang toxic datang dalam bentuk penolakan untuk memberikan identitas terpisah kepada anak mereka. Jenis toxic parents ini, melihat pertumbuhan yang alami dan sehat sebagai penolakan.

Orang tua yang toxic dapat mengabaikan batasan dengan cara bermusuhan, seperti menghukum anak mereka karena membuat keputusan tanpa mereka. Tetapi mereka juga bisa mengabaikannya dengan cara memberikan penuh kasih sayang.

Hal ini bisa membuat seorang anak bertanya-tanya mengapa orang tua mereka tampak membenci dan mencintaimu pada saat yang sama.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE