5 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja, Bikin Produktivitas Menurun!

Gita Welastiningtias | Beautynesia
Minggu, 06 Apr 2025 20:30 WIB
5. Memulai Hari dengan Suasana Hati yang Buruk
Memulai hari dengan suasana hati yang buruk/Foto: pexels/Cup of Couple

Pernahkah Beauties memikirkan sejenak mengenai kebiasaan buruk yang perlu dihindari di tempat kerja karena menyebabkan produktivitas menurun? Hal ini karena terkadang seseorang tidak sadar melakukan kebiasaan buruk terus menerus yang mengganggu kinerjanya di kantor.

Kebiasaan di bawah ini awalnya memang tidak berbahaya, akan tetapi tidak baik untuk jangka panjang. Lantas, apa saja kebiasaan yang perlu dihindari agar produktivitas di kantor tidak terganggu? Simak!

1. Terlalu Sering Mengecek Pesan Masuk di Email

Suka mengecek pesan masuk di email/Foto: pexels/Vlada Karpovich

Mengutip laman Zapier, kebiasaan mengecek pesan masuk di Email yang terlalu sering bisa mengganggu produktivitas di tempat kerja.

Memang rasanya melegakan setelah membalas semua pesan masuk di Email. Akan tetapi jika dilakukan terus menerus bisa membuat Beauties menunda pekerjaan lain yang lebih penting.

Ada beberapa cara yang bisa Beauties terapkan untuk menghentikan kebiasaan ini.

  • Membuat sistem pengarsipan email: Kegunaan fitur ini adalah memfilter email yang perlu segera dibalas atau bisa ditunda dulu.
  • Membuat jadwal buka email, yakni pada pagi hari saat baru memulai bekerja, siang hari setelah beristirahat, dan sore hari sebelum menutup pekerjaan. 
  • Meminta bantuan pihak lain: Apabila ada rekan kerja yang bisa membantu Beauties membalas email sebaiknya meminta bantuannya. Jika tidak ada, Beauties bisa menggunakan asisten virtual yang akan membalas email secara otomatis.

2. Tidak Mengatur Waktu dengan Baik

Tidak mengatur waktu dengan baik/Foto: pexels/Burst

Kebiasaan buruk yang perlu dihindari di tempat kerja berikutnya adalah tidak mengatur waktu dengan baik. Misalnya, Beauties harus mengerjakan dokumen dalam waktu 30 menit maka dalam waktu tersebut fokuslah menyelesaikan pekerjaan.

Beauties juga bisa menetapkan prioritas pekerjaan seperti aktivitas mana yang harus dilakukan dulu dan berapa waktu yang dibutuhkan. Jika tidak mengatur waktu dengan baik, Beauties akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan.

3. Multitasking

Multitasking/Foto: pexels/Ivan Samkov

Mengutip Medium, multitasking atau kebiasaan mengerjakan beberapa aktivitas dalam satu waktu bisa menurunkan produktivitas. Beberapa orang melakukan multitasking dengan alasan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Padahal, pikiran akan sulit fokus dan tidak bisa memberikan perhatian pada pekerjaan tersebut. Hal ini bisa memicu hasil akhir yang buruk karena tidak diselesaikan dengan baik. Saat Beauties berpindah dari satu tugas ke tugas lain, otak akan bekerja lebih ekstra agar bisa fokus.

Tidak hanya itu, mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus bisa membuat risiko kesalahan lebih besar dan melewatkan hal penting.

4. Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan/Foto: pexels/Ivan Samkov

Apakah Beauties suka menunda-nunda pekerjaan? Jika iya sebaiknya segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Menunda pekerjaan hanya akan memunculkan perasaan stres, kewalahan, dan menurunkan produktivitas.

Saat mendekati deadline, Beauties akan terburu-buru menyelesaikan pekerjaan tanpa memikirkan hasil. Selain stres, menunda pekerjaan juga berdampak negatif terhadap kualitas pekerjaan, kesehatan mental, dan hubungan dengan rekan kerja.

Rekan kerja mungkin tidak pernah menegur secara langsung akan tetapi kebiasaan ini bisa mengganggu alur kerja di kantor.

5. Memulai Hari dengan Suasana Hati yang Buruk

Memulai hari dengan suasana hati yang buruk/Foto: pexels/Cup of Couple

Mengutip Your Story, kebiasaan seperti mengecek ponsel, email, dan media sosial saat bangun tidur di pagi hari bisa memperburuk suasana hati. Beauties mungkin tidak sengaja membaca berita buruk sehingga menurunkan semangat beraktivitas.

Sebaliknya, Beauties melakukan aktivitas seperti meluangkan waktu 15 menit untuk olahraga, meditasi, membersihkan kamar, menyiapkan sarapan, dan sebagainya. Dengan begitu, suasana hati Beauties akan meningkat sehingga semangat pergi ke kantor.

Menjauhi kebiasaan buruk yang bisa mengganggu produktivitas di kantor akan membantu Beauties menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Semangat kembali bekerja, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE