sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Mudah untuk Tingkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Sabtu, 14 Aug 2021 17:30 WIB
5 Kebiasaan Mudah untuk Tingkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

Seiring bertambahnya usia, kita sering merasa daya ingat agak berkurang, sehingga sering lupa. Misalnya lupa menyimpan kunci kendaraan, lupa nama seseorang, hingga lupa kalau kamu sedang menghangatkan makanan.

Meski begitu, kamu jangan khawatir Beauties, karena menurut ilmuan saraf Belanda dan ahli otak penuaan bernama Prof. Andre Aleman, mengatakan bahwa perubahan yang terjadi pada otak tidak semuanya bersifat negatif.

“Faktanya, di usia lima puluhan dan enam puluhan, kami lebih stabil secara emosional dan lebih mampu mengatasi stres dan situasi kompleks daripada rekan-rekan kamu yang lebih muda,” ujarnya yang dikutip dari AsiaOne.

Kecerdasan otak bukanlah sifat yang permanen tetapi kemampuan otak dapat diubah dan fleksibel seiring berjalannya waktu. Beauties, untuk meningkatkan kemampuan atau kecerdasan otak, kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari.

1. Olahraga

olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak
Olahraga bisa meningkatkan kecerdasan/ Foto: Freepik/Our-team

Dikutip dari laman Healthline, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak, kamu nggak perlu melakukan olahraga yang berat, Beauties.

Karena, menurut studi pada 2018, olahraga ringan dapat meningkatkan aktivitas di hippocampus, yang terlibat dalam memori. Hal tersebut dapat meningkatkan hubungan antara hippocampus dan daerah otak lain yang mengatur memori.

Kamu bisa melakukan yoga, berjalan cepat selama 15 menit, atau senam secara teratur agar dapat meningkatkan kecerdasan otak.

2. Memainkan Alat Musik

Memainkan alat musik memang sudah dikenal dapat meningkatkan kecerdasan seseorang
Memainkan alat musik dapat meningkatkan kecerdasan/ Foto: Freepik/ Freepik

Memainkan alat musik memang sudah dikenal dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Karena alat musik banyak melibatkan keterampilan seperti persepsi pendengaran, koordinasi fisik, pengenalan pola, dan memori.

Menurut sebuah ulasan pada 2013, memainkan alat musik dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan saraf.

3. Tidur yang Cukup

Tidur bisa tingkatkan kecerdasan
Tidur bisa tingkatkan kecerdasan/ Foto: Pexels/ Ketut Subiyanto

Tidur dilakukan bukan hanya untuk mengembalikan energi yang telah terkuras setelah melakukan aktivitas selama seharian penuh, tetapi ketika tidur juga terjadi proses penyimpanan memori di otak.

“Tidur malam yang baik sangat penting, (karena) banyak penyimpanan memori terjadi saat kita tidur,” ujar Catherine Loveday, PhD., seorang profesor psikologi di University of Westminster di London, Inggris yang dikutip dari The Healthy.

Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kecerdasaan otak, tidurlah yang cukup dan jangan sering begadang agar proses penyimpanan memori ke otak dapat berjalan dengan lancar.


Our Sister Site

mommyasia.id