sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Buruk Atur Keuangan yang Bikin Kamu Miskin di Akhir Bulan

Friska NR | Sabtu, 31 Jul 2021 19:15 WIB
5 Kebiasaan Buruk Atur Keuangan yang Bikin Kamu Miskin di Akhir Bulan
caption

Bagi kebanyakan para milenial, akhir bulan seringkali menjadi momen untuk hidup se-hemat mungkin karena kondisi keuangan telah menipis. Kamu juga sering mengalami hal ini, Beauties? Jika iya, kamu mungkin perlu menata kembali kebiasaan keuanganmu.

Selalu kehabisan uang sebelum tanggal gajian berikutnya bisa menjadi pertanda kamu punya kebiasaan hidup yang boros atau tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik. Nah, agar tidak kelimpungan di akhir bulan, kamu sebaiknya hindari 5 kebiasaan keuangan berikut ini nih, Beauties!

1. Tidak Mencatat Pengeluaran

kebiasaan keuangan
Tips keuangan agar gaji aman sampai akhir bulan/Foto: Freepik/Shisuka

Meski terdengar sepele, membuat catatan pengeluaran nyatanya ampuh untuk mengontrol keuangan agar tetap sehat. Baik itu besar maupun kecil, kamu perlu mencatat setiap pengeluaran secara harian.

Kebiasaan ini akan membantumu mengetahui pengeluaran apa saja yang membuat keuanganmu 'bocor', sehingga dapat mengevaluasinya pada bulan-bulan berikutnya.

2. Tidak Mengatur Budgeting Sejak Awal Bulan

kebiasaan keuangan yang bikin boros
Tips keuangan agar gaji aman sampai akhir bulan/Foto: Freepik/Freepik

Tak kalah penting, mengatur anggaran atau budget setiap bulan juga bisa membantu mengatur kondisi keuangan tetap sehat sampai akhir bulan. Jika tidak merencanakan anggaran, pengeluaranmu cenderung akan lebih boros dan kurang terkontrol.

Kamu juga akan kesulitan menentukan mana pengeluaran yang bersifat 'keinginan' atau 'kebutuhan'. Untuk itu, sejak diterimanya gaji dari hari pertama, kamu sudah punya catatan daftar pengeluaran penting, jumlah yang harus ditabung, dan batas jumlah rupiah yang bisa kamu pakai untuk jajan.

3. Keseringan Pesan Makanan Online

kebiasaan keuangan
Tips keuangan agar gaji aman sampai akhir bulan/Foto: Freepik/DC Studio

Selama pandemi, kantongmu mungkin tidak lagi jebol akibat kebanyakan nongkrong di kafe. Tapi, siapa nih yang malah jadi keseringan pesan makanan online saat WFH?

Tidak bisa dipungkiri, jasa pesan makanan online memang sangat dibutuhkan di masa-masa pandemi seperti sekarang. Namun jika dilakukan terlalu sering, kebiasaan ini juga bisa membuatmu terlalu boros lho, Beauties. Hati-hati, ya.

4. Kalap Saat Belanja Online

tips keuangan
Tips keuangan agar gaji aman sampai akhir bulan/Freepik/Tirachadz

Saat di rumah saja, kebiasaan membuka situs e-commerce memang cenderung lebih sering dilakukan dan bikin kalap. Terlebih jika melihat berbagai promo dan diskon yang ditawarkan, kamu pun akan lebih tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu penting.

5. Tidak Membawa Catatan Saat Belanja Bulanan

tips keuangan
Tips keuangan agar gaji aman sampai akhir bulan/Freepik/Aleksandra Little Wolf

Kebiasaan boros lain yang sering tidak disadari adalah berbelanja di swalayan tanpa membawa catatan belanja. Meski terdengar sepele, membawa catatan belanja bisa menghindarkanmu dari lapar mata, maupun godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Itulah deretan kebiasaan keuangan yang tanpa disadari sering bikin boros. Sebaiknya hindari agar keuangan tetap sehat sampai akhir bulan ya, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id